Ternyata ada 22+ pangkat polisi yang harus Anda ketahui terutama jika Anda adalah kerabat seorang aparat penegak hukum ini.

Menjalani pekerjaan sebagai polisi adalah sebuah pencapaian yang sangat membanggakan lho!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Daftar Isi

Polisi: Pelayan Masyarakat dan Abdi Negara

Sebagai negara kesatuan, Indonesia memiliki dua angkatan militer dengan tugas masing-masing. Jika TNI bertugas menjaga keutuhan NKRI, polisi justru bertugas mengayomi masyarakat.

Sesuai dengan semboyannya, polisi hadir untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Sudah cukup jelas bukan tugas dari pihak kepolisian?

Dalam menjalankan tugasnya, polisi memiliki beberapa aturan dan semboyan dasar. Selain semboyan yang telah disebutkan sebelumnya, ada satu lagi semboyan lainnya.

Anda mungkin jarang mendengar atau mengetahuinya, yakni Rastra Sewakottama. Ini berarti Polri adalah abdi utama bagi nusa dan bangsa. Seperti institusi negara lainnya, Polri terdiri atas berbagai tingkat dan pangkat.

Bagi masyarakat awam tentu sulit mengingat dan mengenalinya satu-satu, kecuali keluarga kepolisian. Setiap pangkat membedakan tugas dan jabatan dalam kepolisian.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui Beserta Gajinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Keseimbangan antara Kerja dan Kehidupan]

 

Bila Anda perhatikan, simbol pangkat pun memiliki berbagai bentuk dan warna. Untuk warna sendiri, ada 2 warna yang dikenal dalam kepolisian.

  • Warna silver: golongan bintara. Umumnya, terjun langsung ke lapangan untuk menghalau konflik atau masalah lainnya. Contoh: polisi yang bertugas mengatur lalu lintas di jalan raya.
  • Warna kuning: golongan perwira. Perwira berpangkat lebih tinggi dari bintara. Mereka sering ditugaskan di bidang manajemen, perencanaan, maupun pengaturan taktik.

 

Tanda Pangkat Polisi: Ternyata Ada Lebih dari 22 Lho!

Sulit memang menghafal satu per satu pangkat kepolisian. Tidak ada salahnya Anda mengetahui 22+ tingkatan pangkat dalam kepolisian secara umum beserta kisaran gajinya:

 

Pangkat Polisi Golongan I

#1 Bharada (Bhayangkara Dua), Kisaran Gaji: Rp1,6 – Rp2,5 Juta

Bharada adalah pangkat terendah di golongan I yang disimbolkan dengan garis miring berwarna merah.

Pangkat Bharada diberikan kepada para lulusan kepolisian yang menempuh pendidikan selama 6 bulan. Bisa dibilang ini awal dari jenjang karier seseorang dalam kepolisian.

Bagi Anda yang tertarik menjadi Bharada, pastikan telah lulus SMA untuk mendaftar. Tugas umum Bharada adalah mendamaikan konflik yang tengah terjadi di masyarakat, seperti konflik antar anggota masyarakat, agama, maupun suku.

 

#2 Bharatu (Bhayangkara Satu), Kisaran Gaji: Rp1,7 – Rp2,7 Juta

Masih dari golongan I Polri, Bharatu diberikan kepada anggota yang telah mengabdi lebih dari 5 tahun.

Bharatu sendiri merupakan pergantian nama dari Prajurit Satu atau Pratu. Istilah ini baru diubah pada tahun 2001, sejak kepolisian mengalami transformasi.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui Beserta Gajinya 03 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

 

Secara posisi, Bharatu tentu lebih tinggi daripada Bharada, namun keduanya tetap mengemban tugas yang sama. Pada lambang, ada penambahan jumlah garis menjadi 2 garis miring berwarna merah.

 

#3 Bharaka (Bhayangkara Kepala), Kisaran Gaji: Rp1,8 – Rp2,7 Juta

Pangkat terakhir dalam golongan I diisi oleh Bharaka atau bhayangkara kepala. Bharaka tentu lebih tinggi daripada Bharada maupun Bharatu.

