Siapa bilang dengan menggunakan baju batik bisa membuat kamu terlihat menjadi orang yang kaku?

Kali ini, Finansialku akan membahas tips memilih model baju batik agar terlihat lebih santai dan modis. Yuk simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Batik, Tren Fashion Masa Kini

Batik merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang sudah seharusnya dilestarikan. Corak batik yang memiliki berbagai bentuk ini pun begitu populer sampai sekarang bahkan di dunia Internasional.

Setiap batik pasti memiliki ciri khasnya masing-masing seperti corak, motif, cara pembuatannya yang ditulis, cap hingga yang di tenun. Bahkan setiap daerah mempunyai corak batik yang khas.

 

Seiring waktu berjalan, perkembangan corak batik pun dipengaruhi oleh budaya luar yang dibawa pedagang asing zaman dahulu, sehingga corak batik menjadi sangat beragam.

Batik merupakan kerajinan menggambar dan mewarnai kain yang digunakan untuk membuat pakaian. Oleh karena itu, kain batik sangat cocok untuk dibuat model baju apapun.

Model baju batik kini menjadi sangat populer baik untuk para pria ataupun wanita. Saat ini beberapa perusahaan atau instansi pun memiliki kebijakan dalam seminggu ada satu hari yang mewajibkan karyawannya mengenakan baju batik.

Batik menjadi tren fashion masa kini. Dari anak-anak hingga dewasa banyak yang mengenakan batik terutama dalam acara-acara formal.

Daripada kamu bingung model baju batik seperti apa yang akan kamu buat atau beli. Kali ini Finansialku akan mengulas beberapa model batik yang sedang tren di tahun 2019 ini:

Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik 02 Model Batik 1 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Danar Hadi, Pebisnis Batik Sukses di Indonesia]

 

Kamu bisa memadukan gaya formal dan tradisional lewat outer dengan tone abu-abu dan batik biru yang dilengkapi kerah seperti blazer. Selain bisa dipakai ke kantor baju ini pun bisa kamu gunakan sehari-hari.

Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik 03 Model Batik 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dea Valencia Pemilik Batik Kultur]

 

Nuansa kekinian semakin terasa lewat baju model ini. Handprint batik set ini terlihat sangat lembut dan elegan. Bahkan model batik ini pun dipadupadankan dengan motif yang menyerupai lurik yang klasik.

Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik 04 Model Batik 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sally Giovanny, Pebisnis Batik Trusmi]

 

Kata siapa dress batik itu monoton, kamu tidak perlu memilih dress batik yang full motive. Nuansa batik bisa di hadirkan dalam dress lewat gambar wayang dan aksen batik parang di salah satu sisi dress.

Dengan begitu dress yang dikenakan tidak terkesan penuh dengan motif dan lebih simpel.

 

Tips Memilih Model Baju Batik

Jika berbicara model baju batik ini sendiri, tidak bisa dipungkiri jika model baju batik untuk wanita lebih beragam dan banyak dijual di pasaran. tapi kamu harus pandai dalam memilih dan memilah model baju batik.

Buat kamu yang ingin tampil modis dengan baju batik tapi bingung model seperti apa yang cocok dengan kamu? Ini dia tips-tips memilih model baju batik terutama untuk wanita:

 

#1 Sesuaikan Baju Batik dengan Bentuk Tubuh

Bagi para wanita menyesuaikan potongan busana dengan bentuk tubuh itu sangat penting. ini merupakan langkah pertama yang bisa menjadikan penampilan kamu menjadi menarik dan enak dipandang oleh teman di kantor.

Bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh yang ideal, mungkin tidak akan terlalu susah dalam mencari model baju batik. Namun hal ini akan sedikit merepotkan ketika tubuhmu sedikit berisi atau terlalu kurus.

Maka dari itu, pemilihan ukuran dan bentuk perlu diperhatikan. Begitu pun dengan corak batik yang dipilih. Karena ada beberapa corak yang bisa membuat tubuh terlihat menjadi langsing atau seperti sedikit berisi.

Sehingga pemilihan potongan busana, corak itu harus benar-benar diperhatikan. Cara lainnya agar bisa sesuai dengan bentuk tubuh, lebih baik kamu membeli kain dan menjahitnya di penjahit.

Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh, tapi biasanya kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit jika dibandingkan dengan membeli baju yang sudah jadi.

 

#2 Pilih Bahan Yang Tepat

Model baju batik sebenarnya bisa diterapkan di beberapa jenis kain, sehingga banyak baju batik dengan bahan yang berbeda-beda. Seperti kain sutra, kain mori, kain tenun dan kain rayon, tapi setiap bahan tentunya ada kelebihan dan kekurangan.

Sebisa mungkin pilih bahan katun karena selain memiliki tekstur halus, nyaman, dan sejuk. Selain itu bahan katun bisa menyerap keringat sehingga kamu bisa dengan nyaman menggunakan batik seharian.

Harga kain berbahan katun ini relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kain sutra.

 

#3 Desain Baju yang Sesuai dengan Lingkungan Kerja

Setelah memilih bahan yang tepat dan ukuran yang tepat. Jangan lupa sesuaikan desain baju dengan lingkungan kerja. Karena yang lebih diutamakan adalah kenyamanan jika dilakukan di berbagai aktivitas.

Model baju batik untuk kerja sebaiknya gunakan corak dan model yang sederhana namun tetap elegan.

Perlu diperhatikan juga warna batik untuk acara kasual kamu bisa menggunakan warna cerah, sedangkan acara formal kamu bisa memilih warna yang lebih gelap atau monokrom.

 

#4 Bedakan Batik Casual dan Formal

Sebelum kamu membeli baju batik, tentukan terlebih dahulu batiknya untuk acara formal, semi formal atau kasual. Untuk batik kasual kamu bisa memilih batik dengan corak fauna dan flora dan padukan dengan warna yang cerah.

Selain itu, untuk gaya kasual, kenakan busana berpotongan simpel dengan aplikasi atau detail yang menarik.

Kemudian busana batik formal atau busana kerja, sebaiknya kamu memilih batik berwarna gelap atau pastel. Seperti corak geometris agar penampilan kamu menjadi tetap terlihat rapi dan formal.

Kamu juga bisa menggunakan batik dengan warna cokelat, krem atau abu-abu agar terlihat lebih elegan. Tambahan payet di bagian leher, pergelangan tangan atau dada juga bisa jadi pilihan untuk memberikan kesan mewah.

 

#5 Cobalah Kutubaru Batik dan Rok Pensil

Kutubaru belakangan ini menjadi pilihan setiap wanita untuk digunakan ke acara formal. Kutubaru sebenarnya merupakan desain kebaya pada zaman dahulu, tapi kini kembali menjadi tren.

Saat ini ada banyak kutubaru batik yang dijual dipasaran. Dengan mengenakan kutubaru ini akan membuat kamu tampak lebih langsing.

Hal ini dipengaruhi dengan desain kebaya yang kain di tengahnya menghubungkan sisi kanan dan kiri, dada hingga perut.

Tak ada salahnya kamu coba batik dengan desain kutubaru, tentu akan membuat kamu terlihat lebih modis. Kutubaru ini bisa dikombinasikan dengan rok pensil agar terkesan lebih feminin.

 

Fashionable dengan Batik

Itu dia tips dan beberapa model baju batik yang bisa dijadikan referensi. Kata siapa batik itu kaku, monoton, kolot. Jika kamu pandai dalam mengkombinasikan model, pasti batik akan terlihat lebih modern.

Selain itu dengan menggunakan batik juga berarti turut membantu melestarikan budaya yang ada dan Indonesia, dan tentunya keindahan batik bisa menjadi kebanggaan kita semua.

Beberapa batik memiliki harga yang cukup tinggi karena tingkat kesulitan pembuatan dan bahan yang digunakannya, namun jangan khawatir kamu pasti bisa mendapatkan batik tersebut jika kamu bisa merencanakan keuangan dengan baik.

Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu bisa tercapai.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa dengan mudah pakai Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengatur keuanganmu, kamu bisa download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini ya!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel tentang tips model baju batik wanita tersebut? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ulfah Rahmawati. 3 Desember 2018. Tips Memilih Model Baju Batik Modern Wanita agar Terlihat Trendy. Mediajabar.com – https://goo.gl/KRw4ym

 

Sumber Gambar:

  • Hijab Baju Batik – https://goo.gl/RWDiyF
  • Model Baju Batik – https://goo.gl/Kw5pA7