Menonton film memang menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Ternyata, hobi satu ini juga memiliki berbagai macam manfaat terutama bagi kesehatan.

Saat ini, semakin banyak juga orang yang menyukai kegiatan menonton film dengan berbagai alasan. Mulai dari melepas penat, hobi, atau mengisi waktu kosong di akhir pekan. Yuk simak artikel berikut untuk informasi selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Manfaat Nonton Film Bagi Kesehatan

Banyak orang yang senang menonton film. Apalagi jika ada banyak film bagus yang baru saja tayang.

Tapi ternyata, di balik serunya menonton film, banyak juga orang yang tidak tahu bahwa menonton film juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dan rasakan saat menonton film:

 

Manfaat Nonton Film 1: Menghilangkan Penat

Salah satu alasan mengapa banyak orang senang menonton film adalah karena kegiatan ini bisa membantu menghilangkan rasa penat.

Film menawarkan alur cerita yang seru dengan tambahan adegan mengagumkan yang membuat Anda bisa melupakan kelelahan yang Anda alami pada hari itu.

Apalagi kalau Anda menonton film dengan suasana yang nyaman. Misalnya dengan menggunakan tempat duduk yang nyaman dan dengan ditemani camilan ringan seperti popcorn atau minuman.

Suka Nonton Film Baca 5 Manfaat Mengejutkan Ini Bagi Kesehatan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Situs Bioskop Online (Streaming Film) Terbaik, GRATIS!]

 

Atur juga suhu ruangan agak sejuk untuk mendapatkan pengalaman nonton yang semakin menyenangkan.

Akan tetapi, perhatikan juga jenis film yang ditonton. Kalau tujuan Anda untuk menghilangkan penat, sebaiknya pilih film yang ringan dan menghibur.

Misalnya film animasi, komedi, laga, petualangan, fantasi, atau yang lainnya. Film seperti ini biasanya dapat membantu pikiran Anda agar lebih fresh.

Dari pikiran yang fresh ini akan lebih mudah mendapatkan jiwa yang sehat. Sehingga, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk tetap sehat secara fisik.

 

Manfaat Nonton Film 2: Memberikan Inspirasi

Inspirasi sebenarnya bisa didapatkan lewat mana saja. Salah satunya adalah melalui film.

Anda bisa mendapatkan inspirasi dengan menonton film yang tepat. Hal ini banyak dirasakan oleh orang-orang. Khususnya yang bergerak di industri kreatif.

Dunia film adalah dunia yang bebas ekspresi. Karena itu, banyak hal yang tidak terpikirkan di kehidupan nyata, tertuang lebih dulu di dalam film. Selanjutnya, Anda bisa menerapkan hal itu kembali di dunia nyata.

Suka Nonton Film Baca 5 Manfaat Mengejutkan Ini Bagi Kesehatan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Trik Nonton Film di Bioskop Lebih Hemat! Mau?]

 

Misalnya rancangan busana seorang desainer bisa saja terinspirasi dari salah satu tokoh film. Atau seorang penulis bisa saja mendapatkan inspirasi baru untuk karyanya setelah menonton suatu film.

Selain itu, Anda juga bisa saja mendapatkan inspirasi yang sifatnya abstrak namun bermanfaat bagi kehidupan Anda.

Contohnya saja, ada banyak orang yang terinspirasi dari film dan bahkan mengubah gaya busana, gaya rambut, hingga tingkah lakunya mirip dengan tokoh dalam film tersebut.

Akan tetapi, pastikan inspirasi tersebut tidak sampai mengubah jati diri Anda nantinya. Ambil inspirasi yang sekiranya akan memberikan dampak positif dan mempengaruhi produktivitas Anda dalam pekerjaan atau pendidikan.

 

Manfaat Nonton Film 3: Terapi Kesehatan atau Sinematerapi

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah sineterapi atau sinematerapi?

Kalaupun belum, arti dari istilah tersebut memang sudah cukup jelas. Sesuai dengan namanya, sineterapi atau sinematerapi adalah sebuah terapi kesehatan yang dilakukan dengan cara menonton film.

Suka Nonton Film Baca 5 Manfaat Mengejutkan Ini Bagi Kesehatan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menggunakan 5 Layanan Streaming Film Indonesia]

 

Meskipun bagi sebagian orang hal ini masih cukup asing, namun terapi ini sudah mulai dijalankan dan memang bisa diterapkan.

Dalam terapi ini, pasien dipersilakan  untuk menonton film untuk mengurangi keluhannya.

Terapi ini biasanya dilakukan kepada pasien yang merasa frustasi, depresi, atau mengalami gangguan mood lainnya. Dengan menjalankan terapi ini, maka keluhan seperti stres bisa berkurang.

