Bagaimana jika nomor KPJ tidak terdaftar? Apa sih penyebabnya? Ketahui jawaban dari pertanyaan Anda dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ternyata, Nomor KPJ Tidak Terdaftar Bisa Terjadi

Nomor KPJ tidak terdaftar merupakan salah satu masalah dari penggunaan layanan e-service BPJS, namun hal itu bisa terjadi pasti ada penyebabnya.

Mengapa nomor untuk KPJ tersebut bisa tidak muncul pada saat cek online, harus segera dicari penyebabnya agar kita bisa masuk dalam akun kita masing-masing.

 

Penyebab Nomor KPJ Tidak Terdaftar

Untuk bisa melakukan login atau masuk ke dalam akun BPJS, Anda membutuhkan nomor KPJ. Oleh karena itu, jangan sampai nomor tersebut tidak muncul pada saat pengecekan online.

Maka perlu diketahui sebelumnya, apa yang membuat nomor tersebut tidak terdaftar agar kita bisa mencari solusinya. Adapun beberapa penyebabnya, antara lain.

 

#1 Data yang Dimasukkan Tidak Sesuai

Nomor KPJ tidak terdaftar bisa disebabkan karena data yang Anda masukkan pada saat login tidak sesuai atau ada kesalahan, sehingga akan tidak akan terdeteksi data tersebut pernah didaftar dan nomor Anda tidak akan keluar.

Oleh karena itu, solusi satu-satunya adalah dengan mengecek data yang sudah Anda masukkan tadi satu persatu agar bisa mengetahui bagian mana data yang salah.

BPJSTK Mobile, Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Paling Mudah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#2 Sistem Error

Kalau memang Anda sudah yakin dengan data yang Anda masukkan, itu artinya ada kesalahan pada server web nya atau sistem error.

Untuk penyebab yang satu ini Anda tidak perlu bingung atau panik, karena kesalahan bukan dari Anda sendiri.

Cara paling jitu adalah mengulang membuka webnya beberapa waktu kemudian, karena kemungkinan hal tersebut disebabkan pengunjung website yang sangat banyak sehingga merusak sistem dan sifatnya hanya sementara.

Setelah itu, pastinya nomor KPJ Anda akan muncul kembali jika lalu lintas pada website tersebut sudah tidak padat lagi. Anda bisa mengecek kembali dalam selang waktu setengah jam atau satu jam.

 

#3 Telat Bayar Iuran

Selain masalah teknis, Anda jangan sampai melupakan masalah yang satu ini.

Salah satu penyebab tidak terdaftarnya nomor Anda karena kemungkinan Anda belum atau telat membayar iurannya, sudah pasti solusinya adalah segera membayarnya.

Namun, jika Anda sudah membayar tapi telat maka Anda juga tidak perlu khawatir.

Tidak munculnya nomor merupakan sebuah konsekuensi karena Anda tidak disiplin, tapi jika kewajiban Anda dalam membayar sudah dilakukan sudah pasti beberapa waktu kedepan pihak BPJS akan memperbaiki dan memeriksa kembali sistemnya untuk merapikan kembali semua data.

 

#4 Pendaftaran Belum Sampai 14 Hari

Alasan atau penyebab yang satu ini berlaku bagi yang baru mendaftar dan mendapatkan nomor virtual account, jika pendaftaran Anda belum lebih dari 14 hari atau 2 minggu maka nomor tersebut kemungkinan memang belum muncul.

Cek nomor KPJ online baru bisa dilakukan dan aktif setelah lebih dari waktu yang ditentukan, yaitu kurang lebih 2 minggu terhitung dari pertama mendaftar.

Jangan sampai Anda mengeceknya sebelum waktunya, karena kemungkinan nomornya tak kunjung muncul hingga tanggal yang ditentukan memang besar.

 

#5 Beralih Kepesertaan

Satu penyebab lagi yang bisa membuat nomor KPJ Anda tidak muncul adalah beralih kepesertaan, yaitu beralih pada saat Anda pindah perusahaan tempat Anda bekerja.

Karena perusahaan sebelumnya pasti akan menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan Anda, dan akan dilanjutkan oleh perusahaan baru.

Bisa juga pada saat Anda memutuskan untuk berhenti bekerja, atau Anda ingin membuka usaha. Selama masa tenggang Anda, maka secara otomatis BPJS Anda beralih pada BPJS ketenagakerjaan mandiri.

Itulah mengapa nomor Anda tidak terdaftar, tapi untuk memastikan lebih lanjut karena alasan peralihan status kerja ini sebaiknya Anda mendatangi kantor BPJSnya langsung.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Cara Mengecek Nomor KPJ

Mengecek nomor KPJ sebenarnya tidak sulit, hanya saja kadang ada beberapa kendala teknis yang membuat nomor tidak terdaftar.

Beberapa penyebab di atas sudah mewakili cara pengecekan dan kesalahan yang terjadi secara online. Contoh nomor KPJ bisa dilihat pada bagian paling atas, dimana nomor tersebut dibuat dengan ukuran angka yang cukup besar.

 

Simak juga video Finansialku tentang BPJS Ketenagakerjaan berikut ini.

 

Pastikan Anda menghindari penyebab-penyebab di atas agar nomor KPJ tidak hilang. Bagikan juga informasi bermanfaat ini pada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 Maret 2018. No. KPJ Tidak Terdaftar, Kenapa Ya? Rajabpjs.com – https://bit.ly/3gNXGIJ
  • Admin. 31 Maret 2018. Mengapa Nomor KPJ Tidak Terdaftar Saat Cek Online. Rajabpjs.com – https://bit.ly/2XRKdIh
  • Admin. 6 Mei 2019. 3 Cara Gampang Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan. Myorangehr.com – https://bit.ly/33OziD5