Kamu freelancer dengan pendapatan tidak tetap? Apa kehidupanmu masih dikendalikan oleh uang? Bagaimana cara pegang kendali penuh keuangan?

Simak pembahasan bersama pakarnya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Freelancer, Identik Dengan Gaya Hidup

Sebagai seorang freelancer, banyak sekali yang hidupnya dikendalikan oleh uang. Bagaimana tidak? Freelancer ini banyak sekali dituntut untuk memiliki gaya hidup yang wah.

“Wah, dia kan kerjanya udah tampil dimana-mana, seharusnya dia udah bisa dong liburan.”

“Waduh, temen-temen masa pada ngajakin buat beli gadget baru, malu, masa freelancer ga bisa beli gadget baru, ya udah deh, nyicil boleh kali ya”

 

Tidak jarang juga kita jumpai, teman-teman kita yang menggunakan cicilan untuk membeli sesuatu. Atau bahkan untuk liburan pun, masih mengandalkan cicilan.

Memang, tidak semua freelancer seperti itu, tetapi ada juga freelancer yang mau ga mau, harus bisa memenuhi gaya hidup karena memang tuntutan pekerjaan. Hingga akhirnya, kebanyakan dari kita masih dikendalikan oleh uang.

Yang menyebabkan banyak sekali permasalahan keuangan yang menghampiri kita. Mulai dari susah sekali untuk menabung setiap bulannya, tidak punya rencana bagaimana ke depannya.

Jika kita tidak bisa pintar-pintar dalam pengelolaan keuangannya, pasti keuangan kamu sering sekali deh menjadi akar permasalahan dalam hidup kamu. Disentil sedikit soal uang, wah kamu bisa marah-marah nih.

Bisa-bisa kamu berkeluh kesah bahwa pemerintah tidak adil, masa freelancer tidak pernah diperhatikan.

Padahal, fasilitas untuk mempermudah kehidupan kamu sudah banyak, hanya saja kamu belum tahu atau belum bijak dalam menggunakannya.

Para Freelancer, Penghasilan Tidak Tetap Perlukah Berinvestasi 1 Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengamankan Keuangan Freelancer Supaya Karir Lebih Stabil]

 

Selain itu, dengan kemudahan zaman, banyak juga yang beranggapan bahwa kartu kredit sebagai dana daruratnya.

Karena memang, freelancer pasti suatu saat akan membutuhkan uang dalam jumlah yang besar, akhirnya menggunakan kartu kredit sebagai jalan pintasnya.

Hanya saja, mindset soal kartu kreditnya ini masih kurang tepat. Karena kartu kredit bukanlah dana cepat, dana darurat atau cashnya kita.

Tetapi, kartu kredit hanyalah alat ganti pembayaran yang dimana kita harus wajib membayarnya jika tagihannya datang.

Apakah dari pernyataan-pernyataan di atas kamu berkata “lho kok tahu sih?”, jika iya, maka kehidupan kamu masih dikendalikan oleh uang. Apakah kamu ingin memegang kendali penuh terhadap keuangan kamu?

Kamu bisa lho memegang kendali keuangan kamu dari smartphone kamu. Caranya gampang banget, kamu langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa langsung mengatur keuangan kamu yang ditemani oleh perencana keuangan yang sudah ahli dalam bidangnya. Yuk, tunggu apalagi! Klik gambar untuk download aplikasinya!

playstore icon
appstore icon

 

Apa Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Untuk Mengubah Hidup Supaya Bisa Mengontrol Keuangan?

Setelah memahami bahwa selama ini hidup kamu selalu dikendalikan oleh uang, apa sebaiknya yang harus kamu lakukan supaya bisa mengendalikan keuangan?

Berikut adalah tips untuk kamu, sebagai seorang freelancer yang ingin bisa mengendalikan keuangannya.

 

#1 Sadar Akan Keuangan

Banyak orang belum sadar dan paham betul soal keuangannya. Padahal itu keuangannya sendiri, hanya dia dan rekeningnya yang tahu. Tetapi, masih banyak orang yang belum paham dengan keuangannya.

Ada yang beranggapan bahwa selama tidak punya cicilan, keuangannya masih sehat. Tetapi, saat di cek kondisi kesehatan keuangannya masih banyak rasio yang tidak ideal.

Ada juga yang beranggapan bahwa setiap bulan enggak pernah minjem, masih merasa sehat. Meskipun tabungannya tidak ada sama sekali.

Ada juga yang hobinya adalah nabung terus, tetapi saat di cek kesehatan keuangannya, masih banyak rasio yang tidak ideal.

