Banyak masyarakat yang bertanya apakah asuransi Kesehatan bisa mengkover biaya operasi pasang ring jantung?

Penasaran? Yuk, ketahui jawabannya berikut ini.

 

Summary

  • Ring jantung atau stent adalah alat berbentuk tabung kecil berlubang seperti jala, yang dipasang pada pembuluh darah untuk membuka sumbatan.
  • Untuk operasi pemasangan ring jantung, seseorang perlu menyiapkan dana sekitar Rp 80-250 juta.
  • Asuransi Kesehatan bisa mengkover biaya operasi sesuai ketentuan dan manfaat polis.

 

Sekilas Tentang Ring Jantung

Pembuluh darah koroner yang tersumbat atau menyempit membuat aliran darah ke jantung tidak lancar, bahkan terhenti sama sekali.

Guna mengembalikan fungsi pembuluh darah itu, dokter spesialis jantung dapat menjalankan angioplasti, yaitu metode pasang ring jantung untuk membuka pembuluh darah yang bermasalah.

Ring jantung atau stent adalah alat berbentuk tabung kecil berlubang-lubang seperti jala, biasanya berbahan logam. Dokter memasangnya pada pembuluh darah untuk membuka sumbatan.

Dalam jangka waktu tertentu, aliran darah ke otot jantung akan pulih dan tak ada lagi keluhan nyeri dada (angina). Umumnya, dokter menjalankan angiografi sebelum angioplasti untuk pasang ring jantung, bisa juga bersamaan.

Angiografi adalah prosedur radiologi untuk memeriksa kondisi pembuluh darah guna mengantisipasi masalah jantung.

[Baca Juga: Bikin Kaget! Biaya Pengobatan Penyakit Jantung Bisa Bikin Jantungan]

 

Biaya Operasi Pemasangan Ring Jantung

Sobat Finansialku, jantung merupakan salah satu spesialisasi medis yang paling sulit, sehingga penanganannya pun membutuhkan bantuan dokter spesialis. Dalam proses operasi pun yang terlibat tak hanya dokter spesialis jantung, tapi juga dokter anestesi dan tim dokter lainnya.

Penyakit jantung koroner yang masih cukup ringan hingga menengah biasanya diatasi dengan pemasangan ring jantung melalui operasi. Untuk operasi pemasangan ring jantung, seseorang perlu menyiapkan dana sekitar Rp 80-150 juta dengan rincian biaya sebagai berikut:

  • Biaya kamar operasi
  • Biaya pembelian ring jantung (stent)
  • tim dokter
  • Biaya anestesi

 

Komponen biayanya pun berbeda-beda antara satu rumah sakit dengan yang lain. Jika melakukan tindakan di RSUD, biaya operasinya saja sudah Rp 75 juta belum termasuk kamar.

Belum lagi ditambah biaya kontrol dan berbagai obat-obatan yang perlu ditebus untuk menjaga kondisi jantung.

Sehingga, kurang lebih dana yang harus dipersiapkan bisa mencapai angka Rp 250 juta untuk pemasangan satu ring jantung saja. Mahal sekali, kan?

 

Apakah Operasi Ring Jantung Ditanggung Asuransi?

Nah, Sobat Finansialku, yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah asuransi kesehatan bisa mengkover operasi ini?

Jawabannya, BISA. Asuransi Kesehatan bisa mengkover sesuai ketentuan dan manfaat polis. Namun satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah adanya masa tunggu untuk klaim terkait penyakit jantung.

Perusahaan asuransi kesehatan pada umumnya memiliki peraturan tentang masa tunggu penyakit. Maksudnya, ada beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi.

Dan penyakit jantung termasuk salah satu penyakit yang bisa diklaim 12 bulan kemudian setelah tanggal masa berlaku asuransi.

Karena asuransi kesehatan banyak jenisnya, pastikan Anda untuk benar-benar memahami manfaat asuransi dari perusahaan yang Anda pilih. Jika kurang mengerti, jangan ragu untuk bertanya pada agen asuransi.

Satu hal yang tak kalah penting adalah mengatur keuangan Anda dan miliki asuransi kesehatan pribadi sehingga anda bisa tenang secara keuangan.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar asuransi Kesehatan, yuk diskusikan Bersama saya melalui menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Dengan berdiskusi, Anda akan mendapat jawaban dan rekomendasi asuransi yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Yuk, hubungi saya sekarang dan rencanakan masa depan keuangan Anda.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Jangan lupa masukkan kode voucher WEBTAHUNAN untuk mendapatkan potongan harga Rp 50 ribu untuk berlangganan akun premium tahunan.

Anda juga bisa booking konsultasi melalui website konsultasi.finansialku.com atau melalui WhatsApp Finansialku.

 

Itulah penjelasan mengenai operasi ring jantung yang ternyata bisa dikover oleh asuransi kesehatan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, tuliskan pada kolom di bawah ini. Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Admin. Pertanyaan Seputar Pasang Ring Jantung. Primayahospital.com – https://bit.ly/3yniXma
  • Dita. 16 Agustus 2021. Hitung-Hitungan Biaya Operasi Pasang Ring Jantung dengan dan Tanpa Asuransi Kesehatan. Learn.expandana.co.id – https://bit.ly/3oUEQ9o