Kamu sedang berencana membeli mobil listrik? Jangan lewatkan list mobil listrik di Indonesia serta estimasi harganya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Perkembangan Mobil Listrik

Seiring dengan perkembangan zaman, bermunculan inovasi, termasuk pada dunia otomotif.

Betul sekali, dewasa ini mobil listrik merupakan inovasi terbaru kendaraan yang digadang-gadang bakal menjadi moda transportasi masa depan.

Pasalnya, kemunculan pertama mobil listrik adalah mobil Chrysler yang diproduksi oleh perusahaan Sebring Vanguard pada 1974 dengan nama CitiCar.

CitiCar ini tersedia dalam tiga tipe, yaitu mobil dengan baterai 36v dan motor penggerak bertenaga 2,5 hp, mobil dengan baterai 48v dan motor penggerak bertenaga 3,5 hp, serta versi tertingginya dengan motor penggerak bertenaga 6 hp.

Mobil Tenaga Listrik 1

[Baca Juga: [Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru]

 

Sayangnya pihak perusahaan harus menghentikan produksi pada 1977 lantaran tak mampu bersaing dengan mobil sekelas Chevrolet.

Yang kala itu sukses merajai pasar otomotif AS. Bahkan menurut informasi yang beredar, CitiCar hanya mampu menjual sebanyak 4.500 unit dalam kurun waktu 3 tahun.

Namun demikian, CitiCar dikenal memiliki jumlah produksi terbanyak khusus kategori mobil listrik sebelum akhirnya posisi tersebut diambil oleh Tesla pada tahun 2010 silam.

Kini, Tesla dikenal sebagai salah satu produsen mobil listrik terbaik di dunia.

Dewasa ini, mobil tenaga listrik memang mulai dilirik sebagai salah satu alternatif berkendara. Selain inovatif, mobil ini disebut-sebut sebagai salah satu inovasi yang ramah lingkungan.

Mobil seperti ini memang mengeluarkan emisi karbon lebih rendah, sehingga ramah lingkungan. Ditambah lagi mobil ini juga hemat energi, terutama saat berada dalam kondisi macet.

Mobil Tenaga Listrik 2

[Baca Juga: Jangan Kredit Mobil Lagi, Jika Anda Belum Tahu Aturan Mainnya]

 

Satu lagi kelebihan dari mobil tenaga listrik yaitu dilengkapi dengan Intelligent Transport System (ITS), sistem keamanan mobil untuk mencegah terjadinya tabrakan.

Namun di samping banyak kelebihannya, tentunya mobil tenaga listrik juga punya beberapa kekurangan. Antara lain jarak tempuhnya yang terbatas karena kapasitas daya baterai yang dimiliki.

Selain itu, harga yang ditawarkan lebih mahal ketimbang mobil konvensional dan masih jarang dipasarkan di Indonesia.

Jadi, mobil tenaga listrik manakah yang sudah tersedia di Indonesia dan bisa kamu dapatkan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

5 Mobil Listrik Favorit di Indonesia

Seiring perkembangan, pemerintah Indonesia pun mulai mendorong penggunaan mobil tenaga listrik.

Bahkan, pemerintah menargetkan pada 2025, 20 persen dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia merupakan mobil Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) termasuk di dalamnya kendaraan listrik.

Hal ini juga didukung oleh Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang menyatakan target pengembangan mobil tenaga listrik mencapai 2.200 unit, hybrid 711.000 unit, dan 2,1 juta unit sepeda motor listrik pada 2025.

Bagi kamu yang juga tertarik untuk membeli mobil tenaga listrik, simak list-nya berikut ini;

 

#1 Mobil Listrik BMW i3s

Mobil yang satu ini bisa dibilang sebagai mobil tenaga listrik pertama yang di pasarkan di Indonesia.

Berbeda dengan 2017 yang memperlihatkan model 13 ReX, BMW memang menargetkan seri i3s untuk pasar Indonesia. Secara tampilan, BMW i3s punya desain bukaan pintu unik untuk baris kedua.

Pintu terbuka ke arah sebaliknya dan tidak terlihat gagang di bodi mobil. Untuk rangkanya, sudah digunakan karbon fiber.

Mobil Listrik BMW i3s

BMW i3s

 

Khusus penggerak roda, BMW i3s mempercayakan teknologi BMW eDrive berupa motor listrik dengan transmisi otomatis percepatan tunggal.

Soal performa, sanggup memuntahkan torsi 270 Nm dan tenaga 184 hp dengan kecepatan maksimal 160 Kpj.

Jika dipakai berakselerasi, BMW i3s bisa berlari 6,9 detik dari posisi diam sampai kecepatan 100 Kpj.

Mobil yang mungil ini juga diklaim mampu menjelajah hingga 280 km dari posisi baterai penuh. Harga BMW i3s ini ditawarkan dengan harga 1.29 miliar rupiah (off the road).

 

#2 Mobil Listrik Tesla Model 3

Mobil tenaga listrik paling populer di Indonesia, yaitu Tesla Model 3. Mobil asal Amerika Serikat ini diboyong oleh Prestige Image Motorcars sebagai importirnya.

Tercatat sudah ada tiga model Tesla yang dibawa ke Indonesia, yakni Tesla Model S, Model X, dan Model 3.

Mobil Listrik Tesla Model 3

Tesla Model 3

 

Tesla Model S dan Model X dijual dengan harga mencapai 2 miliar rupiah. Sedangkan Tesla Model 3 yang terakhir masuk Indonesia ditawarkan sekitar 1 miliar rupiah.

Mobil ini ada dalam tiga varian, yakni Standar, Long Range, dan Performance. Untuk akselerasi, Tesla Model 3 mampu mencetak 0-100 Kpj dalam waktu 3,2 detik saja untuk varian Performance.