 

Manfaat Nonton Film 4: Meningkatkan Kesadaran

Beberapa film memang dibuat dengan tujuan tertentu. Misalnya untuk menyampaikan satu pesan moral yang penting bagi para penontonnya.

Misalnya, ada film yang sengaja dibuat untuk membuat masyarakat lebih paham bahaya dari pergaulan bebas.

Film seperti ini dibuat sebagai hiburan dan juga penyampai pesan pada masyarakat.

Suka Nonton Film Baca 5 Manfaat Mengejutkan Ini Bagi Kesehatan 05 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Nilai Moral Film Lion King yang Bisa Buat Keuangan Lebih Baik]

 

Sebuah film biasanya memiliki alur yang jelas. Karena itu, penyampaian pesan pun akan terasa lebih santai bagi penontonnya sehingga juga lebih mudah untuk diterima oleh penonton dan masyarakat.

Ada beberapa cara yang biasa digunakan di dalam film, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Misalnya melalui cara pengambilan gambar, angle, properti yang digunakan, adegan yang dilakukan, hingga kalimat yang digunakan tokoh dalam percakapan.

 

Manfaat Nonton Film 5: Memotivasi Diri

Kadang kala, ada masanya juga seseorang merasa lelah dan tidak bersemangat menjalani hidup. Hal ini tentu saja adalah hal yang wajar.

Anda bisa saja merasa lelah dengan segala masalah yang Anda hadapi dalam hidup. Akan tetapi, jangan sampai Anda terlalu berlarut-larut dalam hal tersebut.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan semangat Anda. Salah satunya dengan menonton film.

Banyak orang yang bisa mendapatkan semangatnya kembali bahkan menjadi lebih tegar dalam menghadapi masalah dalam hidupnya.

Trik Nonton Film di Bioskop 01 - Finansialku

[Baca Juga: Situs Nonton Film Secara Online Ini Harus Masuk List Kamu]

 

Jika Anda sedang merasa tidak bersemangat, Anda bisa memilih cerita film dengan genre seperti drama, laga, petualangan, keluarga, dan lain sebagainya.

Film-film semacam ini biasanya memiliki alur yang tidak jauh berbeda dengan dunia nyata.

Dalam film seperti itu, tokoh utama juga biasa digambarkan sebagai orang yang memiliki banyak masalah. Namun berbagai masalah tersebut pada akhirnya bisa dihadapi dengan tekad dan motivasi yang kuat.

Dengan menonton film seperti ini, mau tidak mau Anda akan berkaca dan melihat bagaimana keadaan Anda. Dengan begitu, pengaruh psikologis dalam film ini juga akan sampai kepada Anda dan membuat Anda bisa kembali bersemangat.

 

Nonton Film yang Tepat dan Dapatkan Manfaatnya

Itulah 5 manfaat yang akan Anda temukan saat Anda melakukan kegiatan menonton film. Selain 5 manfaat tersebut, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat menonton film.

Misalnya saja memberikan Anda pengetahuan baru atau bahkan meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa asing. Tentu saja hal ini tergantung kepada jenis film yang Anda tonton.

Manfaat-manfaat tersebut baru bisa Anda dapatkan jika Anda menonton film yang tepat. Karena itu, perhatikan juga jenis film yang Anda nonton.

Selain itu, perhatikan juga durasi menonton film yang Anda lakukan. Jangan sampai karena terlalu asik menonton, Anda malah mengabaikan hal lainnya.

Jika hal ini terjadi, bukannya menyelesaikan masalah, stres Anda malah akan semakin meningkat karena pekerjaan yang semakin menumpuk.

Karena itu, pastikan Anda juga memperhatikan bagaimana dan berapa lama Anda menonton film. Perhatikan juga agar jangan sampai Anda berlebihan dalam menonton film dan malah mengganggu aktivitas lainnya.

Oh iya, satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi keuangan Anda. Sudahkah terencana dengan baik?

Tenang, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini untuk membantu Anda merencanakan keuangan dengan tepat. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Nah, apakah menurut Anda ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat menonton film? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lain.

Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman menarik yang berkaitan dengan manfaat menonton film, Anda juga bisa membagikan pengalaman tersebut di kolom komentar.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya! Agar mereka bisa mengetahui informasi menarik mengenai manfaat nonton film bagi kesehatan ini.. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Manfaat Menonton Film, Bisa Sebagai Terapi Kesehatan?. Doktersehat.com – http://bit.ly/2NbIUzy

 

Sumber Gambar:

  • Manfaat Nonton Film 1 – http://bit.ly/2YTL7Xk
  • Manfaat Nonton Film 2 – http://bit.ly/2TFtuEK
  • Manfaat Nonton Film 3 – http://bit.ly/33COMaV
  • Manfaat Nonton Film 4 – http://bit.ly/2ZeGmTL
  • Manfaat Nonton Film 5 – http://bit.ly/30ezI0R