Ketika perayaan tahun baru dilarang dan diberlakukan PPKM, kamu bisa melakukan kegiatan ini agar nggak kikuk!

Dan jangan lupa pastikan juga kalau keuanganmu tetap aman selama liburan nataru dengan menerapkan nasihat dari ahli keuangan Finansialku, ya!

 

Summary

  • Perayaan tahun baru dilarang, diatur dalam Instruksi Mendagri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
  • Aturan tersebut mencakup pembatasan jam buka, kapasitas, hingga daftar kegiatan yang dilarang selama PPKM liburan natal dan liburan tahun baru (nataru).
  • PNS, TNI, dan Polri dilarang cuti saat liburan natal dan liburan tahun baru, karyawan swasta dilarang pergi ke luar kota.

 

Aturan PPKM dan Perayaan Tahun Baru yang Dilarang

Sobat Finansialku, sudah hampir dua tahun, dan kita masih berjuang melawan virus Corona (Covid-19) yang masih saja betah merundungi dunia.

New normal, sekarang bukan lagi sebuah slogan yang terasa spesial, tapi jadi bagian dalam kegiatan sehari-hari.

Cita-cita bisa bernafas lega di luar ruangan tanpa masker, sepertinya harus diurungkan terlebih dulu sebentar saja, dan fokus pada bagaimana kontribusi kita dalam mengusir virus corona dari Indonesia.

Demi menyelamatkan diri kita dan keluarga, pemerintah juga akhirnya mengeluarkan imbauan tentang batasan perayaan tahun baru.

Menjelang liburan natal dan liburan akhir tahun, pemerintah juga berencana untuk menetapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 3, yang kemudian direvisi dengan beberapa penyesuaian.

Peraturan soal perayaan tahun baru yang dilarang ini sebelumnya dimuat di Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kemudian, hari ini, Selasa (06/12) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terdapat revisi pada instruksi tersebut.

Diputuskan bahwa pemerintah bakal membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakukan PPKM Level 3 di semua wilayah Indonesia selama liburan tahun baru dan liburan natal, yang awalnya direncanakan berlaku sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Berikut informasi lengkapnya:

  • Selama libur nataru, syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri adalah wajib vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum hari keberangkatan. Orang dewasa yang  belum mendapatkan vaksinasi lengkap atau tidak bisa divaksin karena alasan medis, dilarang untuk bepergian jarak jauh.
  • Anak-anak dapat melakukan perjalanan asal melampirkan hasil PCR yang berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara atau antigen yang berlaku 1×24 jam untuk perjalanan darat atau laut.
  • Diterapkan pelarangan untuk seluruh jenis perayaan Tahun Baru di Hotel, Mal, Tempat Wisata, dan Tempat Keramaian Umum lainnya.
  • Pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, dan tempat wisata hanya diizinkan dengan kapasitas maksimal 75% dan hanya untuk pengunjung yang berkategori hijau di aplikasi PeduliLindungi.
  • Dalam acara sosial budaya, pengunjung yang diperbolehkan hanya 50% dari jumlah kapasitas normal. 

 

Lindungi Diri dan Keluarga

Meski keadaan di Indonesia terlihat sudah membaik, kita tetap mawas diri dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat, apalagi ketika kita akan berhadapan dengan hari-hari perayaan yang tentunya bakal menimbulkan kerumunan, pun untuk menyadari bahwa akan lebih berbahaya kalau kita mengunjungi keluarga di kampung halaman.

Tidak perlu memaksakan diri untuk pulang ke kampung halaman, meski Finansialku tahu kalau kita semua berada di ujung tanduk menahan kerinduan.

Tidak perlu kecewa juga karena rencana keuangan dan kegiatan di akhir tahun nanti tidak berjalan sesuai yang sudah direncanakan.

Dana yang sudah terkumpul, bisa dialihkan untuk kebutuhan lain, atau diinvestasikan, atau digunakan untuk menambah tabungan dana darurat kita.

Untuk mencari tahu mana yang lebih cocok untuk dilakukan, sekaligus berdikusi terkait mimpi-mimpi di masa depan, Sobat Finansialku bisa bertanya langsung pada ahli keuangan dari Finansialku dengan mengisi formulir ini.

Atau, Sobat Finansialku juga bisa membuat janji langsung dengan menghubungi admin Finansialku lewat WhatsApp.

Dari pada bingung mementukan pilihan, bukankah lebih baik kalau kita melakukan konsultasi dengan ahli keuangan? Yuk, hubungi sekarang!

 

Lakukan Ini Saat Perayaan Tahun Baru Dilarang!

Gagal pulang kampung bukan berarti bikin kita linglung harus melakukan apa di rumah. Karena, sebenarnya banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan ketika merayakan tahun baru di rumah, seperti:

 

Pulang Kampung Virtual

Meski diizinkan dengan berbagai persyaratan, ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk mudik.

Kita memang rindu bersua dengan keluarga di kampung sana, tapi bukan berarti kita harus bersikap egois dengan tidak mengindahkan risiko yang bisa menimpa keluarga di rumah nantinya.

Ibarat banyak jalan menuju roma, untuk bisa bertemu wajah dengan keluarga besar di kampung, nggak cuma lewat mudik, kok!

Ada cara lain yang juga efektif untuk mengobati rasa kangen kepada keluarga dan kampung halaman. Kamu bisa bertemu dengan mereka secara virtual lewat fitur video call dari WhatsApp atau aplikasi serupa lainnya.

Meski tidak sempurna, setidaknya ini bisa mengobati rasa rindu kepada keluarga serta kampung halaman.

Sembari video call dan menunggu detik-detik perubahan tahun, Sobat Finansialku bisa mengobrol hal-hal menarik yang terjadi selama satu tahun ke belakang.

 

Istirahat

Kegiatan kedua yang bisa kita lakukan adalah beristirahat total selama libur.

Sobat Finansialku bisa me-recharge energi setelah fokus mencari uang selama satu tahun penuh, yang nggak jarang, membuat kita menghiraukan sinyal kelelahan dari tubuh kita.

Anggaplah bahwa malam liburan nataru sebagai ajang balas dendam untuk waktu tidur yang tempo hari terpotong, atau waktu menonton drama yang kadang harus direlakan dengan lembur atau bekerja sampingan.

 

Bermain dengan Keluarga

Terakhir, untuk Sobat Finansialku yang sudah berkeluarga, mungkin bisa melakukan kegiatan lain untuk menghibur rasa sedih akibat batal mudik.

Sobat Finansialku bisa menciptakan permainan bersama anggota keluarga lainnya. Misalnya, mafia game.

Dengan bermain bersama keluarga, maka kekompakan dan kedekatan antar anggota bisa terbangun lebih erat.

Jangan lupa untuk sediakan makanan dan cemilan sebagai pelengkap saat bermain, ya!

 

Nah, itu dia beberapa jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk merayakan tahun baru di rumah selama PPKM liburan natal dan akhir tahun.

Apakah Sobat Finansialku punya ide lain? Yuk, sampaikan di kolom komentar!

Kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa juga untuk sebarkan ke teman-teman, ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Akbar Evandio. 24 November 2021. PPKM Level 3 Nataru, Ini Kegiatan yang Dilarang saat Perayaan Tahun Baru 2022. Kabar24.bisnis.com – https://bit.ly/336sH8N
  • Ahmad Baiquni. 19 November 2021. Seluruh Indonesia PPKM Level 3, Perayaan Tahun Baru Dilarang. co.id – https://bit.ly/3pxNqd7
  • 07 Desember 2021. Seluruh Destinasi Wisata Dilarang Gelar Perayaan Tahun Baru. Idntimes.com – https://bit.ly/3rJrcrk
  • Dian Erika Nugraheny. 07 Desember 2021. PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Luhut: Ada Revisi Inmendagri dan SE. Nasional.kompas.com – https://bit.ly/3dyAaiF