Siapa bilang “new normal” merupakan ancaman? Ingat, selalu ada peluang bisnis di balik setiap kejadian.

Sebentar lagi “new normal” akan segera diberlakukan!

Dengan adanya perubahan perilaku masyarakat selama era tersebut, kamu harus pintar menangkap peluang bisnis baru.

Apalagi kalau kamu baru saja ingin membuka usaha. Simak beberapa ide bisnis ala Finansialku yang dapat kamu lakukan di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Perubahan Perilaku di Era Normal yang Baru

Mewabahnya Covid-19 memukul keras sektor ekonomi dunia termasuk Indonesia. Sejak diberlakukannya Work From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah tempat hiburan, pusat perbelanjaan, transportasi antar kota, hotel, bahkan kantor tutup.

Dengan kata lain, omzet usaha global menurun, tingkat pengangguran serta kemiskinan meningkat, dan Indonesia terancam memasuki krisis ekonomi.

Untuk menghindari krisis ekonomi tersebut, pemerintah Indonesia memberlakukan “new normal” selama vaksin dan obat untuk Covid-19 belum ditemukan.

Pada era “new normal” ini, masyarakat diperbolehkan untuk menjalani rutinitas seperti biasa dengan catatan harus mengikuti protokol yang ditetapkan.

Beberapa protokol tersebut adalah pembatasan jumlah orang yang berkumpul dalam satu tempat, wajib memakai masker di tempat umum, dan pemeriksaan suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung perkantoran, sekolah, dan pusat perbelanjaan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Peluang Bisnis Saat “New Normal”

Walau sekolah, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan sudah mulai dibuka dan kegiatan perkantoran akan kembali berjalan, namun rasanya masyarakat akan tetap meminimalkan kegiatan di luar rumah.

Selain untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 lebih cepat, masyarakat juga masih ragu kalau-kalau kondisi di luar sana nyatanya masih belum aman.

Sebetulnya keadaan seperti ini memiliki keuntungan tersendiri loh untuk para pebisnis. Melihat perubahan perilaku masyarakat, maka kamu harus jeli menangkap peluang usaha yang ada.

Berikut peluang bisnis yang dapat kamu lakukan saat “new normal”!

 

#1 Frozen Food

Permintaan produk frozen food akan semakin meningkat saat “new normal”. Pasalnya, banyak orang akan berpikiran untuk menyimpan makanan lebih lama agar intensitas keluar rumah dapat diminimalkan.

Ditambah, banyak orang tidak piawai memasak. Makanan siap saji yang tahan lama seperti frozen food merupakan pilihan yang tepat.

Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal! 02

[Baca Juga: Jangan Salah! Ikuti 5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Berikut Ini]

 

Masyarakat akan berpikir bahwa mereka tak perlu pergi ke tempat makan bertemu orang banyak atau repot-repot memasak bahan mentah.

Cukup beli frozen food untuk diantarkan ke rumah lalu tinggal dipanaskan, deh! Simple, kan?

Kamu bisa memilih peluang usaha frozen food seperti bakso, dimsum, risol, katsu, sosis keju, dan sebagainya.

 

#2 Peluang Bisnis Masker Kain

Sesuai dengan protokol yang ditetapkan pemerintah, masyarakat wajib menggunakan masker sehari-hari ketika berada di tempat umum.

Dengan kata lain, permintaan konsumen terhadap produk masker akan meningkat sehingga ini merupakan saat yang tepat untuk kamu berbisnis masker!

Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal! 03

[Baca Juga: Begini Cara Ampuh Jadi Wirausaha Muda Mandiri, Mau Tahu?]

 

Tak perlu membuat masker berstandar medis seperti masker para dokter di Rumah Sakit. Masker kain saja sudah cukup untuk mencegah droplet virus dari orang-orang di sekitarmu.

Cobalah untuk memilih kain dengan bahan tebal dan tahan air lalu gunakan kreativitasmu dalam mempercantik masker tersebut.

Jangan salah, kini masker dapat menjadi aksesori sebagai salah satu fashion item juga, loh! Jadi pastikan masker buatanmu menarik dan tak membosankan.

 

#3 Peluang Bisnis Minuman Ramuan Herbal

Walaupun masyarakat akan kembali beraktivitas normal, namun imunitas harus tetap dijaga saat “new normal” diberlakukan.

Maka dalam kesehariannya, masyarakat akan mulai rutin mengonsumsi produk-produk kesehatan yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi minuman ramuan herbal.

Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal! 04

[Baca Juga: UMKM, Inilah Tips Supaya Bisnis Tetap Bertahan Selama Covid-19]

 

Kalau dulu mau minum jamu harus tunggu tukang jamu keliling, sekarang kamu bisa jualan jamu modern via online 24 jam!

Ramu jamu buatanmu dalam kemasan siap minum agar praktis diminum setiap hari.

Pastikan kandungannya bermanfaat tinggi, rasanya enak, dan kemasannya menarik ya.

 

#4 Layanan Belanja Online

Ketika physical distancing dilakukan, orang akan cenderung malas untuk pergi ke pusat-pusat keramaian terlalu sering. Untuk itulah, kamu dapat membuat layanan belanja online.

