Milenial, ikuti cara mengatur keuangan hobi nongkrong anti bangkrut ini. Jangan sampai hobi membuat keuangan jadi tidak sehat.

Artikel ini akan memberikan tips untuk mengatur keuangan khususnya bagi mereka yang hobi nongkrong.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Mengatur Keuangan yang Hobi Nongkrong

Baik alasan karena tidak enak telah diajak atau jarang ketemu, nongkrong menjadi salah satu budaya Indonesia yang tidak bisa dihilangkan. Namun tidak semua jenis nongkrong sehat, terutama untuk kondisi finansial.

Di bawah ini merupakan beberapa cara pengaturan keuangan yang dapat diterapkan untuk mereka yang hobi nongkrong agar kebutuhan hidup dapat berjalan seimbang.

 

#1 Batasi Waktu Nongkrong

Tanpa disadari, semakin sering Anda nongkrong, semakin besar pula dana yang Anda habiskan, seringnya Anda nongkrong juga terkadang tidak terasa.

Misalnya dalam 1 bulan Anda 10 kali nongkrong, itu berarti dalam 1 minggu Anda hanya nongkrong selama 2 hingga 3 kali saja.

Namun untuk dapat mengatur keuangan dengan baik, Anda harus mengatur frekuensi nongkrong. Membatasi frekuensi nongkrong adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatur keuangan dengan baik.

Anda dapat mengatur frekuensi nongkrong dengan perlahan sehingga tidak terlihat seperti menjauhkan diri. Mulailah dengan menongkrong hanya pada akhir pekan.

Anti Bangkrut! Ikuti Cara Untuk Mengatur Keuangan yang Hobi Nongkrong! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Simpel Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik! Pasti Bisa Kok!]

 

Perlahan, Anda dapat mengurangi frekuensi nongkrong hingga 2 kali dalam sebulan.

Jika setiap nongkrong Anda membutuhkan Rp 50 ribu, yang sebelumnya Anda dapat menghabiskan Rp 500 ribu untuk 10 kali nongkrong sekarang hanya menjadi Rp 100 ribu untuk 2 kali nongkrong.

Jumlah penghematan yang cukup besar, bukan?

 

#2 Tingkatkan Kualitas Nongkrong

Tidak semua jenis nongkrong mendatangkan manfaat yang sama. Ada jenis nongkrong yang berkualitas dan ada pula yang tidak.

Jika nongkrong dapat mendatangkan manfaat bagi Anda, misalnya untuk karir dan pengembangan diri, maka nongkrong tersebut dapat dibilang berkualitas.

Bukan berarti Anda menolak seluruh ajakan teman apabila menongkrong tidak berkualitas, namun Anda harus membatasinya.

Dengan menyeimbangkan waktu Anda, Anda akan lebih mudah menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat.

 

#3 Batasi Dana Untuk Hura Hura

Salah satu alasan mengapa keuangan sering berantakan karena hobi nongkrong adalah karena tidak ada batasan dana yang Anda terapkan pada diri Anda sendiri.

Sangat mudah untuk menghabiskan lebih dari yang Anda miliki karena terbawa suasana asiknya nongkrong.

Salah satu tips cermat yang dapat Anda lakukan adalah dengan hanya membawa uang tunai secukupnya ketika Anda nongkrong. Dengan cara ini, Anda akan terjaga dan tidak dengan mudah menjadi impulsif.

Bonusnya, Anda tidak akan diutangi karena uang yang Anda bawa pas-pasan. Hindari penggunaan kartu kredit ketika nongkrong karena pengeluaran akan lebih mudah membengkak karena kemudahan membayar dengan kartu kredit.

Anti Bangkrut! Ikuti Cara Untuk Mengatur Keuangan yang Hobi Nongkrong! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wujudkan Semua Mimpi Dengan Pandai Mengatur Keuangan]

 

#4 Mengetahui Jumlah Pemasukan Dan Pengeluaran

Anggaran dapat Anda ketahui setelah Anda mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran yang Anda dapatkan dan butuhkan.

Untuk mengatur keuangan dengan baik, sebaiknya Anda menyisihkan pemasukan sesuai dengan pos pengeluaran masing-masing.

Misalnya, Anda menyisihkan 50% pemasukan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari serta pembayaran cicilan, kemudian 20% dapat Anda tabung, 20% untuk investasi dan 10% untuk dana darurat.

Jika Anda ingin menyisakan dana untuk nongkrong, Anda dapat mengambil 5% dari pemasukan atau mengambil sisa dari sisihan 50% yang Anda alokasikan untuk pemenuhan kebutuhan.

Anda juga dapat mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran Anda melalui aplikasi Finansialku. Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

#5 Cari Dana Tambahan Hanya Untuk Nongkrong

Cara pintar mengatur keuangan untuk mereka yang hobi nongkrong? Bekerja ekstra demi nongkrong. Penghasilan tambahan akan membantu Anda nongkrong tanpa harus khawatir dengan kondisi keuangan Anda.

Cara ini akan membantu Anda untuk nongkrong dengan lebih bijak. Selain karena tidak mudah bekerja ekstra, dana tambahan tersebut memiliki jumlah yang pasti yang akan berkurang setiap Anda nongkrong.

Namun yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda tidak menggunakan penghasilan utama untuk nongkrong dan hanya menggunakan penghasilan tambahan.

Pekerjaan tambahan ini juga dapat dijadikan alasan untuk menolak ajakan nongkrong yang tidak berkualitas atau tidak Anda sukai lho!

 

#6 Fokus Untuk Masa Depan

Cara lain yang juga cukup efektif untuk mengatur keuangan adalah dengan memiliki tujuan keuangan. Tujuan keuangan dapat menjaga Anda untuk tetap on-track dan tidak menghabiskan lebih dari yang Anda miliki.

Anda mungkin memiliki cita-cita untuk masa depan seperti berkeluarga, memulai bisnis baru, traveling, membeli properti pertama atau menikah. Seluruh tujuan itu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Cara untuk mengumpulkan dana tersebut adalah dengan menabung dan dana untuk tabungan akan ada apabila Anda berhemat dan membatasi pengeluaran yang tidak penting.

Anti Bangkrut! Ikuti Cara Untuk Mengatur Keuangan yang Hobi Nongkrong! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Hari Persahabatan: Yuk Mengatur Keuangan Bersama Sahabat]

 

Hidup Seimbang Demi Masa Depan Cemerlang

Nongkrong bukanlah kebiasaan yang salah, namun jika keseringan, hal tersebut dapat berdampak negatif pada keuangan Anda.

Untuk itu, menyeimbangkan pengaturan keuangan dan kebiasaan nongkrong akan membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

 

Demikian tips dan cara untuk mengatur keuangan bagi mereka yang hobi nongkrong. Bagikan artikel di atas agar lebih bermanfaat dan bagi Anda yang memiliki pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Michael Agustinus. 18 Januari 2019. Milenial yang Hobi Nongkrong di Kafe, Yuk Atur Keuangan. – https://bit.ly/2SlOHUV

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Keuangan 1 – https://bit.ly/2xTxE5w
  • Mengatur Keuangan 2 – https://bit.ly/2zA5hcX
  • Mengatur Keuangan 3 – https://bit.ly/35QvD6N