Anda tertarik untuk memodifikasi mobil bekas agar tidak terlihat ketinggalan zaman? Namun masih belum tau apa yang harus dilakukan?

Bagi Anda yang ingin mulai mencoba memodifikasi Mobil, berikut cara yang dapat Anda lakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mobil Idaman

Ada begitu banyak alasan mengapa seseorang mau memodifikasi mobil kesayangannya. Namun umumnya adalah agar mobil yang digunakan menjadi tampak lebih keren dan tentunya tidak tampak ketinggalan zaman.

Memodifikasi mobil-mobil bekas juga cukup digemari oleh sebagian besar orang, khususnya bagi mereka yang tergolong sebagai pecinta otomotif. Selain karena hobi, harga yang cenderung lebih murah biasanya menjadi salah satu alasan memilih mobil bekas.

Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi 02 Modifikasi Mobil Bekas 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Aksesoris Mobil Yang Paling Berguna Bagi Mobil Anda!]

 

Namun biasanya mobil bekas sendiri masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah tampilan mobil yang mungkin terlihat ketinggalan zaman. Untuk itu perlu ketelitian dalam memodifikasi mobil-mobil ini.

Memodifikasi mobil jelas membutuhkan keahlian dan kemampuan yang cukup memadai agar bisa mendapat hasil yang maksimal. Jika tidak, maka harapan untuk memiliki mobil yang keren akan semakin susah untuk menjadi kenyataan.

Tapi tenang saja, bagi Anda yang masih termasuk beginner dalam memodifikasi mobil, berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan agar mobil bekas kesayangan Anda terlihat keren dan tentunya makin trendi.

 

#1 Menentukan Konsep yang Diinginkan

Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi 03 Modifikasi Mobil Bekas 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Mobil? Pelajari Dulu Kiat Sukses Melakukan Cicilan Mobil Bekas]

 

Menentukan konsep merupakan hal awal yang harus Anda lakukan, karena ini merupakan tahap penentu akan menjadi seperti apa mobil Anda nantinya. Tanpa menentukan konsep, Anda bisa saja mengalami over budget atau bahkan menjadi tidak puas dengan hasilnya.

Ada begitu banyak konsep atau tema yang dapat menjadi pilihan Anda, mulai dari elegant, racing, sporty, simple and low, atau bahkan extreme style yang melakukan perubahan total dari bentuk mobil.

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah konsep yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan jenis dan bentuk mobil. Tujuannya tentu agar hasil modifikasi mobil tidak kelihatan aneh.

 

#2 Mempersiapkan Segala Komponen yang Dibutuhkan

Setelah menentukan konsep yang sesuai dengan keinginan hati, Anda juga perlu untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan dalam memodifikasi mobil.

Untuk hasil yang baik dan memuaskan, pastikan Anda menggunakan produk-produk yang telah terbukti kualitasnya.

Kualitas setiap komponen yang Anda gunakan tentunya akan sangat mempengaruhi hasil modifikasi. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenal baik setiap barang yang hendak Anda gunakan

 

#3 Keuangan

Saat memodifikasi mobil, Anda tentunya tidak akan lepas dari yang namanya pengeluaran. Untuk itu, sebaiknya Anda telah memiliki perencanaan yang matang dalam hal ini. Semakin rumit proses modifikasi, tentu biaya yang dikeluarkan juga akan semakin banyak.

Nah bagi yang belum memiliki keuangan yang cukup memadai untuk melakukan modifikasi taraf besar, maka memodifikasi mobil dengan cara bertahap mungkin bisa menjadi solusinya.

 

#4 Mengecat Ulang Bodi Mobil

Tampilan luar mobil tentunya sesuatu yang paling dinilai oleh kebanyakan orang. Mobil bekas biasanya memiliki tampilan yang kurang menarik. Dan salah satu masalahnya adalah cat mobil yang sudah mulai mengelupas.

Jika mobil bekas Anda juga mengalami hal yang sama, maka mengecat ulang mobil bisa menjadi solusinya.

Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi 04 Modifikasi Mobil Bekas 4 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Kenali Dulu Serba Serbi Asuransi Mobil Mewah]

 

Dengan mengecat ulang, mobil Anda akan lebih tampak lebih menarik. Selain itu, melakukan pengecatan juga dapat berpengaruh pada kondisi permukaan mobil Anda.

Setelah proses pengecatan, mengoleskan cairan wax pada permukaan mobil juga sangat disarankan. Ini bertujuan untuk menjaga warna cat agar tidak cepat pudar. Dalam hal ini, Anda wajib mengoleskannya secara merata untuk mendapat hasil yang terbaik.

 

#5 Memoles Kaca

Pada kaca mobil bekas, biasanya sering terdapat banyak goresan-goresan. Goresan ini biasanya diakibatkan oleh wiper yang kualitasnya sudah mulai tidak baik lagi. Goresan ini juga bisa saja membahayakan pengemudi akibat pandangan yang terganggu.

