Sejak kemarin (30/06), nasabah Bank Bukopin mengeluhkan kesulitan menarik uang tunai karena pembatasan penarikan dana. Berikut penjelasannya.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bank Bukopin: Nasabah Tak Perlu Khawatir!

Pada Selasa (30/06) kemarin nasabah Bank Bukopin kesulitan untuk menarik duit tabungan karena likuiditas seret.

Kumparan mewartakan para nasabah tersebut harus menunggu berjam-jam dan antre sejak dini hari untuk bisa menarik uang di Kantor Pusat di Jalan MT Haryono, Cikoko, Jakarta Selatan.

Nasabah mengeluh dengan kondisi seperti ini. Belum lagi mesin ATM tak berfungsi, sehingga mau tidak mau mereka rela antre berjam-jam di kantor pusat untuk bisa menarik uang tabungan.

Gerutu nasabah merembet hingga ke ranah media sosial yang makin hari makin rame. Di Twitter, misalnya, Selasa (30/6), riuh keluhan nasabah Bukopin yang kesulitan menarik dananya.

Beberapa di antara mereka juga mempertanyakan pembatasan penarikan dana di sejumlah kantor cabang Bank Bukopin.

Bukan hanya itu saja foto ATM Bank Bukopin yang tak bisa digunakan, sampai adanya pengumuman kalau ATM Bukopin untuk sementara tak bisa digunakan juga ramai dicuitkan.

Pemilik akun @heyakumada mengaku kesulitan mengambil uang dari ATM, sehingga terpaksa mendatangi langsung kantor cabang.

“aku dom (domisili) klaten, tapi ambilnya di solo maks 3-5 jt,” tulisnya.

Kondisi serupa dialami oleh nasabah Bank Bukopin asal Riau, @andriandjaya_. Dirinya mengaku tak bisa mengambil uang dari ATM Bank Bukopin.

“Kami di kep riau jg tdk bisa narik di atm2 bukopin,” tulisnya.

Tok! Rivan Purwantono RESMI Jadi Direktur Utama Bank Bukopin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tok! Rivan Purwantono RESMI Jadi Direktur Utama Bank Bukopin]

 

Menanggapi hal ini, Direktur Utama Bank Bukopin (BBKP) Rivan A. Purwantono menegaskan bahwa tidak ada permasalahan yang perlu dikhawatirkan oleh nasabah.

Dia menerangkan, dua pemegang saham terbesar Bukopin, yakni Bosowa Corporation dan Kookmin Bank, berkomitmen tetap mendukung Bank Bukopin.

Asal tahu saja, saat ini PT Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Co Ltd tercatat sebagai dua pemegang saham terbesar Bukopin.

Bosowa memiliki sebesar 23,39% saham Bukopin, sementara Kookmin dari Korea Selatan memiliki sekitar 21,99% saham Bukopin. 

Perihal kebijakan pembatasan penarikan dana nasabah di sejumlah cabang, Sekretaris Perusahaan Meliawati mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan permasalahan nasabah dalam hal pencairan dana dan nasabah dapat menerima penjelasan atas kondisi tersebut.

“Pembatasan penarikan dana di beberapa cabang dilakukan dalam kondisi situasional, agar perseroan dapat memenuhi kebutuhan transaksi nasabah,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Kompas, Rabu (01/06).

Bukopin juga menyinggung kembali rencana KB Kookmin Bank terkait proses penambahan modal oleh pemegang saham utama untuk memperkuat fundamental Bukopin. 

“Proses tersebut saat ini dalam kajian final oleh regulator, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan,” terangnya.

Selain itu, Bukopin juga menegaskan sedang mengupayakan berbagai alternatif strategis untuk penguatan kondisi terutama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Antara lain, pendampingan oleh bank pemerintah dalam bentuk technical assistance (TA), perluasan money market line antar bank, program promosi simpanan dana nasabah dengan pilihan jangka waktu tertentu, dan sebagainya.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Barly Haliem, Titis Nurdiana. 30 Juni 2020. (Update) kondisi terkini Bank Bukopin (BBKP), SOS likuiditas yang butuh penyelesaian. Fokus.kontan.co.id – https://bit.ly/3igNwRW
  • Admin. 30 Juni 2020. Bank Bukopin Benarkan Batasi Penarikan Dana Nasabah. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2NLrp8g
  • Angga Sukmawijaya. 30 Juni 2020. Fakta-fakta Soal Nasabah Bukopin Sulit Ambil Uang, Harus Antre dari Dini Hari. Kumparan.com – https://bit.ly/3gfxdmB
  • Admin. 30 Juni 2020. Nasabah Sulit Tarik Dana, Ini Kata Bank Bukopin. Money.kompas.com – https://bit.ly/3igDAIf

 

Sumber Gambar:

  • Bukopin – https://bit.ly/2NIefsq