Tips Belanja di Supermarket yang Aman Saat Pandemi Corona 03

[Baca Juga: Ibu VS Keuangan: 6 Tips Bertahan di Tengah Pandemi]

 

Di sini, kamu tidak menjual barang namun menjual jasa pembelian. Misalnya saja, kamu menjadi perantara para ibu rumah tangga membeli bahan mentah masakan seperti sayuran dan daging.

Maka, kamu hanya perlu mencatat kebutuhan sayur setiap keluarga secara online lalu membelinya di pasar dan mengantarkannya.

Atau, buat mereka yang masih sulit traveling ke luar kota, kamu dapat menawarkan jasa titip oleh-oleh dan bekerjasama dengan pusat oleh-oleh di beberapa kota. Menarik, bukan?

 

#5 Peluang Bisnis Home Leisure Wear

Memang benar jika masyarakat akan mengurangi niat pembelian barang, termasuk produk fashion karena lebih mengutamakan menabung di tengah kondisi yang tidak pasti seperti “new normal”.

Tapi jangan salah, tren “home leisure wear” justru akan meningkat.

Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal! 05

[Baca Juga: Usaha Gagal? Mungkin Anda Belum Tahu 7 Seni Memulai Usaha Ini]

 

Masyarakat akan mulai sering berada di rumah dan ingin tetap terlihat menarik. Selain menjadi lebih betah di rumah, dengan tren ini, masyarakat juga dapat tetap menggunggah OOTD nya di media sosial.

Cobalah untuk menjual piyama, daster, sandal tidur, dan perlengkapan fashion rumahan lainnya yang berbeda! Tren fashion nampaknya akan mengalami perubahan ya.

 

#6 Coffee at Home/Office

Kebutuhan ngopi tak pernah ada matinya. Entah itu untuk sekedar nongkrong bareng teman, meeting dengan client, atau sekedar peneman saat kerja sendirian.

Perlu diingat bahwa saat “new normal”, coffee shop akan membatasi jumlah pengunjung. Jadi bisa saja kamu susah kebagian tempat.

Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal! 06

[Baca Juga: Tengah Pandemi, Kopi Kenangan Malah Dibanjur Investor Ternama]

 

Untuk mencegah hal itu, kamu bisa menjual produk kopi kemasan siap minum. Orang dapat membeli kopimu untuk diminum saat kumpul di rumah teman atau meeting di kantor.

Tawarkan beragam varian dengan kemasan menarik seperti botol kaca. Dijamin orderan numpuk!

 

New Normal, New Business!

Covid-19 telah menghancurkan berbagai sektor bisnis. Tapi bukan berarti semua usaha akan mati. Di balik krisis yang terjadi, kamu harus jeli melihat peluang bisnis yang memiliki potensi berkembang di masa-masa seperti ini.

Selain itu, jangan lengah dalam berinovasi. Karena pengusaha sejati selalu kaya akan pemikiran cerdas untuk tetap survive dalam berbagai keadaan! Situasi boleh sulit, tapi usaha tetap berjalan.

Kalau kamu galau mengenai masalah permodalan dan keuangan untuk menjalankan peluang bisnis di atas, kamu bisa ‘curhat’ dengan ahli keuangan kami melalui Fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Caranya mudah!

  1. Download aplikasi Finansialku melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store
  2. Daftarkan diri kamu
  3. Klik menu ‘Konsultasi Keuangan’
  4. Pilih CFP yang ingin kamu jadikan teman curhat keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Aplikasi Finansialku adalah satu-satunya aplikasi perencanaan keuangan di Indonesia dan sudah terdaftar di OJK. Tidak hanya konsultasi, kamu juga bisa mencatat, menganggarkan, merencanakan, hingga belajar keuangan sampai cek kesehatan keuanganmu.

Yuk coba aplikasinya sekarang! Untuk pelanggan baru, kamu bisa dapatkan free trial akun Premium selama 30 hari penuh!

Buat yang sudah punya akunnya, aku mau kasih promo potongan harga Rp 50 ribu untuk berlangganan selama satu tahun! Cukup masukkan kode referral CUAN50 aja!

 

Sekian ulasan mengenai peluang bisnis yang dapat kamu lakukan saat “new normal”. Apakah kamu tertarik? Tuliskan tanggapan atau pengalamanmu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat. Selamat berbisnis!

 

Sumber Referensi:

  • Radika K Cahyadi. 23 April 2020. Peluang Usaha di Tengah Pandemi Corona. Gadjian – https://bit.ly/2Apofn1

 

Sumber Gambar:

  • Peluang Usaha 1 – https://bit.ly/2XFMJ3A
  • Peluang Usaha 2 – https://bit.ly/2TPOiuq
  • Peluang Usaha 3 – https://bit.ly/2ZNWz5X
  • Peluang Usaha 4 – https://bit.ly/2ZMEpBB
  • Peluang Usaha 5 – https://bit.ly/2AgOe0a
  • Peluang Usaha 6 – https://bit.ly/2ZMkNxs