Paket pelatihan kartu prakerja resmi disetop oleh otoritas terkait, ternyata ada empat catatan yang jadi masalah utama. Apa saja?

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Paket Pelatihan Kartu Prakerja Disetop

Paket pelatihan kartu prakerja disetop oleh Manajemen Pelaksana Proyek (Project Management Officer) terkait.

Artinya, tidak ada lagi paket bundling yang bisa dibeli oleh masyarakat yang memiliki kartu prakerja.

Keputusan ini tertuang dalam surat Prakerja S-148/Dir-Eks/06/2020 yang ditandatangani oleh Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana pada 30 Juni 2020 lalu.

“Bahwa yang dihentikan dari pelatihan Kartu Prakerja adalah pelatihan yang berbentuk paket bundling saja.” Kata Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Pra Kerja Panji Winanteya Ruky, dikutip laman finance.detik.com, Kamis (02/07).

Meski dihentikan, pihak Manajemen Pelaksana mengatakan kalau hal ini tidak akan memberikan dampak negatif terhadap program kartu prakerja secara keseluruhan.

“Program pelatihan Kartu Prakerja memiliki ribuan jenis pelatihan yang variatif, dan paket bundling yang dihentikan ini hanya sebagian kecil dari seluruh pelatihan yang ditawarkan, sehingga peserta pelatihan tetap memiliki kebebasan untuk memilih jenis pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka.” Kata Ruky, dikutip laman finance.detik.com, Kamis (02/07).

Yes! Insentif Kartu Prakerja Segera Cair, Catat Persyaratannya! 01

[Baca Juga: Yes! Insentif Kartu Prakerja Segera Cair, Catat Persyaratannya!]

 

Keputusan pelatihan kartu prakerja yang disetop ini dilakukan setelah tip MPO melakukan evaluasi, yang menghasilkan beberapa catatan, di antaranya adalah:

  • Beberapa mitra platform digital membuat dan menawarkan produk paket pelatihan yang terdiri dari beberapa jenis dan kelas pelatihan oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing-masing platform.
  • Tidak adanya mekanisme yang bisa memastikan kalau setiap peserta yang membeli paket pelatihan kartu prakerja telah menyelesaikan seluruh jenis atau kelas pelatihan setelah mendapatkan insentif tunai.
  • Dari catatan nomor dua, akhirnya mengakibatkan tidak ada laporan mengenai penilaian dari peserta pelatihan kartu prakerja mengenai instruktur, sarana prasarana, dan program pelatihan untuk satu atau beberapa jenis pelatihan yang ada dalam masing-masing paket.
  • Poin ketiga, akhirnya mengakibatkan manajemen pelaksana tidak bisa melaksanakan tugas untuk melakukan evaluasi terhadap satu atau beberapa jenis pelatihan yang ada dalam paket yang disediakan.

 

Terkait masalah yang ditemukan di atas, akhirnya pihak manajemen pelaksana pelatihan kartu prakerja, memutuskan untuk menyetop semua transaksi dan penjualan paket pelatihan yang ditawarkan mitra.

Mitra yang dimaksudkan dalam hal ini, di antaranya adalah Bukalapak, MauBelajarApa, PijarMahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academy by Ruangguru, dan Tokopedia.

“Kami minta agar Mitra platform digital melakukan seluruh langkah-langkah yang dianggap perlu terkait dengan keputusan tersebut. Termasuk dan tidak terbatas pada mencabut dan menghentikan penjualan paket pelatihan sebagaimana dimaksud di atas kepada seluruh peserta atau penerima manfaat Prakerja.” Kata

Untuk informasi tambahan, pembukaan pendaftaran kartu prakerja sudah mencapai gelombang tiga.

Hingga saat ini, terdapat penundaan dalam pembukaan pendaftaran gelombang 4, karena masih banyak yang belum mendaftarkan diri, terlebih masyarakat yang kena dampak langsung dari pandemi.

