Apakah Anda akan pergi mudik tahun ini? Apakah Anda suka kebingungan gimana cara atur keuangan supaya mudik Anda bebas dari utang?

Menghadapi bulan Ramadhan ini, tidak bisa dilepaskan dari yang namanya mudik. Ternyata masih banyak orang yang merasa kesulitan menyiapkan keuangan untuk mudik. Yuk kita cari tahu caranya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mudik, Kenapa Nggak?

Tradisi mudik ini sudah tidak bisa dilepaskan dari bulan Ramadan. Bagi orang yang merantau dari kampung halamannya, segala cara dilakukan untuk bisa mudik ke kampung halamannya.

Setelah berbulan-bulan bekerja, menimba ilmu atau menjalani hidup di luar kota, ketika tiba saatnya lebaran, banyak orang berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halamannya.

Dengan banyak orang yang ingin pulang dengan angkutan umum atau bahkan mobil pribadi, semakin banyak juga biaya yang harus disiapkan. Belum lagi bagi Anda penikmat pengguna angkutan umum, tiket kendaraan pun menjadi mahal.

Tidak hanya tiket yang menjadi persoalan, belum lagi bertemu dengan keluarga yang ada di kampung halaman.

Anda masih harus memberi ke keluarga di kampung halaman, belum lagi kalau Anda punya planning untuk berlibur dengan keluarga sehabis lebaran.

Tidak sedikit juga orang yang merasa gengsi kalau mudik tapi tidak membawa hasil apa-apa dari kota atau tempatnya mengadu nasib. Ada yang rela mengambil kredit kendaraan bermotor untuk bisa diperlihatkan ke sanak saudara.

Ada juga yang membesarkan gengsinya saat di kampung halaman, semua pengeluaran ditanggung oleh Anda padahal itu bukan tanggung jawab Anda. Bahkan ada yang membiayai liburan semua keluarganya diluar rencana awal.

Tidak jarang juga, THR yang seharusnya bisa kita tabung atau investasikan sering lewat begitu saja di rekening. Lalu, apa yang harus dipersiapkan saat kita akan mudik, terlebih lagi masalah keuangan.

KETUPAT Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang 02 Mudik 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pesawat Terbang vs Kereta Api: Mana yang Lebih Murah, Aman dan Nyaman Untuk Mudik?]

 

Mudik memang menjadi agenda yang penting bagi masyarakat Indonesia. Tren mudik ini seharusnya bisa membawa kebahagiaan saat bertemu dengan sanak saudara dan keluarga

Tidak sedikit juga kita menemukan beberapa orang yang mengambil pinjaman untuk mudik ini. Saat mudiknya selesai, mereka pun kebingungan bagaimana caranya membayar utangnya.

Sebelum saya memberikan tips mengenai bagaimana caranya mengatur keuangan supaya mudik Anda tenang, Anda bisa download Aplikasi Finansialku di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam merencanakan perjalanan mudik yang akan Anda lakukan. Selain itu, Anda bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan perihal masalah keuangan lainnya.

Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku untuk dapat berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Finansialku menyediakan potongan harga sebesar Rp50.000 dengan menggunakan kode referral BERKAH50 untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium satu tahun penuh.

Tunggu Apalagi? Download dan upgrade Aplikasinya sekarang juga, sebelum waktunya habis!

 

Tips Atur Keuangan Anda Supaya Mudik Bebas Dari Utang

Ternyata, mengatur keuangan untuk menghadapi mudik ini memang sudah harus dilakukan. Mengingat, banyak sekali kewajiban yang harus Anda penuhi saat bulan Ramadan datang.

Selain pengeluaran bulan Ramadan saja yang harus diatur tetapi keuangan mudik juga sudah harus mulai diatur supaya Anda dapat menikmati mudik Anda dengan tenang.

Selain melalui artikel ini, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai cara atur keuangan supaya mudik bebas dari utang melalui video YouTube Finansialku berikut:

 

Apa saja sih tips mudik yang mudah untuk diterapkan bagi Anda yang akan pergi mudik di bulan Ramadan ini? Yuk kita simak tipsnya berikut ini:

 

Tips #1 Tentukan Kapan Anda Mau Pergi

Hal pertama saat Anda ingin mudik, Anda perlu menentukan kapan Anda mau pergi. Apakah Anda akan pergi berapa hari sebelum lebaran, supaya Anda tahu bagaimana strategi membeli tiket yang perlu Anda lakukan.

Jangan lupa juga untuk merencanakan bagaimana dan kapan Anda akan pulang, supaya Anda tahu berapa budget untuk tiket yang harus Anda persiapkan.

Semakin dekat Anda mudik dengan hari lebaran, tentu saja tiketnya akan semakin mahal. Maka Anda perlu mempersiapkan dan merencanakan mudik ini dengan matang dari awal.

