Yuk, belajar dari pengalaman menarik Muhammad Nabil ketika mendirikan Gudfund.com. Ketahui pula tips sukses menjalankan bisnis dan UMKM.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Awal Mula Terbentuknya Gudfund.com

Bermula dari masih rendahnya literasi keuangan masyarakat di desa, minim modal untuk mengembangkan usaha dan tidak ada bantuan dari siapapun, membuat Muhammad Nabil tergerak untuk mendirikan sebuah platform crowdfunding.

Kebetulan, Nabil memang tergabung dalam grup Whatsapp yang berisi UMKM se-Indonesia yang masih sangat membutuhkan mentor untuk bisnis.

Karena itulah, Muhamad Nabil dan temannya yang memiliki kesamaan visi dan misi membentuk Gudfund.com.

Gudfund.com memiliki sistem crowdfunding, yaitu salah satu alternatif sumber modal untuk ide-ide inovatif yang tidak memiliki modal usaha. Model bisnis Gudfund ini adalah social entrepreneur.

Banyak fitur yang tersedia dalam platform Gudfund, salah satunya adalah fitur yang menawarkan UMKM yang memiliki value yang unik dan kreatif.

Yuk, simak kisah selengkapnya berikut ini.

 

Mekanisme Bergabung Bersama Gudfund.com

Jika Anda memiliki UMKM yang unik dan kreatif, Anda bisa mendaftarkan usaha Anda melalui website Gudfund.com.

Setelah itu Anda hanya tinggal mengisi identitas, informasi mengenai UMKM Anda, proses pembuatan produknya dan cantumkan foto-foto produknya.

Nanti, tim Gudfund.com akan melakukan analisa digital profiling. Setelah 24 jam, jika UMKM yang diajukan masuk ke dalam kriteria, tim Gudfund akan meng-upload di website.

Sama halnya untuk para donatur, Anda tinggal mengakses website Gudfund.com lalu ke bagian memilih UMKM yang anda sukai, nanti Anda akan menemukan berbagai UMKM dengan profil singkat dan juga sejarahnya.

Tidak perlu khawatir, jika Anda sudah berdonasi, perkembangan mengenai UMKM yang Anda pilih akan selalu di-update melalui email dan dashboard-nya.

Founder & Money Kisah Muhammad Nabil Co-Founder Gudfund.com 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Aburizal Bakrie, dari Sang Ayah yang Berjualan Roti]

 

Kisah Sukses UMKM yang Telah Dibantu Oleh Gudfund

Menurut Muhammad Nabil, ada dua UMKM yang telah dibantu oleh Gudfund hingga. Pertama adalah Pa’de Ashima yaitu UMKM batik dari Pekalongan.

Foundernya memiliki latar belakang PNS yang ingin memajukan sarung batik dari Pekalongan. Dia tidak memiliki modal untuk memproduksi sarung batik dalam jumlah besar, padahal ia memiliki tiket untuk menghadiri Pekan Batik Internasional.

Oleh karena itu, ia bergabung bersama Gudfund untuk mendapatkan pendanaan dan ikut kompetisi internasional tersebut.

Kisah sukses yang kedua adalah Pondok Lada dari Kalimantan. Kisahnya cukup menyedihkan. Terdapat sebuah ladang lada yang akan dijadikan lahan tambang.

Warga setempat berjuang agar ladang lada yang berperan sebagai mata pencaharian mereka tidak digusur.

Lalu singkat cerita, ada dua founder yang merangkul dan meminta bantuan Gudfund untuk meminta pendanaan agar masyarakat dapat bertahan dan ladangnya tidak digusur menjadi lahan tambang.

Founder & Money Kisah Muhammad Nabil Co-Founder Gudfund.com 01 - Finansialku

[Baca Juga: Founder & Money: Cari Kerja IT ala Mochamad Ardyansyah Techinlabs]

 

Tips Menjalankan Bisnis Untuk Pemula

Pertama, Anda harus menciptakan bisnis yang tidak asal dibuat. Bisnis harus menjadi problem solving bagi masyarakat.

Apapun masalahnya bagi masyarakat, Anda harus menciptakan produk yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Kedua, jangan menyerah. Kalau sudah eksekusi, Anda harus jalani terus jangan sampai berhenti di tengah jalan.

Ketiga, tim internal yang solid merupakan kekuatan dalam sebuah bisnis. Permasalahan di internal perusahaan atau tim pasti ada karena sukses pun butuh proses.

Jika terjadi masalah, Anda harus menyatukan lagi visi dan misi serta meninjau kembali tujuan Anda. Jangan sampai bisnis jadi keluar dari tujuan awal.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Sangat Penting Bagi Pengembangan UMKM

Sobat Finansialku, perencanaan keuangan juga sangat penting ketika Anda akan memulai sebuah bisnis.

Dengan memiliki literasi keuangan yang baik, Anda akan mampu mengatur cashflow perusahaan, sehingga meminimalkan adanya kebangkrutan.

Untuk merencanakan keuangan, Sobat Finansialku bisa menggunakan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa membantu Anda mengatur dan merencanakan keuangan, konsultasi keuangan hingga investasi.

Download aplikasinya di sini, dan dapatkan potongan harga dengan menggunakan kode NABUNG10 untuk upgrade Premium.

playstore icon
appstore icon

 

Nah, itulah pengalaman menarik Muhammad Nabil sebagai Co Founder Gudfund.com. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda pebisnis pemula yang masih ragu untuk memulai usaha.

Ceritakan pengalaman pribadi Anda di kolom komentar dan bagikan artikel ini kepada Sobat Finansialku lainnya, ya. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Gudfund 1 – https://bit.ly/2YK7H1H
  • Gudfund 2 – https://bit.ly/3epoJZP