Sementara varian long range dan standar, catatan waktunya adalah 4,4 detik dan 5,3 detik.

Untuk jarak tempuh, varian standar diklaim mampu mencapai jarak 386 km. Jauh lebih rendah dari varian Long Range dan Performance yang menjanjikan jarak tempuh sampai 499 km.

 

#3 DFSK Gelora E

PT Sokonindo Automobile ( DFSK Motors) memperkenalkan mobil listrik DFSK Gelora E yang memiliki tampilan boxy alias mengotak. Mobil ini memang ditujukan untuk mengincar segmen MPV atau mobil niaga.

Mobil Listrik DFSK Gelora E

DFSK Gelora E

 

Namun spesifikasinya cukup menarik, di mana produsen asal China membekali mobil listrik besutannya tersebut dengan daya maksimal sebesar 60 kWh atau sekitar 80 HP/9.000 rpm.

Sedangkan untuk besaran torsinya, DFSK Gelora E menjanjikan angka maksimal di angka 200 Nm. Daya tersebut ditransfer ke roda melalui sistem pemindah daya otomatis.

Dengan pilihan mode drive dan eco. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan DFSK, mobil ini diklaim bisa menempuh jarak hingga 300 km untuk sekali pengisian daya.

Untuk harga, DFSK menyebut kalau mobil ini kemungkinan akan di pasarkan dengan harga 469-489 juta rupiah.

 

#4 Nissan Leaf

Tesla boleh mobil tenaga listrik paling populer di Indonesia. Namun mobil terlaris dipegang oleh Nissan Leaf dengan penjualan sebanyak lebih dari 430.000 unit di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Nissan Leaf diklaim mampu menempuh jarak 400 km dalam keadaan baterai penuh.

Mobil Listrik Nissan Leaf

Nissan Leaf

 

Jarak tempuh yang begitu jauh bisa diraih berkat penggunaan e-powertrain EM57, dengan baterai lithium-ion 40 kWh.

Sedangkan motor listriknya sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 148 HP, dan torsi sebesar 320 Nm pada putaran mesin 3.200 rpm.

Nissan juga mengklaim bahwa Nissan Leaf mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 7,9 detik saja.

1 miliar rupiah adalah harga yang di pasarkan, tetapi pihak Nissan berjanji harganya tidak akan lebih dari itu.

Kabar terbaru bahkan membeberkan kalau Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk Nissan Leaf berada di angka 555 juta rupiah.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#5 Hyundai Ionic

Hyundai Ionic adalah mobil tenaga listrik terakhir yang masuk dalam list ini.

Di mana tampilannya cukup familiar dengan penggunaan grill berwarna abu-abu yang sukses memberi identitas sebagai mobil listrik.

Bicara dapur pacu, performa yang ditawarkan Hyundai Ionic terbilang sangat menjanjikan. Motor listriknya mampu menyodorkan tenaga maksimal mencapai 100 kW atau sekitar 134 HP.

Hyundai Ionic

Hyundai Ionic

 

Besaran torsinya lebih menarik lagi, mencapai 295 Nm. Mobil yang satu ini dipasok dayanya oleh baterai jenis lithium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kW.

Pada kondisi penuh, Hyundai mengklaim kalau mobil besutannya ini mampu melaju sampai sejauh 373 km.

Hyundai juga mengutamakan harga yang relevan. Di mana Hyundai sudah terang-terangan mengungkap harga mobil garapannya ini.

Harga Hyundai Ioniq ini bisa dibilang cukup mengejutkan, hanya sekitar 569 juta rupiah off the road wilayah Jakarta.


 

Beli Mobil Listrikmu dengan Aplikasi Finansialku

Jika kamu berencana mengubah kendaraanmu dengan kendaraan lebih ramah lingkungan ini, yuk mulai merencanakan keuangannya.

Seperti kita ketahui mobil tenaga listrik memang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, sehingga perencanaan keuangan cukup vital di sini.

Untungnya ada aplikasi Finansialku yang siap membantumu.

Aplikasi Finansialku akan memudahkan perhitunganmu dalam merencanakan dana untuk beli mobil idamanmu, jadi perhitungannya tentu akan lebih praktis dan cepat.

Yuk segera download aplikasi Finansialku sekarang di PlayStore maupun di AppStore atau dengan meng-klik tautan berikut ini.

playstore icon
appstore icon

 

Jadi mobil tenaga listrik mana yang jadi incaran kamu, boleh donk share pilihan kamu untuk Finansialku pada kolom di bawah.

Tinggalkan juga komentar kamu di bawah, jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu karena perencana keuangan profesional kami siap membantu.

Jangan lupa juga untuk berbagi artikel ini ya ke teman-teman kamu. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Yudhianto Thohirin. 12 Mei 2020. 5 Mobil Listrik di Indonesia, Pilih Mana?. Review.bukalapak.com – https://bit.ly/3eAbMeL
  • Ari Purnomo. 13 Desember 2019. Daftar Mobil Listrik yang Ada di Indonesia. Otomotif.kompas.com – https://bit.ly/3jcEi9S

 

Sumber Gambar:

  • Mobil Tenaga Listrik 1 – https://bit.ly/2ZCQhFK
  • Mobil Tenaga Listrik 2 – https://bit.ly/3hbbP2y
  • Mobil Tenaga Listrik 3 – https://bit.ly/3eJIJ8R
  • BMW i3s – https://bit.ly/2WsIZmm
  • Tesla Model 3 – https://bit.ly/3he97JD
  • DFSK Gelora E – https://bit.ly/2WoOzpC
  • Nissan Leaf – https://bit.ly/3fC9ayv
  • Hyundai Ionic – https://bit.ly/3eEwE4B