Menyambut era new normal, ternyata ada profesi yang akan sangat dicari lho! Apa saja itu? Apakah harus beralih pekerjaan?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Profesi Paling Dicari di Era New Normal

Tak bisa dipungkiri di era new normal ini lini kehidupan akan berjalan lagi meskipun ada beberapa pengetatan aturan.

Menjaga jarak dengan kerumuan, memakai masker jika bepergian serta menerapkan hal lain dari protokol kesehatan.

Kebiasaan manusia seakan dituntut untuk bisa beradaptasi terhitung saat langkah pertama keluar rumah, di dalam transportasi umum dan seterusnya.

Kita sama tahu, virus corona atau Covid-19 ini menyulitkan banyak pihak. Sebagian orang sulit untuk mendapat kerja, sebab perekonomian sedang koyak.

Gelombang PHK terjadi di berbagai sektor. Meski begitu, kita tak patut putus asa.

Perlu diketahui, Sobat Finansialku, ternyata ada beberapa jenis profesi yang sangat dibutuhkan di era yang disebut new normal ini.

Dengan kata lain, kamu akan memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan baru jika kamu sudah memiliki keterampilan tertentu. Terutama skill digital.

5+ Strategi Untuk Mengubah Hobi Menjadi Profesi yang Menghasilkan Uang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal!]

 

Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Ketenagakerjaan, Anton J. Supit mengatakan selama pandemi banyak perubahan kebiasaan kerja di banyak sektor.

Di mana layanan dokter kini sudah bisa diakses dengan mudah dengan layanan digital, dan banyak lainnya. Itu artinya, pekerjaan sektor digital makin dibutuhkan saat orang menuju hidup New Normal.

“New normal, yang berkembang adalah menuju digitalisasi, tapi memang tak semua bisa digitalisasi,” Tuturnya mengutip dari CNBC Indonesia, Rabu (10/06).

“Setelah digital, sektor pertanian yang juga tak kalah penting, orang bisa pesan digital tapi bagaimana hasil produksinya,” tambahnya.

Nah, Sobat Finansialku, berikut adalah 5 besar profesi paling dicari oleh perusahaan, melansir dari CNBC Indonesia dan beberapa sumber lainnya;

 

#1 Profesi Digital Marketing

Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital.

Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan.

 

#2 Profesi Cybersecurity

Jika terjadi kejanggalan seperti misalnya proses transaksi kartu kredit yang nggak sesuai dengan prosedur, maka Cyber Security memiliki kewajiban mempertemukan staf teknis, hukum, dan operasi bisnis untuk mendiskusikan tindakan yang perlu diambil untuk permasalahan ini.

 

#3 Profesi Data Analysis

Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Pada praktiknya, terdapat berbagai macam Data Analyst dilingkungan pekerjaan seperti Operations Analysts, Marketing Analysts, Financial Analysts, dan lain-lain.

Menurut glassdoor.com, standar gaji data analyst tahunan rata-rata untuk entry-level adalah sekitar US$ 34.500 atau sekitar Rp 486 juta, lho! Wow!

 

#4 Profesi Basic IT Support

Profesi satu ini sangat berhubungan erat dengan komputer. Adapun yang harus kamu kerjakan di bidang ini ialah memastikan komputer yang dipakai oleh user dapat berfungsi normal atau berjalan seperti seharusnya.

Selain itu juga, kamu harus memastikan komputer yang dipakai oleh user terhubung ke jaringan dan dapat berkomunikasi dengan baik serta memastikan pada aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh user berjalan dengan baik.

 

#5 Web/App Design dan Development

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Sedangkan Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah halaman web tampak begitu “cantik”.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Belajar Lewat Internet

Nah, Sobat Finansialku, kelima profesi itu tentu sangat membutuhkan keterampilan atau skill spesifik. Apakah kamu sudah memilikinya?

Jangan khawatir jika belum menguasainya, ada berbagai cara untuk mempelajarinya, tentu, lewat internet. Ibarat pepatah: carilah ilmu sampai kuota habis.

Sobat Finansialku juga bisa menambah ilmu keuangan dengan mengikuti kelas-kelas online yang diselenggarakan Finansialku.

Selain webinar gratis yang tayang setiap hari Jumat di youtube Finansialku, ada juga kursus-kursus online yang bisa Sobat Finansialku ikuti.

Klik tombol berikut untuk cari tahu kelas online dan event terdekat dari Finansialku.

 

Cari Tahu Event dan Kelas Online Finansialku Terdekat

 

Yuk perbanyak ilmu di kesempatan ini!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibuan. 10 Juni 2020. 10 Profesi Paling Dicari di New Normal Covid-19. CNBC Indonesia – https://bit.ly/3dNxDje
  • Luthfi Rahmadian. 06 Desember 2019. Profesi Cyber Security Sepi Peminat, Padahal Dibutuhkan di Masa Depan. Cek Dulu 5 Tugasnya ini. – https://bit.ly/2zhmNTA
  • John Patrick Manuwu. 21 Agustus 2017. Data-driven VS Data-informed, Apa Saja Perbedaannya?. – https://bit.ly/3cLfsJT
  • Admin. 01 Agustus 2018. Digital Marketing: Panduan Lengkap bagi Pemula. Dewaweb.com – https://bit.ly/30t3zG0
  • Admin. 01 Oktober 2017. Web Developer, Web Designer dan Webmaster. Rumahweb.com – https://bit.ly/2UtrPUl

 

Sumber Gambar:

  • Job Seeker – https://bit.ly/2MN4qcg