Ingin tau bagaimana caranya mengatur keuangan dengan hobi pelihara ikan hias? Temukan cara ampuh untuk mengatur keuanganmu.

Yuk… simak artikel berikut ini, selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Hobi Pelihara Ikan Hias

Salah satu cara untuk memanjakan diri setelah letih dengan banyaknya pekerjaan adalah dengan melakukan hobi kamu.

Hanya saja beberapa hobi tak jarang membutuhkan cukup banyak biaya, salah satunya ialah hobi memelihara ikan hias.

Yapss… beberapa jenis ikan hias memang memiliki harga yang begitu fantastis, sebut saja diantaranya ialah jenis ikan Nami Green Arwana yang dibanderol dengan harga Rp 70 juta, ataupun ikan Arwana Platinum yang harganya bisa mencapai Rp 5,5 miliar.

Nah mengingat ikan hias kebanyakan dijual dengan harga yang tinggi, maka kamu tentu perlu lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan sendiri.

Hal ini bertujuan agar pengeluaran untuk memenuhi hobi tidak sampai mengganggu kebutuhan lainnya, terlebih kebutuhan primer kamu.

Lalu bagaimana cara tepat untuk mengatur keuangan bagi kamu yang memiliki hobi pelihara ikan hias?

Berikut tips ala Finansialku yang bisa kamu lakukan dari sekarang!

 

#1 Budgeting

Tidak jarang uang yang dimiliki tanpa terasa habis untuk memenuhi hobi yang dimiliki, sehingga kebutuhan lainnya menjadi terganggu.

Hal ini bisa terjadi pada siapa saja karena mereka tidak membatasi anggaran yang dibutuhkan sebagai pengeluaran hobinya.

Maka dari itu, budgeting menjadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara yang dapat kamu lakukan adalah membatasi atau mulai memperkirakan berapa jumlah dana yang nantinya akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hobi kamu.

Ini Cara Mengatur Keuangan Bagi yang Hobi Pelihara Ikan Hias! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Passion dan Hobi, Penting Lho untuk Masa Depanmu!]

 

Hal ini harus segera dilakukan saat kamu menerima gaji, dan kemudian selama sebulan kedepannya kamu sebisa mungkin hanya menggunakan uang sejumlah yang telah direncanakan.

Selain untuk memenuhi hobi, kamu juga bisa budgeting dana yang akan kamu gunakan untuk keperluan lainnya, seperti belanja kebutuhan pokok bulanan.

Nah… sebelum teknologi berkembang seperti saat ini, orang yang ahli dalam mengatur keuangan biasanya mencatat budget keuangannya dalam sebuah buku catatan.

Namun saat ini terdapat cara paling praktis yang bisa kamu gunakan untuk budgeting, yaitu dengan Aplikasi Finansialku. Dengan aplikasi ini kamu bisa merencanakan berapa biaya yang kamu butuhkan untuk masing-masing kebutuhan kamu, termasuk untuk memelihara ikan hias.

Lebih kerennya lagi, Aplikasi Finansialku nantinya akan memberi notifikasi atau pengingat bila jumlah anggaran untuk memenuhi hobi kamu tinggal sedikit lagi.

Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih konsisten untuk urusan pengelolaan dana pelihara ikan hias. Yuk dapatkan Aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

playstore icon
appstore icon

 

#2 Bergabung dalam Komunitas Ikan Hias

Bergabung dalam sebuah komunitas yang memiliki kesamaan hobi juga termasuk salah satu cara yang ampuh untuk mengatur keuangan kamu lho

Banyak manfaat positif yang bisa kamu ambil dengan bergabung pada komunitas. Contohnya, ketika kamu berada di dalam sebuah komunitas, kamu jadi memiliki lebih banyak teman yang bisa diajak ngobrol dan menanyakan informasi penting seputar ikan hias.

Seperti tempat penjualan ikan hias yang bagus namun dengan harga yang murah, ataupun tempat yang menyediakan alat untuk merawat ikan hias dengan harga yang terjangkau.

 

#3 Ubah Hobimu Menjadi Bisnis

Hobi yang mahal memang membuat kita mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, namun apabila kamu mau serius dalam menekuninya, maka bukan hal yang mustahil bila hobi tersebut akhirnya berubah menjadi salah satu sumber penghasilan kamu.

Untuk yang hobi memelihara ikan hias, kamu dapat membangun bisnis yang berkaitan dengan ikan hias, seperti menjual ikan hias, menjual pakan ikan hias, hingga bisnis alat penunjang ikan hias.

Ini Cara Mengatur Keuangan Bagi yang Hobi Pelihara Ikan Hias! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Anti Bangkrut! Ini Cara Mengatur Keuangan yang Hobi Nongkrong!]

 

Dengan begitu, selain merasa senang karena bisa menjalankan hobi, kamu juga bisa meningkatkan pemasukan.

Nah… jika kamu hendak memulai bisnis, peran dari komunitas juga bisa membawa hal yang baik buat kelangsungan bisnis tersebut.

Dalam komunitas kamu bisa memperkenalkan usaha barumu, sehingga setidaknya kamu bisa lebih mudah untuk mendapat pelanggan.

 

#4 Hindari Berhutang

Salah satu cara memperoleh dana cepat dalam kondisi yang kritis adalah dengan melakukan pinjaman, baik kepada sebuah lembaga pembiayaan maupun kepada individu. Tetapi, meminjam uang karena hendak memenuhi hobi bukanlah sebuah hal yang tepat.

Alasan utamanya ialah karena hobi tidak termasuk dalam daftar kebutuhan utama, dan tentunya kamu masih bisa melakukan aktivitas dengan baik meskipun hobimu ditunda selama beberapa waktu. Selain itu, jika seseorang sampai berhutang karena hobi, maka kesehatan finansialnya akan sangat terancam.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Bijak Mengatur Keuangan

Sekarang kamu sudah tau bagaimana cara yang baik dalam mengatur keuangan, meski pun memiliki hobi pelihara ikan hias, kan?

Karena itu yuk mulai atur keuangan kamu dengan lebih bijak, agar hobi kamu tidak menjadi ancaman bagi kesehatan finansialmu.

Simak juga lebih banyak tips dari Finansialku seputar dana untuk menunjang hobimu!

 

Jangan lupa subscribe di Youtube Channel Finansialku juga ya!

 

Oh iya, untuk kamu yang belum tahu cara mengelola keuangan, Finansialku juga punya e-Book tipsnya lho!  Dapatkan sekarang juga ya….

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Apabila kamu memiliki tanggapan, silahkan menuliskannya dalam kolom komentar. Dan sempatkan untuk share artikel ini, agar semakin banyak pecinta ikan hias yang dapat mengatur keuangannya dengan baik.

 

Sumber Referensi:

  • Rina Dewi Lina. 06 November 2017. Mengatur Keuangan untuk Hobi. Rinadl.com – https://bit.ly/2YkMBH1
  • Elmi Rahmatika. 27 November 2019. 7 Ikan Hias Termahal di Dunia Senilai Miliaran Rupiah │Cupang SD Lewat. 99.co – https://bit.ly/2Yo198C

 

Sumber Gambar:

  • Ikan Hias 01 – https://bit.ly/2UYRmoJ
  • Ikan Hias 02 – https://bit.ly/2NcQRDm
  • Ikan Hias 03 – https://bit.ly/3djhUHv