Jika kondisi kaca masih cukup baik, maka untuk mengatasi hal ini Anda dapat melakukan pemolesan pada kaca (glass fusion). Namun tentunya Anda perlu mempercayakan tugas yang satu ini pada tenaga ahli, mengingat prosesnya yang membutuhkan ketelitian.

 

#6 Poles Bodi Mobil

Selain cat yang sudah mulai terkelupas, masalah yang paling sering dialami pemilik mobil bekas adalah warna cat mobil yang sudah memudar dan tampak kusam. Untuk masalah yang satu ini, Anda dapat melakukan pemolesan pada bodi mobil.

Selain bisa menjadikan warna mobil tampak lebih cerah, poles mobil juga cukup ampuh dalam membersihkan kotoran yang ada pada mobil. Dan harga untuk proses ini juga relatif terjangkau.

Walau demikian, untuk pengerjaannya sendiri tentu dibutuhkan ketelitian dan keterampilan yang cukup.  Peralatan yang digunakan juga tentunya akan mempengaruhi hasil dari proses pemolesan.

Tidak tertutup kemungkinan jika Anda ingin memoles sendiri bodi mobil Anda, baik secara manual atau pun dengan mesin. Namun jika Anda tidak memiliki alat yang memadai, maka Anda dapat menggunakan tenaga ahli ataupun membawa mobil ke salon khusus mobil.

 

#7 Mengubah Tampilan dan Gaya Eksterior

Anda tentunya tidak ingin dong jika mobil yang Anda gunakan hanya tampil biasa-biasa saja. Untuk itu menambahkan body kit pada mobil bisa Anda lakukan, sehingga mobil yang digunakan tampil lebih menarik dan keren.

Selain menambah kit, mengganti velg aslinya dengan velg yang lebih modern dan bergaya.

Nah! Dalam memilih velg, pastikan Anda menyesuaikan warna velg yang akan digunakan sesuai dengan konsep mobil. Selain itu, pemilihan jenis dan ukuran juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Ada berbagai jenis velg yang dapat menjadi pilihan Anda. Untuk jenis dan material pembentuk velg juga cukup beragam.

Ada velg yang terbuat dari aluminium, baja, karbon, dan bahkan velg yang berbahan utama magnesium yang saat ini sebenarnya jarang digunakan.

 

#8 Interior

Selain memperhatikan bagian eksterior mobil, bagian interior juga perlu untuk diperhatikan. Selain agar terlihat lebih menarik, interior mobil juga tentu akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi 05 Modifikasi Mobil Bekas 5 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Ketipu! Pahami 7+ Trik Saat Beli Mobil Second]

 

Jok, tuas transmisi, setir, pedal dan dashboard yang sudah lama dan tampak ketinggalan zaman, dapat Anda ganti dengan yang lebih baru sehingga memberi kesan yang lebih menarik.

Dalam melakukan penggantian bagian interior ini, tentunya Anda juga perlu menyesuaikannya dengan tema awal.

 

#9 Memodifikasi Mesin

Selain tampilan luarnya, mesin mobil juga sebaiknya tidak lepas dari pengamatan Anda. Mengingat yang di modifikasi adalah mobil bekas, maka besar kemungkinan untuk mesin mengalami penurunan performa. Terlebih jika selama ini, mobil kurang diperhatikan perawatannya, tentu performanya akan semakin memburuk.

Untuk itu, sangat perlu untuk melakukan beberapa perbaikan dan modifikasi guna meningkatkan performa mobil. Memodifikasi mesin tentunya bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Untuk itu Anda perlu berhati-hati pada proses yang satu ini, salah-salah performa mobil Anda malah akan semakin menjadi semakin buruk lagi

 

Hindari Sesuatu yang Berlebihan

Hal yang fatal dalam memodifikasi mobil salah satunya adalah berlebihan dalam memodifikasi. Akibatnya, mobil malah jadi kelihatan norak dan kadang terkesan aneh, misalnya saja pada kasus pemasangan stiker yang berlebihan.

Pastikan Anda tidak melakukan modifikasi berlebihan atau bahkan yang dapat membahayakan.

Tentunya modifikasi mobil ini memerlukan biaya yang terbilang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan keuangan Anda dengan baik sebelum memodifikasi mobil tersebut.

Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai harapan.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Apa pendapat dan komentar Anda setelah membaca artikel ini? Silakan share pengalaman Anda pada kolom di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya. Otospector.co.id – https://bit.ly/2YaJoIm
  • Media Pria. 10 Tips Modifikasi Mobil Bekas untuk Pemula Agar Makin Bergaya. Mediapria.com – https://bit.ly/2H0AWo6

 

Sumber Gambar:

  • Modifikasi Mobil Bekas 1 – http://bit.ly/2Vn91Zq
  • Modifikasi Mobil Bekas 2 – http://bit.ly/2LzLK22
  • Modifikasi Mobil Bekas 3 – http://bit.ly/2Hef34D
  • Modifikasi Mobil Bekas 4 – http://bit.ly/2VRznCd
  • Modifikasi Mobil Bekas 5 – http://bit.ly/2HaMzdr