Jadi, mengatur keuangan tidak hanya perihal suka menabung, tidak punya cicilan atau pun masih bisa bertahan sampai akhir bulan meskipun pas-pasan.

Tetapi mengatur keuangan menyangkut banyak hal, tidak hanya cash flow kamu yang harus sehat, tetapi cicilan dan aset-aset yang kamu miliki pun harus sehat.

Tertarik untuk mengenal keuangan kamu lebih dalam? Simak terus artikelnya ya.

 

#2 Berkenalan Dengan Keuangan Kamu

Gimana sih cara untuk bisa kenal dengan keuangan kamu? Kamu bisa mengenalnya dengan mengetahui kondisi keuangan kamu saat ini.

Caranya mudah sekali, kamu harus mulai mempraktikkan pencatatan keuangan harian kamu selama 3 bulan terakhir ini.

Fungsinya, mempermudah kamu untuk mengetahui bagaimana pengeluaran dan pendapatan rutin kamu jika di rata-ratakan.

Dari situ, kamu bisa langsung gunakan aplikasi Finansialku untuk pengecekan kesehatan keuangan lebih komprehensif lagi.

Dari data keuangan yang sudah kamu miliki, kamu bisa memasukkan datanya di menu cek kesehatan keuangan.

Kamu hanya perlu menghabiskan 5-10 menit untuk mengetahui kondisi keuangan kamu sebenarnya. Kamu bisa cek kondisi keuangan kamu dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Sudah kamu download kan?

Di aplikasi Finansialku, kamu akan menemukan gambar financial health check up, kamu bisa langsung klik icon tersebut dan mengisi form yang harus kamu isi. Isilah dengan sejujurnya, karena semakin jujur kamu mengisinya, maka hasilnya pun akan sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Interface Aplikasi Finansialku 1

Kamu cukup mengisi pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu ya. Jangan lupa mengisi aset-aset dan juga kewajiban yang kamu miliki.

Tidak perlu ragu untuk mengisi data di aplikasi ini, karena Finansialku sudah tersertifikasi ISO 27001 tentang kerahasiaan dan keamanan data.

Setelah kamu mengisi financial check up, kamu pun bisa langsung men-download hasil financial check up kamu dan bisa langsung kamu simpan atau bisa langsung tanyakan ke perencana keuangan di Finansialku.

Gambar di atas adalah contoh dari hasil financial check up melalui aplikasi Finansialku. Jadi, kamu bisa menanyakan lebih lengkap mengenai rasio-rasio yang tidak ideal ke perencana keuangan di Finansialku.

Cek kesehatan keuangan ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini dan apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki keuangan kamu.

Masih banyak teman-teman kita di luar sana yang bingung, bagaimana caranya memperbaiki keuangannya meskipun sudah mengikuti berpuluh-puluh akun finansial.

Mungkin, yang kamu butuhkan adalah pengecekan keuangan yang lebih komprehensif dan juga untuk tahu di mana letak akar masalah keuangan kamu. Jangan sampai sakit kamu itu DBD tapi malah dikasih obat diare.

Yuk, cek kesehatan keuangan kamu sekarang dan konsultasikan keuangan kamu pada perencana keuangan di Finansialku dengan cara men-download aplikasi Finansialku sekarang.

 

#3 Jangan Ragu Untuk Memulainya

Mungkin, kamu masih ragu dan maju mundur untuk mengenal keuangan kamu lebih dalam. Kamu tidak perlu ragu, karena semua orang pasti pernah mengalami kesalahan dalam keuangannya.

Jangankan kamu, saya pun pernah melakukan kesalahan keuangan dan yang saya lakukan adalah mengakui bahwa pengelolaan keuangan saya tidak tepat dan tidak akan membawa saya menjadi lebih bahagia apalagi sejahtera.

Maka, perencanaan keuangan ini hadir untuk membantu kamu untuk memberitahu bagaimana caranya kamu meraih kesejahteraan dan merangkul kamu untuk mencapai kebahagiaan.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Mulai Kendalikan Keuangan Kamu, sekarang !

Proses mengendalikan keuangan ini pasti memakan waktu yang tidak sebentar. Tetapi, jika kamu masih berada di track yang tepat, kamu bisa mengendalikan keuangan kamu dengan tepat.

Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu sebagai seorang freelancer, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan loh.

 

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store.
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara Pegang Kendali Penuh Keuangan Kamu Sebagai Seorang Freelancer.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang bagaimana cara Pegang Kendali Penuh Keuangan Kamu Sebagai Seorang Freelancer. Semoga bermanfaat!