Pihak otoritas Kartu Prakerja umumkan pencairan insentif akan dilakukan minggu ini bagi peserta gelombang II, ketahui syarat pencairannya di sini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Syarat Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Kabar baik datang untuk para peserta Program Kartu Prakerja yang belum mendapatkan insentif.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengungkapkan pencairan insentif akan dilakukan minggu ini dan diberikan kepada peserta gelombang dua atau bulan kedua.

“Bagi peserta yang belum menerima [insentif] Rp 600 ribu gelombang kedua atau bulan kedua, ini baru diputuskan dalam rapat, bawah untuk minggu ini akan di-disburse (dibayarkan),” ujar Denni sebagaimana mengutip dari CNBC Indonesia, Minggu (28/06).

Dengan demikian, pemerintah akan memulai pencairan insentif pekan ini untuk peserta tahap 1 dan tahap 2. Setelah itu, disusul dengan pencairan insentif untuk peserta tahap 3.

Meski begitu, agar dana insentif bisa cair, nomor ponsel peserta harus sama dengan data ketika mendaftar, yang dapat dihubungkan dengan rekening dompet digital atau rekening virtual bank.

Selain itu juga, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pun harus sama persis dengan yang didaftarkan.

Sebelumnya, pemerintah lewat Kartu Prakerja menjanjikan Rp 3,55 juta kepada setiap pesertanya.

Sebesar Rp 1 juta dalam bentuk voucher untuk membeli paket pelatihan. Sisanya, Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan dan Rp 150 ribu untuk survei yang dilakukan sebanyak tiga kali.

Untuk mendapatkan insentif Rp 600 ribu peserta harus menyelesaikan pelatihan.

Sudah sewajarnya para peserta kartu prakerja menanti pencairan insentif ini. Tetapi, manajemen pelaksana kartu prakerja kembali menegaskan syarat-syarat pencairan.

Akhirnya! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Resmi Dibuka! 02

[Baca Juga: Ini Nih 5 Profesi yang Dibutuhkan Saat New Normal!]

 

Kali ini, manajemen mengunggah tips tersebut dalam laman IG prakerja.go.id. Ada lima syarat yang dipaparkan sebagai berikut:

  • Pertama, peserta sudah memberikan ulasan dan rating
  • Kedua, peserta harus memastikan rekening bank dan akun e-wallet yang tersambung dengan akun prakerja masih aktif.
  • Ketiga, NIK pada rekening ban dan akun e-wallet yang tersambung harus sama dengan NIK ketika mendaftar akun prakerja.
  • Keempat, pastikan akun e-wallet sudah diperbarui (upgrade).
  • Kelima, pastikan nomor handphone pada akun e-wallet tersambung dengan akun prakerja atau tidak diganti selama 5 bulan mendatang.

 

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, hingga saat ini, sudah dilaksanakan tiga gelombang program Kartu Prakerja dengan jumlah pendaftar mencapai 11,2 juta dari 513 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, dan sudah terpilih sebanyak 680.918 peserta.

Mengutip dari CNBC Indonesia, komposisi peserta juga sudah sesuai arahan Presiden RI untuk memprioritaskan mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Sebanyak 392.338 (58%) peserta merupakan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), pencari kerja sebesar 244.531 (35%), pelaku UMKM sebanyak 7.396 (1%), dan pekerja yang masih bekerja atau dirumahkan sebesar 36.653 (6%).

Sebanyak 573.080 peserta telah mengikuti pelatihan. Mereka memilih 1.222 jenis pelatihan, antara lain keterampilan bahasa asing terutama bahasa Inggris, keterampilan berwirausaha, pemasaran dan konten digital, bisnis kuliner, Microsoft Office dan banyak lainnya.

Sedangkan 477.971 peserta telah menuntaskan paling tidak satu pelatihan dan menerima sertifikat. Mereka yang telah menerima insentif ada sebanyak 361.209 peserta dengan total Rp 216.725 miliar.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Yuk Ubah Masa Depanmu!

Bisa jadi kamu adalah salah satu orang yang menerima PHK dan harus mengikuti program ini untuk mendapatkan pemasukan kembali.

Setelah PHK kemarin, kamu morat-marit cari penghasilan tapi uang tidak juga terkumpul. Rasanya pandemi ini malapetaka besar yang hadir dalam hidupmu.

Tapi tahukah kamu kejadian yang menimpamu ini bisa jadi karena pengaturan keuanganmu yang buruk?

Jika hari ini kamu merasa sudah di-PHK, kehabisan uang pula, maka pengaturan keuangan yang tidak baik bisa jadi penyebabnya.

Karena seberapa banyak pun uang yang kamu terima atau hasilkan, pengaturan keuangan yang tidak baik hanya akan membuat uangmu habis.

Sebaliknya, seberapa kecil pun pendapatan kamu, jika kamu bisa mengaturnya dengan baik, kamu bisa hidup di esok hari.

Oleh sebab itulah, literasi keuangan sangat penting baik untuk perorangan, keluarga, hingga perusahaan.

Dengan alasan ini, aplikasi Finansialku hadir! Tujuan utama dari Finansialku adalah untuk membuat semua masyarakat Indonesia MELEK FINANSIAL.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pribadi yang bisa membantu kamu mengerti, bertanya, bahkan mengaplikasikannya dalam keuangan kamu.

Dilengkapi dengan fitur-fitur yang keren, seperti; catatan keuangan (masuk, keluar, transfer), Platform edukasi keuangan (artikel, video, podcast), Cek Kesehatan Keuangan, hingga Konsultasi Keuangan, aplikasi Finansialku menjadi satu-satunya aplikasi perencana keuangan yang telah tercatat dan diawasi OJK serta mengantongi sertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data penggunanya.

Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku

 

Aplikasi keren ini mudah kamu dapatkan melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store lho!

Kamu bisa nikmati seluruh fiturnya gratis dengan upgrade akun kamu ke premium seharga Rp 350 ribu untuk SATU TAHUN! Harga ini sangat ekonomis dibandingkan dengan hasil yang akan kamu dapat nantinya.

Duh, boro-boro bayar deh, buat makan aja gak ada.. Tenang! Kalau kamu mau gunakan aplikasi ini, kamu bisa gunakan free trial aplikasinya bagi pengguna baru selama 30 hari.

Ketika kamu bisa mengatur uangmu dengan baik selama satu bulan, kamu bisa upgrade aplikasi Finansialku ke premium satu tahun dan masukkan kode CUAN50 untuk dapatkan potongan Rp 50 ribu.

Ekonomis sekali bukan? Kamu hanya perlu menyisihkan uangmu kurang dari SERIBU rupiah per harinya!

Catat yuk kodenya untuk lebih ekonomis dan coba aplikasi Finansialku sekarang sebelum menyesal!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang berita Kartu Prakerja di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Thea Fathanah Arbar. 27 Juni 2020. Cek Rekening! Insentif Peserta Kartu Prakerja Cair. Cbncindonesia – https://bit.ly/384VzN8
  • Hadjah Alaydrus. 27 Juni 2020. Insentif Kartu Prakerja Segera Cair, Peserta Wajib Ikuti Syarat Ini! Bisnis.com – https://bit.ly/3dEwr0W

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Pra Kerja – https://bit.ly/3i9zD83