Dibaca Normal : 4 Menit

Moms Perlu Tahu, 5 Ciri Anak Berikut Ini Berpotensi Menjadi Perundung!

By |2022-04-18T16:52:55+07:0028 Juni 2021|

Moms… yuk kita cari tahu bagaimana indikasi anak berpotensi menjadi perundung! Jangan sampai anak kita memiliki indikasi perundung berikut ini ya moms…

Selamat membaca…

 

5 Ciri Anak Berpotensi Menjadi Perundung

Kasus pembulian atau perundungan sering terjadi dimasa sekolah. Tindakan perundungan ini sangat tidak baik untuk perkembangan anak. Beberapa kasus menunjukkan anak yang dirundung mengalami trauma fisik dan mental.

Bahkan, dalam kondisi ekstrim bisa berujung pada aksi bunuh diri. Banyak orang tua yang khawatir anaknya akan mengalami hal buruk di sekolah. Tapi, orang tua juga terkadang tidak sadar kalau justru anaknya memiliki sifat-sifat yang mungkin menjadi bibit perundung.

Agar hal itu tidak terjadi, orang tua harus lebih memperhatikan sang buah hati. Jika anak memiliki 5 ciri yang ada bawah ini, orang tua sebaiknya lebih waspada.

Karena bila 5 ciri ini ada pada anak, maka moms perlu waspada karena artinya anak Anda memiliki potensi menjadi pelaku perundung.

Sebagai orang tua yang baik tentu kita mau anak kita menjadi yang terbaik bukan menjadi pelaku perundung, dan tentu kita selalu memikirkan yang terbaik untuk masa depan anak kita.

Nah moms, demi masa depan anak apakah moms sudah benar dalam merencanakan keuangan dan pendidikan anak kita? Yuk coba dengarkan audiobook berikut ini, untuk menambah pengetahuan kita demi si buah hati. 

Selamat mendengarkan…

banner -asuransi pendidikan perlukah (1)

Kita kembali kepada 5 ciri berikut anak berpotensi menjadi perundung. 

 

#1 Ciri Anak Berpotensi Menjadi Perundung, Suka Berkomentar Buruk

Coba orang tua perhatikan saat anak memberikan komentar terhadap sesuatu. Jika dia mengomentari penampilan atau hal lain dengan perkataan yang buruk, harus segera dinasehati.

Orang tua pun harus mengajarkan si kecil untuk memiliki pandangan yang positif terhadap orang lain. Bahkan, kalau perlu perilaku anak di media sosial anak pun perlu diperhatikan.

 

#2 Kurang Simpati

Simpati menjadi salah satu sifat penting untuk perkembangan emosional anak. Lihat bagaimana sikap anak saat ada temannya atau orang lain yang tertimpa musibah.

Selain terhadap hal buruk, anak pun harus memiliki simpati saat melihat orang lain bahagia. Jangan sampai anak malah merasa iri jika melihat kebahagiaan atau kesuksesan orang lain.

[Baca juga Hak dan Kewajiban Anak yang Perlu Parents Ketahui]

#3 Meniru Adegan di TV

https://bit.ly/3jh6zhQ

Sumber: Jawapos.com – https://bit.ly/3jh6zhQ

Pada dasarnya anak belajar dari meniru. Tetapi, orang tua wajib mengamati apa yang anak tiru.

Jika mereka suka meniru adegan dari program televisi yang bukan untuk usianya, segera nasehati. Arahkan tontonan si kecil dengan tayangan menarik dan sesuai dengan usianya.

 

#4 Ciri Anak Berpotensi Menjadi Perundung, Bersikap Agresif

Agresif disini berarti anak kesulitan dalam mengontrol emosi atau amarahnya. Mungkin hal ini terlihat wajar, namun apabila dibiarkan terus menerus tidak menutup kemungkinan menumbuhkan sikap seorang perundung di kemudian hari.

Apalagi jika anak cenderung bersikap destruktif dengan melempar barang, memukul, dan bentuk kekerasan lainnya.

 

#5 Senang Menjadi Populer

Anak mungkin belum memiliki pemikiran yang stabil. Mendapatkan perhatian dari orang di sekitarnya mungkin menjadi hal yang menyenangkan bagi anak.

Sehingga ketika mereka berada di lingkungan sosial, mereka pun merasa ingin mendapatkan perhatian dan menjadi populer. Ditambah lagi, dengan media sosial yang bisa menjadikan siapa saja terkenal bahkan dalam waktu singkat.

Saat mereka bertemu dengan orang lain yang berpotensi merebut perhatian itu, maka timbul perasaan tidak senang dan bisa menjadi cikal bakal perundungan.

 

Nah moms… sudah tahu ya bagaimana ciri anak berpotensi menjadi perundung, Patut kita waspadai. Semoga kelima ciri di atas tidak ada pada anak-anak kita.

Yuk moms bagikan artikel ini untuk semakin banyak orang tua yang aware akan hal ini. Dan jangan lupa tinggalkan komentar Anda ya moms. Terima kasih 

 

Artikel ini merupakan kerjasama antara Finansialku.com dengan Herstory.co.id. Isi dari artikel ini merupakan tanggung jawab sepenuhnya oleh Herstory.co.id

 

Sumber Referensi:

  • Tasha Rainita. 27 Mei 2021.  Moms, 5 Tanda Ini Menunjukkan Anakmu Bisa Jadi Tukang Bully di Masa Depan, Waspada! Herstory.co.id – https://bit.ly/3j4Xysd

1 Step 1

Pastikan Sobat Finansialku Tak Ketinggalan Informasi Terbaru​

Subsribe sekarang untuk dapatkan analisis prediksi pasar mingguan, perencanaan keuangan, serta analisis saham, reksa dana, dan produk investasi lainnya.

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

About the Author:

Leave A Comment

Go to Top