Pun pembukaan gelombang 4 belum terlihat hilalnya, mengingat pihak otoritas terkait masih menunggu Perpres diterbitkan.

Melansir laman cnbcindonesia.com, sejauh ini telah dilaksanakan tiga gelombang program kartu prakerja dengan total pendaftar telah mencapai 11,2 juta yang tersebar di 513 kabupaten dan kota di Indonesia.

Dari keseluruhan pendaftar itu, telah terpilih 680.918 peserta yang terbagi ke dalam tiga gelombang.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bijak Sikapi Insentif

Sobat Finansialku, mari kita manfaatkan bantuan dari pemerintah ini sebaik mungkin untuk menyambung hidup di tengah badai pandemi ini.

Kita sama-sama tidak tahu kapan badai ini akan berakhir dan memberikan kita kesempatan yang sama untuk berkegiatan saat pandemi belum menyerang.

Maka jangan sampai kesempatan berupa bantuan dari pemerintah ini disia-siakan dengan tidak melakukan pencatatan dan membuat anggaran keuangan, lho!

Manfaatkan dengan sebaik mungkin dana yang diterima dengan membaginya ke dalam pos-pos anggaran kebutuhan primer untuk menyambung hidup setidaknya sampai kita mendapatkan penghasilan tetap.

Mengatur keuangan memang sedikit merepotkan, apalagi bila dilakukan secara manual.

Kita harus benar-benar menyisihkan waktu yang cukup banyak, memastikan agar tidak daftar yang terlewat.

Pun kita tahu kalau kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk menghindari adanya kebocoran pengeluaran yang tidak disadari dapat merugikan bahkan membuat kebutuhan kita tidak dapat terpenuhi.

Tapi hal itu tidak akan terjadi apabila Sobat Finansialku menggunakan aplikasi Finansialku.

Tidak perlu lagi menyisihkan waktu yang sangat panjang hanya untuk mengatur anggaran bulan sekaligus mencatat keuangan yang terasa sangat melelahkan.

Karena semuanya dapat dilakukan dalam satu aplikasi saja. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengatur anggaran kebutuhan dan mencatat pengeluaran serta pemasukan setiap harinya!

Yuk, segera lakukan pencatatan keuangan dan pengaturan anggaran dengan aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store sekarang!

Mari kita buktikan seberapa efektif aplikasi Finansialku membantu kita mengatur arus keuangan kita menjadi lebih baik, dengan memanfaatkan premium gratis selama satu bulan untuk pengguna baru!

Setelahnya, apabila terbukti bisa membantu memperbaiki arus keuangan pribadi, Sobat Finansialku bisa memperpanjang masa premium selama satu tahun penuh hanya dengan biaya Rp 300.000 dengan memasukkan kode CUAN50!

Tunggu apa lagi? Mari kita buktikan sama-sama efektivitas aplikasi Finansialku untuk arus keuangan kita bersama-sama!

 

Apakah Sobat Finansialku punya pendapat mengenai paket pelatihan kartu prakerja yang resmi disetop mulai 30 Juni kemarin? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga berbagi pendapat bersama rekan dan keluarga dengan membagikan berita ini melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Roy Franedya. 25 Juni 2020. Kapan Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka? Nih Jawabannya!. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3imWm0B
  • Agung Sandy Lesmana. 02 Juli 2020. Banyak Masalah, Paket Pelatihan Kartu Prakerja Disetop. Suara.com – https://bit.ly/3eRL9mF
  • Trio Hamdani. 02 Juli 2020. Paket Bundling Pelatihan Kartu Pra Kerja Dihentikan, Ada Apa?. Finance.detik.com – https://bit.ly/38mukOb
  • Mutia Fauzia. 02 Juli 2020. Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja: Yang Dihentikan Paket Program Pelatihan!. Money.kompas.com – https://bit.ly/2BZX4Qu
  • Cantika Adinda Putri. 02 Juli 2020. Perhatian! Paket Pelatihan Kartu Prakerja Resmi Disetop. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2ZrmaQE