Apakah Anda sering melihat cicilan 0% saat akan membeli barang? Apakah boleh ngutang? Kan 0% Cicilan?

Utang memang sering menjadi masalah utama dalam mengatur keuangan baik pribadi atau keluarga. Lalu, apakah boleh ngutang? Kan 0% cicilannya.

Yuk kita simak tipsnya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cicilan 0%

Bagi para pemegang kartu kredit tentu saja sering menemukan promo ini, terutama jika Anda pergi jalan-jalan ke sebuah mall. Dengan adanya cicilan 0% ini, terkadang membawa kesusahan atau malah membawa kemudahan.

Promo-promo cicilan 0% ini banyak kita jumpai di beberapa toko baju, elektronik bahkan tiket pesawat pun bisa Anda cicil dengan promo cicilan 0%.

Bahkan dengan adanya promo cicilan ini terkadang semakin sulit untuk mengerem keinginan untuk berbelanja.

Ngutang Kan 0% Cicilan Apakah Bijak Moms 02 Pengguna Kartu Kredit - Finansialku

[Baca Juga: Belanja Hemat 20% dengan Kartu Kredit yang Tepat]

 

Sebelum Anda berbelanja dengan menggunakan cicilan 0% ini ada baiknya Anda memilah dulu apakah barang yang akan Anda beli merupakan keinginan atau kebutuhan.

Jangankan berbelanja menggunakan kartu kredit dengan promo 0%, terkadang saat sedang berbelanja menggunakan uang tunai, kita pun sering sulit memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Salah satu teman saya, sudah berkeluarga dan sedang berbelanja untuk membeli barang yang diinginkannya. Salah satu barang yang ingin dibeli adalah sebuah gadget yang memang sudah diinginkannya.

Padahal dia bercerita, bahwa setahun yang lalu, dia baru saja membeli smartphone yang memang sedang menjadi tren. Lalu, setahun kemudian, teman saya ini berniat untuk membeli smartphone baru dengan promo cicilan 0%.

Teman saya ini pun bercerita kalau cicilan 0% ini memudahkan dia untuk membeli barang. Saya pun bertanya, apakah setelah membeli barang yang sekedar diinginkan ada perasaan menyesal.

Teman saya pun bilang, ia merasa sedikit menyesal setelah tahu bahwa smartphone-nya yang sebelumnya masih bisa dipakai tetapi tidak terpakai. Mau dijual juga sayang karena banyak sejarahnya.

 

Memang benar, jika kita terjebak tidak bisa memilih antara kebutuhan dan keinginan, terkadang kita akan menemukan bahwa barang yang kita beli ini hanya memenuhi tempat di rumah saja.

Atau sebenarnya barang yang Anda beli tidak begitu urgent, saat ada kebutuhan yang urgent, kemudian bingung darimana dananya karena uangnya sudah dianggarkan untuk membayar cicilan barang tertentu.

Sudah seharusnya Anda mengetahui barang mana yang Anda butuhkan dan Anda inginkan. Bagaimana cara mengetahuinya? Bagaimana juga supaya bijak menggunakan promo cicilan 0% ini?

 

Tips Menggunakan Promo Cicilan 0%

Sebelum Anda merasa terjebak dengan promo cicilan 0% ini, sebaiknya Anda sebagai para moms mengetahui cara bijak mengutang dengan cicilan 0% ini.

 

Tips #1 Belanja lah Dengan Membedakan Needs and Wants

Sebelum Anda memutuskan menggunakan cicilan 0% ini, lebih baik moms sudah membedakan mana barang yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Supaya moms terhindar juga dari perasaan menyesal setelah membeli barang.

Saat moms membeli barang, pastikan moms menanyakan hal berikut:

  1. Apakah moms dan keluarga membutuhkan barang ini?
  2. Bagaimana jika moms tidak membelinya?
  3. Bisakah barang yang akan moms beli ini digantikan dengan barang lain yang lebih terjangkau harganya?

 

Jika moms menjawab ketiga pertanyaan tersebut dengan butuh, jika tidak membelinya maka mengganggu kelangsungan hidup, tidak ada barang penggantinya. Maka moms tahu bahwa barang tersebut memang harus dibeli.

Akan lebih mudah jika moms membuat rencana atau anggaran belanja, supaya moms juga bisa dengan mudah mengetahui barang yang memang moms butuhkan.

 

Dengan menggunakan ketiga pertanyaan dan membuat anggaran maupun rencana belanja, tentu akan memudahkan moms untuk berbelanja dengan promo cicilan 0% dengan bijak.

 

Tips #2 Simpan Kartu Kredit Jika Tidak Diperlukan

Jika moms sedang berjalan-jalan sekedar menjemput anak atau akan berbelanja yang tidak membutuhkan kartu kredit. Ada baiknya, moms menyimpan kartu kredit yang moms punya di rumah saja.

Dengan menyimpan kartu kredit yang moms punya, moms juga bisa terhindar dari belanja tanpa rencana. Selain itu, moms juga bisa terhindar dari kehilangan kartu kredit karena dompet jatuh atau di copet.

Jadi, moms harus mulai cerdik dan cermat dalam menyimpan kartu kredit sebagai salah satu cara menggunakan kartu kredit dengan bijak.

 

Tips #3 Hindari Menarik Uang Tunai Melalui Kartu Kredit

Jika moms membawa kartu kredit, jangan sampai moms terbiasa menarik uang tunai dari kartu kredit. Mengapa?