Dari sisi tugas, Bharaka masih terjun langsung ke lapangan untuk menghalau berbagai konflik.

Nama Bharaka sendiri telah mengalami perubahan dari sebelumnya Praka atau Prajurit Kepala. Bharaka dilambangkan dengan 3 garis merah yang digambarkan miring.

 

#4 Apribda (Ajun Brigadir Polisi Dua), Kisaran Gaji :Rp1,8 – Rp2,7 Juta

Dari bhayangkara, kini kita beralih ke ajun brigadir. Sama seperti bhayangkara, ajun brigadir diisi oleh 3 pangkat berbeda. Apribda menempati posisi terendah dalam hal ini, meskipun bukan pangkat terendah dalam golongan I.

Untuk membedakan apribda dengan pangkat lainnya, Anda bisa melihat pada lambang pangkat yaitu lambang huruf V terbalik dengan warna merah.

 

#5 Abriptu (Ajun Brigadir Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp1,8 – Rp2,8 Juta

Bukan cuma Bharada dan Bharatu saja yang diubah namanya, Abriptu pun hasil pergantian nama di tahun 2001. Sebelumnya, anggota polisi berpangkat Abriptu disebut kopral satu atau Pratu.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui Beserta Gajinya 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja]

 

Ini mirip dengan penyebutan pangkat dalam institusi TNI. Walaupun mengalami perubahan nama, lambang Abriptu tidak berubah dari dulu. Apribtu dilambagkan dengan 2 huruf V merah yang diposisikan terbalik.

 

#6 Abripol (Ajun Brigadir Polisi), Kisaran Gaji: Rp1,9 – Rp2,9 Juta

Di golongan I, Abripol menjadi pangkat tertinggi bagi seorang polisi. Meskipun jadi pangkat tertinggi, Abripol masih lebih rendah daripada bintara.

Tak sulit untuk mengenali Abripol, cukup lihat tanda pangkat yang dikenakan. Abripol bakal mengenakan 3 huruf V berwarna merah yang terbalik.

Itu dia pangkat polisi golongan I dimulai dari Bharada, Bharatu, Bharaka, Apribda, Apribtu dan Abripol.

 

Pangkat Polisi Golongan II dan Golongan III

Mari ketahui pangkat selanjutnya dalam kepolisian beserta kisaran gajinya:

 

#7 Bripda (Brigadir Polisi Dua), Kisaran Gaji: Rp2,1 – Rp3,4 Juta

Golongan II atau bintara dimulai dengan pangkat Bripda atau brigadir dua polisi. Berbeda dengan tamtama, tugas bintara justru berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Proses pembuatan SIM dan pengaturan lalu lintas dilakukan langsung oleh bintara. Lambang Bripda hampir mirip dengan Apribda, hanya saja berwarna silver atau perak.

 

#8 Briptu (Brigadir Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp2,1 – Rp3,5 Juta

Dahulunya, Polri menyebut Briptu dengan istilah sersan satu. Istilah tersebut berubah seiring dengan perubahan nama pangkat lainnya. Briptu ditandai dengan lambang 2 huruf V terbalik berwarna perak.

Posisi Briptu membawahi beberapa pangkat lain, yakni Bripda dan golongan tamtama dalam kepolisian.

 

#9 Brigpol (Brigadir Polisi), Kisaran Gaji: Rp2,2 – Rp3,6 Juta

Siapa yang memastikan Bripda dan Briptu menjalankan tugas sesuai SOP? Tentu saja Brigpol atau brigadir polisi. Anda mungkin menganggap tugas seorang Brigpol tak terlalu berat, padahal tidak demikian.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Walaupun hanya memastikan tugas terlaksana dengan baik, ada tanggung jawab besar dibaliknya. Jika tugas Bripda dan Briptu salah, Brigpol menjadi orang pertama yang menerima sanksi. Brigpol dilambangkan dengan 3 huruf V perak dengan posisi terbalik.

 

#10 Bripka (Brigadir Polisi Kepala), Kisaran Gaji: Rp2,3 – Rp3,7 Juta

Tugas utama Bripka adalah mengawasi kinerja seluruh bawahannya, yakni Bripda, Briptu, dan Brigpol. Seorang Bripka memiliki kontrol penuh terhadap seluruh tugas kepolisian sesuai posisinya.

Secara administratif, Bripka adalah pangkat tertinggi dari golongan brigadir. Pangkat ini dilambangkan dengan 4 huruf V terbalik berwarna perak.

 

#11 Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua), Kisaran Gaji: Rp2,3 – Rp3,9 Juta

Aipda masih masuk golongan II atau bintara. Posisinya berada di tengah-tengah, yakni penghubung antara brigadir dan letnan.

Aipda bertugas sebagai asisten letnan dua. Dalam kepolisian, Aipda dilambangkan dengan gabungan 2 huruf V terbalik.

 

#12 Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp2,4 – Rp4 Juta

Di atas Aipda, ada satu pangkat tertinggi dari golongan bintara, yaitu Aiptu. Aiptu mempunyai tugas sebagai pembantu letnan dua. Seorang Aiptu dituntut memiliki kemampuan spesifik, seperti perencanaan.

Ini untuk memastikan tugas dapat terealisasikan dengan efektif dan efisien. Apapun perintah yang disampaikan bakal terwujud dengan cepat dan tetap sasaran. Lambang Aiptu adalah 2 gabungan huruf V terbalik.

 

#13 Ipda (Inspektur Polisi Dua), Kisaran Gaji: Rp2,7 – Rp4,4 Juta

Selain golongan I dan II, ada golongan III atau perwira pertama dalam kepolisian. Perwira biasanya memegang jabatan cukup strategis, sebab memiliki kemampuan khusus.

Untuk mencapai jenjang karier perwira terbilang sulit, sebab ada sekolah khusus yang harus diikuti. Bagi Anda yang tertarik menjadi polisi dan ingin memiliki jabatan tinggi, cobalah bergabung melalui Akademi Kepolisian atau Akpol.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui (Part 2) 03 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan]

 

Lulusan Akpol bakal meraih pangkat Ipda di awal kariernya dengan masa pendidikan 4 tahun. Mengawali golongan perwira pertama, Ipda dibantu oleh seorang Aipda dalam melaksanakan tugasnya. Ipda dilambangkan dengan 1 strip berwarna emas yang setara dengan letnan dua dalam dunia militer.

 

#14 Iptu (Inspektur Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp2,8 – Rp4,6 Juta

Iptu dilambangkan dengan 2 strip berwarna emas. Tugas Iptu dibantu oleh Aiptu untuk memastikan semua perintah berjalan sempurna. Dalam kemiliteran, Iptu sering pula disebut letnan satu.

 

#15 AKP (Ajun Komisaris Polisi), Kisaran Gaji: Rp2,9 – Rp4,7 Juta

AKP menjadi penutup dari golongan perwira pertama. Ajun Komisaris Polisi memikul tugas berat untuk mengontrol semua bawahannya. Pangkat AKP dilambangkan dengan 3 strip emas yang dipasang di bagian pundak.

 

Pangkat Polisi Golongan IV dan Golongan V

#16 Kompol (Komisaris Polisi), Kisaran Gaji: Rp3 – Rp4,9 Juta

Golongan IV atau perwira menengah diisi oleh 3 pangkat. Kompol menjadi pangkat terendah pada perwira menengah. Para polisi golongan perwira menengah umumnya telah menampuk posisi cukup tinggi dalam kepolisian, seperti Kapolresta.

Sayangnya, sulit melangkah ke jenjang karier perwira menengah tanpa didukung pendidikan, prestasi, dan assessment mumpuni. Seorang Kompol akan memakai lambang melati 1 pada pakaiannya.

 

#17 AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi), Kisaran Gaji: Rp3 – Rp5 Juta

Polisi berpangkat AKBP umumnya menjabat sebagai Kapolres di suatu wilayah. Pelaksanaan tugasnya dibantu oleh seorang Kompol dalam satu wilayah.

AKBP ditandai dengan melati 2 berwarna emas atau diamond.

 

#18 Kombes (Komisaris Besar), Kisaran Gaji: Rp3,1 – Rp5,2 Juta

Perwira menengah diakhiri dengan pangkat Kombes. Pemegang pangkat Kombes rata-rata bertugas sebagai Wakapolresta maupun Wakapolda. Kombes sendiri dilambangkan dengan 3 melati emas dalam kepangkatan.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui (Part 3) 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Mengelola Bisnis Waralaba Agar Semakin Berhasil]

 

#19 Brigjen (Brigadir Jenderal), Kisaran Gaji: Rp3,2 – Rp5,4 Juta

Pernahkah Anda melihat polisi berbintang I? Bintang menandakan pangkat tertinggi dalam kepolisian. Ini setara dengan perwira tinggi atau golongan V dalam institusi Polri.

Umumnya, polisi berpangkat perwira tinggi menampuk jabatan penting dalam kepolisian. Brigjen sendiri adalah pangkat terbawah dari perwira tinggi.

Ini ditandai dengan bintang 1 emas dan berposisi sebagai Kapolda di tingkat B maupun biro di markas besar kepolisian. Tugas mereka adalah mengontrol seluruh kinerja brigadir di bawahnya.

 

#20 Irjen (Inspektur Jenderal), Kisaran Gaji: Rp3,3 – Rp5,5 Juta

Pangkat tertinggi ketiga dalam kepolisian diisi oleh Irjen. Seorang polisi berpangkat Irjen biasanya menempati jabatan sebagai Kapolda di wilayah tipe A. Dalam tatanan militer, Irjen sama dengan Mayor Jenderal atau Mayjen. Mereka menerima pangkat berlambang 2 bintang emas.

 

#21 Komjen (Komisaris Jenderal), Kisaran Gaji: Rp5 – Rp5,9 Juta

Jika Anda perhatikan dengan saksama, jabatan penting dalam kepolisian selalu diisi oleh seseorang berpangkat Komjen. Mereka diyakini berintegritas tinggi dan berprestasi bagi institusi Polri.

Para Komjen umumnya ditempatkan sebagai Bareskrim, Kepala BNN, Wakapolri, hingga Kabaintelkam. Komjen dapat dikenali dari 3 bintang emas yang bertengger di bahu mereka.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui (Part 3) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Kemerdekaan Untuk Membakar Semangat Perjuangan]

 

#22 Jenderal, Kisaran Gaji: Rp5,2 – Rp5,9 Juta

Jenderal adalah pangkat tertinggi dalam institusi kepolisian. Pemegang jabatan Kapolri otomatis berpangkat Jenderal. Bisa dibilang, Jenderal hanya dipegang oleh pemimpin tertinggi dalam kepolisian atau Tri Brata 1 (TB 1).

Para Jenderal memiliki tugas sangat berat, sebab berkaitan langsung dengan keamanan masyarakat. Setiap keputusan yang diambil harus memperhatikan situasi terkini. Jenderal berhak meraih 4 bintang emas sebagai tanda kehormatan sekaligus pangkat.

 

Share artikel ini kepada rekan terdekat Anda yang ingin memiliki karier polisi, terima kasih!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Agustus 2017. 22+ Tingkatan & Urutan Pangkat Polisi dan Lambangnya, TERLENGKAP!! Salamadian.com – https://bit.ly/37KjNvp
  • Awawaw. 20 Agustus 2019. Urutan dan Tingkatan Pangkat Polisi, Dari Pangkat Terendah hingga Tertinggi. Keepo.me – https://bit.ly/2KZoGXV
  • Okky Budi. 21 Maret 2019. Hore! Gaji Pak Polisi Tahun 2019 Naik, Ini Rincian Besarannya. Moneysmart.id – https://bit.ly/2ONgxH0

 

Sumber Gambar

  • Pangkat Polisi 01 – https://bit.ly/2DpyBSk
  • Pangkat Polisi 02 – https://bit.ly/33tF3lE
  • Pangkat Polisi 03 – https://bit.ly/2Or6Yyr
  • Pangkat Polisi 04 – https://bit.ly/34sVDne