 

Tips #2 Tentukan Berapa Hari Anda Akan Tinggal di Kampung Halaman Anda

Anda harus menentukan berapa lama Anda akan menghabiskan waktu Anda di kampung halaman. Hal ini perlu Anda lakukan, supaya Anda tahu berapa Biaya hidup yang perlu Anda keluarkan saat Anda berada di kampung halaman.

Selanjutnya, Anda pun harus mulai membuat budgeting, pengeluaran apa yang akan Anda keluarkan saat Anda di kampung halaman. Berapa yang Anda butuhkan saat Anda tinggal di kampung halaman.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tips #3 Gunakan Aplikasi Finansialku Saat Merencanakan Mudik

Anda sekarang sudah tahu harga tiket yang akan Anda beli. Selain itu, Anda sudah membuat budgeting apa saja yang harus Anda keluarkan ketika Anda berada di kampung halaman.

Langkah selanjutnya adalah berapa yang harus Anda persiapkan untuk menabung mudik ini. Semakin lama Anda merencanakannya, tentu akan semakin kecil effort Anda untuk menabung.

Semakin dekat waktu Anda dengan waktu keberangkatan Anda, tentu saja effort menabung Anda akan semakin berat. Saya akan memberikan dua contoh, sebut saja Adi dan Zaskia yang akan mudik ke kampung halamannya yang sama.

Adi sudah mulai merencanakannya sejak setahun sebelumnya. Sedangkan, Zaskia baru merencanakan untuk pergi mudik 3 bulan sebelum waktu keberangkatannya

 

Rencana Mudik Zaskia:

KETUPAT Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang 03 Rencana Keuangan Mudik 1 - Finansialku

KETUPAT Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang 04 Rencana Keuangan Mudik 2 - Finansialku

Rencana Keuangan Zaskia

 

Rencana Mudik Adi:

KETUPAT Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang 05 Rencana Keuangan Mudik 3 - Finansialku

KETUPAT Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang 06 Rencana Keuangan Mudik 4 - Finansialku

Rencana Keuangan Adi

 

Dengan data yang sama, Adi dan Zaskia harus menabung dengan jumlah yang berbeda. Adi harus menabung sebesar Rp399.653 per bulannya selama 12 bulan.

Sedangkan, Zaskia yang hanya merencanakan mudik dari 3 bulan sebelum keberangkatannya, Zaskia perlu menabung sebesar Rp1.577.590 selama 3 bulan.

Jadi, jika Anda ingin merasakan persiapan mudik yang tidak repot dan menyusahkan. Anda harus mulai merencanakannya dari jauh-jauh hari, supaya effort Anda menabung pun akan semakin ringan.

 

Tips #4 Tabung atau Investasikan Pada Instrumen Investasi yang Mengamankan Uang Anda Dari Inflasi

Setelah Anda merencanakan berapa yang harus Anda tabung per bulannya, selanjutnya adalah kemana Anda harus menyimpan di instrumen investasi yang bisa mengamankan Anda dari inflasi.

Jika Anda merencanakan dari waktu 1 tahun sebelum Anda mudik, Anda harus memperhatikan hal ini. Misalkan, Inflasi di Indonesia sudah mencapai 4%, berarti Anda harus mencari instrumen investasi yang lebih besar dari 4%.

Tetapi, jangan lupa, harus investasi yang aman dan likuiditas yang tinggi. Karena Anda akan mencairkan dalam jangka waktu setahun ke depan.

Salah satu produk investasi yang ada di Indonesia ini adalah reksa dana. Reksa dana ini merupakan jenis investasi paper asset. Jika Anda ingin belajar lebih banyak mengenai investasi reksa dana, Anda bisa download ebook mengenai investasi reksa dana di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Rencanakan Mudik Anda Bersama Finansialku

Ternyata, Biaya mudik ini memang perlu disiapkan dari jauh-jauh hari supaya Anda tidak perlu repot mencari pinjaman sana sini ketika musim mudik datang.

Belum lagi, pengeluaran bulan Ramadan ini sudah menghabiskan banyak porsi dalam arus kas keuangan Anda.

Sudah saatnya Anda rencanakan mudik Anda dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Jika Anda masih bingung bagaimana Anda mengatur keuangan Anda, Anda bisa bertanya melalui Aplikasi Finansialku ke perencana keuangan.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak mengenai bagaimana mengatur keuangan, Anda bisa download ebook mengenai perencanaan keuangan usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan supaya mudik Anda bebas dari utang.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tips bagaimana cara mengatur keuangan supaya mudik Anda bebas dari utang. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Mudik 1 – http://bit.ly/2H6OdeL
  • Mudik 2 – http://bit.ly/2Vny12Y