Karena menarik uang tunai dengan kartu kredit akan dikenakan bunga sebesar 2,25% per bulannya. Jika keuangan keluarga yang moms punya hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, tentu saja bunga ini akan menjadi beban berat.

Dengan tidak menarik uang tunai dengan kartu kredit yang moms punya, moms pun akan semakin bijak dalam menggunakan kartu kredit.

 

Tips #4 Periksa Tagihan Kartu Kredit Dengan Cermat

Ketika moms sudah bertransaksi menggunakan kartu kredit dan menggunakan promo cicilan 0%, moms akan mendapatkan tagihan bulanan  yang akan dikirimkan ke rumah atau ke kantor.

Ngutang Kan 0% Cicilan Apakah Bijak Moms 03 Tagihan - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Berutang, Meski Cicilan 0%?]

 

Sebaiknya, moms mulai memeriksa tagihan tersebut dengan cermat supaya moms tahu nih apakah ada transaksi yang tidak moms lakukan.

Kalau misalnya ada, moms langsung menghubungi layanan pelanggan bank penerbit kartu kredit.

Selain itu, ketika moms melakukan pembelian barang dengan cicilan 0% sebenarnya limit kredit yang moms miliki akan berkurang sebesar harga barang. Bagaimana bisa?

Misalkan moms membeli smartphone dengan harga Rp7 juta, kemudian limit kartu kredit yang moms punya adalah Rp10 juta. Maka, kartu kredit moms saat transaksi berlangsung akan berkurang hingga Rp7 juta.

 

Jadi, moms memiliki limit pada bulan tersebut sebesar Rp3 juta. Lalu pada bulan-bulan berikutnya, cicilannya akan menambah limit sampai cicilan lunas.

Misalkan, bulan depan, moms menyicil sebesar Rp1 juta, berarti limit kartu kredit moms bulan depan adalah Rp4 juta. Bulan ketiga, moms menyicilnya lagi sebesar Rp1 juta, maka limit kartu kredit moms adalah Rp5 juta pada bulan ke tiga.

Hal tersebut akan berlaku hingga cicilan barang yang moms beli lunas dan kembali lagi ke limit awal, yaitu Rp10 juta.

 

Tips #5 Batasi Memiliki Kartu Kredit Maksimal 2 buah

Kalau moms sudah memiliki kartu kredit yang pertama dengan transaksi dan pembayaran yang lancar, maka moms biasanya akan mendapatkan tawaran kartu kredit lagi dari bank yang sama atau bank lainnya.

Moms harus mulai membatasi kepemilikan kartu kredit yang moms punya sebanyak 2 kartu. Mengapa harus dibatasi memiliki 2 kartu kredit?

 

Karena kalau moms memiliki lebih dari 2 kartu kredit, moms akan mengeluarkan uang tambahan untuk membayar iuran tahunan dan biaya-biaya yang terkait.

Jika moms memang tertarik pada tawaran terbaru dari kartu kredit bank lain, ada baiknya moms tutup salah satu kartu kredit yang lama yang telah moms miliki. Jadi, jumlah kartu kredit yang moms miliki tetap 2 kartu kredit.

Moms juga harus tahu, kalau promo cicilan yang 0% belum lunas, moms tidak bisa menutup kartu kredit tersebut. Masalah baru muncul lagi, jika moms ingin melunasinya sebelum jatuh tempo, terdapat biaya lagi.

Pastikan sebelum moms menutup kartu kredit, moms konsultasi ke bank penerbit kartu kredit yang moms miliki. Supaya moms tidak merugi dan tentunya akan semakin bijak dalam menggunakan kartu kredit.

 

Bijaklah Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit jika memang digunakan dengan bijak tentu akan membawa keuntungan dan akan tidak akan menjadi beban untuk keuangan Anda. Sudah saatnya moms menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Penggunaan kartu kredit yang bijak ini juga tentu akan membuat moms dan keluarga pun tidak perlu merasa kesulitan memiliki kartu kredit. Moms masih ingin belajar bagaimana caranya mengatur keuangan moms dan keluarga?

Finansialku memiliki ebook untuk mengetahui caranya mengatur keuangan untuk keluarga. Moms bisa download ebook merencanakan keuangan untuk usia 30 an di bawah ini.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bijaknya ngutang dengan cicilan 0%.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bijaknya ngutang dengan cicilan 0%. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Februari 2016. Ada Rahasia Apa di Balik Cicilan 0 Persen Kartu Kredit? Bareksa.com – https://goo.gl/jx6Zoj
  • Riri Anggraheni Eka RimAndasari. 19 Januari 2018. 10 Contoh Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Apa Saja? Halomoney.co.id – https://goo.gl/7Vo8Aq

 

Sumber Gambar:

  • Bunga 0% – https://goo.gl/MV4x45
  • Pengguna Kartu Kredit – https://goo.gl/c9ockw
  • Tagihan – https://goo.gl/KJjPmM
Summary
"Ngutang? Kan 0% Cicilan" Apakah Bijak Moms?
Article Name
"Ngutang? Kan 0% Cicilan" Apakah Bijak Moms?
Description
Apakah Anda sering melihat cicilan 0% saat akan membeli barang? Apakah boleh ngutang? Kan 0% Cicilan?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo