Pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 dibuka jam segini. Siap-siap pasang alarm agar tidak terlewat!

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Sobat Finansialku bisa membaca berita di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Habis Lebaran, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka

Setelah sempat tertunda beberapa minggu, pendaftaran prakerja gelombang 4 di situs resmi ww.prakerja.co.id resmi dibuka hari ini, Selasa (26/05).

“Gelombang 4 akan dibuka pada 26 Mei, begitu setelah lebaran langsung dibuka. Setelah Lebaran, masih kenyang makan ketupat, bisa mainkan handphone-nya untuk daftar Kartu Prakerja.” Begitu kiranya ucap Denni P. Purbasari, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja pekan lalu, dikutip laman money.kompas.com, (26/05).

Sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, Kartu Prakerja ini diprioritaskan untuk para pendaftar yang diusulkan oleh Kementerian atau Kelembagaan, termasuk di dalamnya adalah pekerja yang terkena dampak langsung dari pandemi.

“Mereka yang tercatat di-PHK, dirumahkan, yang bekerja di sektor pariwisata dan industri. Ini, ‘kan datanya sudah diberikan ke kami, ternyata belum banyak dan yang daftar Kartu Prakerja. Jadi dengan perpanjangan ini, harapannya kita bisa melengkapi data yang ada di sistem.” Ujarnya.

Akhirnya! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Resmi Dibuka! 02

[Baca Juga: Duh! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Ditunda, Kenapa?]

 

Tapi meski begitu, para peserta lain diharapkan untuk tidak khawatir tidak kebagian mendapatkan bantuan pemerintah yang satu ini.

Karena rencananya, bantuan ini akan dilaksanakan hingga akhir tahun, sebanyak 30 gelombang.

“Tahun ini sekitar 30 gelombang. Jadi masih banyak. Jadi kita sengaja bertahap, kenapa tidak langsung buka saja 5,6 juta peserta di awal? Karena kita mempertimbangkan kecepatan informasi dan kemampuan server kita yang juga terbatas.” Papar Denni, dikutip laman money.kompas.com, Selasa (26/05).

Sementara untuk pembukaan pendaftaran, rencananya akan dibuka setiap pekan, dari hari Senin pukul 08.00 sampai Kamis pukul 16.00 WIB, sebagaimana melansir laman cnnindonesia.com, Selasa (26/05).

Sementara itu, proses pendaftaran untuk peserta yang sebelumnya telah membuat akun, hanya perlu login di situs www.prakerja.go.id dan langsung memilih gelombang selanjutnya, yaitu gelombang 4.

Adapun untuk para pendaftar baru, harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Membuat akun prakerja dengan memasukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru.
  • Membuka email yang didaftarkan, buka kotak masuk dari Kartu Prakerja, dan lakukan sesuai petunjuk untuk konfirmasi akun.
  • Login dengan email dan kata sandi yang sudah didaftarkan, memasukkan nomor KTP dan tanggal lahir.
  • Setelah itu, isi formulir kartu prakerja dengan lengkap dan sesuai dengan data yang sebenarnya, termasuk foto KTP dan foto selfie dengan KTP.
  • Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS.
  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar (Bila perlu, siapkan terlebih dahulu alat tulus dan kertas kosong).
  • Tunggu email pemberitahuan setelah menyelesaikan tes.
  • Setelah pemberitahuan masuk ke email, segera kembali login dan gabung ke gelombang yang terbuka.
  • Setelah bergabung, Sobat Finansialku hanya perlu menunggu pengumuman selanjutnya, apakah lolos atau tidak.

 

Segera Anggarkan!

Sebagaimana kita ketahui, dana yang kita terima dari Kartu Prakerja tentu bertujuan untuk membantu kita memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, sebisa mungkin, setelah mendapatkan informasi kalau Sobat Finansialku termasuk ke dalam peserta yang mendapatkan bantuan, jangan lupa untuk segera anggarkan dananya, ya!

Pastikan dana tersebut bisa diatur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama belum mendapatkan pemasukan lain selain dari Kartu Prakerja.

Mengatur anggaran tentu harus dilakukan secara hati-hati, oleh karena itu, daripada mengaturnya di luar kepala yang bisa saja terlupakan beberapa hari kemudian, lebih baik manfaatkan fitur ‘Anggaran Keuangan’ di aplikasi Finansialku.

Pantengin HPmu! Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja 01

[Baca Juga: Inilah 5 Tips Membuat Anggaran Keuangan, Sudah Tahu?]

 

Dengan menggunakan aplikasi Finansialku dalam mengatur anggaran keuangan, Sobat Finansialku bisa dengan mudah membaginya ke dalam beberapa pos penting di aplikasinya.

Selain itu, Sobat Finansialku bisa membagi anggaran untuk semua pos yang ada semau Sobat Finansialku, agar bisa sesuai dengan biaya yang dimiliki.

Oleh karena itu, segeralah mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple Apps Store dan manfaatkan free trial premium selama 30 hari sekarang!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

DONASI

 

Apakah di antara Sobat Finansialku, ada yang sudah pernah lolos dan mendapatkan bantuan kartu prakerja ini? Berminat untuk membagikan pengalamannya di kolom komentar?

Sobat Finansialku juga bisa membagikan informasi penting ini secepatnya pada rekan dan keluarga yang membutuhkan melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Mutia Fauzia. 26 Mei 2020. Rencananya, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini. Money.kompas.com – https://bit.ly/3d5SmhV
  • Alif Nur Fitri Pratiwi. 26 Mei 2020. Jam Berapa Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka? Cek prakerja.go.id dan 4 Alasan Gagal Seleksi. Surabaya.tribunnews.com – https://bit.ly/2ywQkIA
  • Admin. 26 Mei 2020. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2M14Ag2

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Prakerja 01 – https://bit.ly/2zyHGtJ
  • Kartu Prakerja 02 – https://bit.ly/2TGyE4y