New Normal adalah salah satu skenario kesehatan agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa namun tetap menjalankan protokol kesehatan

Ikuti artikel Finansialku ini sampai habis, agar tahu poin penting dalam menghadapi new normal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Definisi New Normal Adalah

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya new normal adalah sebuah protokol baru. Lebih lengkapnya new normal adalah skenario yang sengaja dibuat untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Skenario ini mencakup berbagai aspek, seperti misalnya ke aspek pendidikan, ekonomi, sosial, dan kesehatan.

Lebih lengkap tentang definisi skenario ini akan dibahas pada artikel ini. Serta rasanya akan kurang lengkap jika hanya membahas new normal saja tanpa informasi bagaimana cara menjalaninya.

Karena meskipun skenario atau kebijakan ini memiliki unsur kata ‘normal’, tetapi ada beberapa hal yang seharusnya dijalani oleh masyarakat.

 

Protokol Kesehatan Dalam Menjalani New Normal Indonesia

New normal adalah kebijakan atau skenario yang seharusnya mendapat respon baik publik. Baik pemerintah maupun masyarakat seharusnya sama-sama mendukung kebijakan ini supaya Covid-19 segera tuntas di Indonesia.

Sebab memang tujuan diberlakukannya new normal adalah untuk mempercepat penanganan Covid-19. Untuk mendukung kebijakan pemerintah ini ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa hal tersebut.

 

#1 Ketika Menggunakan Transportasi Umum

Cara menjalankan new normal yang pertama adalah ketika menggunakan transportasi umum.

Saat new normal memang transportasi umum sudah mulai beroperasi, namun bukan berarti orang yang menggunakan transportasi umum menggunakannya sama seperti sebelum-sebelumnya.

Tetapi cobalah untuk membatasi jarak dengan orang lain di dalam transportasi umum tersebut. Melakukan interaksi seminimal mungkin dengan siapa saja, termasuk penjual tiket.

Jangan Salah Kaprah, Definisi New Normal Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Guys, Yakin Udah Siap New Normal? Jangan Lupa Siapin Ini!]

 

#2 Ketika Masuk dan Keluar Rumah

Ketika keluar rumah usahakan untuk selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer. Di manapun berada tetap berusaha untuk melakukan social distancing.

Ketika masuk rumah setelah bepergian lepaslah alas kaki. Kemudian jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Lebih baik lagi jika langsung mengganti pakaian yang digunakan saat bepergian.

 

#3 Ketika Berbelanja Online

Ketika barang sampai di rumah, maka usahakan untuk memiliki interaksi seminimal mungkin dengan kurir.

Usahakan untuk tidak bersentuhan langsung dengan kurir, seperti misalnya dengan tidak melakukan transaksi online secara non tunai atau COD. Kemudian bukalah pembungkus di luar rumah saja.

 

#4 Ketika Berbelanja Offline

Ketika berbelanja secara offline usahakan untuk tidak berlama-lama di sana. Jangan terlalu sering menyentuh benda-benda di sana, apalagi benda-benda yang tidak dibeli.

Juga sebaiknya jangan terlalu sering menyentuh bagian tubuh sendiri ketika berbelanja.

 

Skema New Normal Indonesia

Untuk sekarang ini setiap negara memiliki kebijakan masing-masing dalam menghadapi Covid-19. Ada yang sampai saat ini masih menerapkan kebijakan social distancing dan karantina di rumah.

Juga sudah ada yang telah menerapkan kebijakan new normal seperti di Indonesia ini.

Ada beberapa hal dari kebijakan ini yang juga belum diketahui banyak orang di Indonesia. Kebijakan ini tidak dibuat atau diaplikasikan secara cuma-cuma, sebelumnya telah ada banyak sekali pertimbangan.

Beberapa pertimbangan yang digunakan untuk mewujudkan kebijakan ini adalah kesiapan regional dan studi epidemiologis.

Jangan Salah Kaprah, Definisi New Normal Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mana yang Lebih Efektif, Masker Atau Face Shield?]

 

Skenario atau kebijakan ini juga bukan serta-merta hanya kemauan Presiden atau Menteri Kesehatan saja.

Sebelumnya juga telah dipertimbangkan bagaimana kedisiplinan publik, pengendalian virus, hingga kapasitas kesehatan masyarakat.

Setelah new normal Indonesia diberlakukan pun juga masih ada ada penilaian selanjutnya terkait kebijakan ini.

Berbagai hal tetap akan dimonitori untuk mengetahui bagaimana kebijakan ini mendapat respon publik serta pengendalian Covid-19 itu sendiri.

Begitulah definisi new normal yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Informasi tentang bagaimana cara menjalaninya pun sudah dijelaskan di atas.

Sangat tidak sulit untuk menjalani new normal supaya Covid-19 segera benar-benar tuntas di Indonesia.

Tetap lakukan anjuran pemerintah dan jangan panik berlebihan karena akan memengaruhi kondisi Kesehatan dan keuangan kamu. Nah, untuk itu simak video ini agar kamu siap menghadapi krisis ini.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Siap menghadapi new normal dengan berbagai protokol kesehatan di atas? Ayo bagikan informasi penting ini pada orang terdekat yang harus menghadapi new normal segera, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Juni 2020. Ini Panduan Menjalani New Normal Saat Pandemi Corona. Alodokter.com – https://bit.ly/3ggJE1z
  • Dipna Videlia Putsanra. 26 Mei 2020. Apa Itu New Normal dan Bagaimana Penerapannya Saat Pandemi Corona? Tirto.id – https://bit.ly/3giPsYa
  • Rosmha Widiyani. 30 Mei 2020. Tentang New Normal di Indonesia: Arti, Fakta dan Kesiapan Daerah. News.detik.com – https://bit.ly/2YT7MBH

 

Sumber Gambar:

  • New Normal 1 – https://bit.ly/2VCrgZ3
  • New Normal 2 – https://bit.ly/3f1od48