Anda sedang merencanakan untuk pembukaan tabungan pendidikan?

Bingung mencari tabungan pendidikan untuk anak Anda? Finansialku punya rekomendasinya nih.

Dana Pendidikan sangat penting direncanakan sejak awal, karena tentunya setiap tahun biaya pendidikan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Maka dari itu sangatlah penting mempersiapkan dana pendidikan anak sesegera mungkin.

Untuk Anda yang ingin mempersiapkan dana pendidikan anak, Anda bisa memilih beberapa produk tabungan pendidikan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa jadi pilihan untuk Anda dalam mempersiapkan biaya sekolah anak. Apa saja?

Yuk simak artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pendidikan Untuk si Buah Hati

Sebagai orang tua, tentunya Anda mempunyai harapan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati Anda. Terkhusus dalam bidang pendidikan, Anda tentu ingin si buah hati mendapatkan pendidikan yang baik sejak TK, SD, SMP, SMA, bahkan hingga jenjang perkuliahan.

Mempunyai mimpi untuk memberikan pendidikan terbaik apalagi bisa sampai memberikan pendidikan diluar negeri tentu tidak mudah. Jangankan sekolah di luar negeri, di dalam negeri saja untuk mendapatkan pendidikan yang layak memerlukan biaya yang tentunya tidak sedikit.

 

Ketika Anda akan mempersiapkan tabungan pendidikan, Anda mungkin akan merasa bingung untuk memilih tabungan pendidikan yang mana dan apa saja persyaratannya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengambil produk tabungan pendidikan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan dalam mempersiapkan biaya sekolah anak.

 

#1 BNI Tapenas

Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak di BNI Tapenas, Anda dijanjikan manfaat asuransi yang bebas premi dan bunga 4 persen (rupiah) atau 0,50 persen (Dolar). Sementara itu, biaya administrasinya hanya Rp18 ribu atau US$3 tiap tahun.

Setoran bulanannya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta (kelipatan Rp50 ribu) atau US$20 hingga US$500 (kelipatan US$10). Nasabah juga boleh menambah dana di luar setoran bulanan. Selain itu, Anda juga bisa membuka lebih dari satu rekening BNI Tapenas.

 

Syarat-syarat buka BNI Tapenas cukup mudah. Berikut ini poin-poin yang harus dipenuhi.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia 17 hingga 65 tahun saat jatuh tempo.
  • Mempunyai identitas diri berupa KTP atau SIM atau Paspor.
  • Memiliki rekening BNI untuk autodebet ke BNI Tapenas seperti BNI Taplus, Bisnis Perorangan, Giro Perorangan, Dolar, hingga Giro USD Perorangan.

 

#2 Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga menawarkan tabungan pendidikan dengan bunga lebih besar ketimbang BNI Tapenas, yaitu 4,85 persen/tahun. Ditambah lagi, ada pemberian asuransi gratis yang memberi jaminan hingga Rp160 juta. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga tidak menetapkan batasan waktu. Jadi, anda bebas menentukan kapan tanggal jatuh tempo tabungan. Setorannya mulai dari Rp100 ribu per bulan.

3 Fakta Penting Dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan Kuliah di Luar Negeri0

[Baca Juga: 3 Fakta Penting Dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan Kuliah di Luar Negeri]

 

Syarat-syarat buka Tabungan Pendidikan CIMB Niaga adalah sebagai berikut.

  • Usia minimal 18 tahun.
  • Isi formulir pembukaan rekening.
  • fotokopi KTP
  • Mempunyai tabungan CIMB Niaga untuk pendebetan setoran bulanan.

 

#3 Tabungan Pendidikan Xtra

Termasuk tabungan pendidikan yang disediakan CIMB Niaga. Untuk Tabungan Pendidikan Xtra, CIMB Niaga memberikan bunga hingga 3 persen setahun. Tabungan ini mensyaratkan setoran awal Rp5 juta dan setoran rutin tiap bulan Rp500 ribu.

Jangka waktu menabungnya mulai dari 3, 5, 10, 15, hingga 20 tahun. Lalu ada biaya administrasi per bulan sebesar 5.000 ribu rupiah yang dimulai pada bulan ke-3 sejak pembukaan rekening. Sebagai tambahan, Tabungan Pendidikan Xtra mewajibkan adanya pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mendapatkan asuransi.

 

#4 Tabungan Rencana Bank Mandiri

Bank Mandiri menawarkan rencana tabungan pendidikan dalam bentuk Tabungan Rencana Bank Mandiri. Pemberian bunga dari tabungan ini bergantung pada lamanya jangka waktu menabung. Bunga maksimalnya mencapai 3 persen per tahun.

6 Rekomendasi Asuransi Pendidikan yang Menguntungkan! 03

[Baca Juga: Tips Jitu Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik 2020]

 

Dengan memilih Tabungan Rencana Bank Mandiri sebagai tabungan pendidikan, Anda akan dijanjikan mendapat keuntungan:

  • Gratis biaya administrasi.
  • Kebebasan mengubah setoran bulanan mulai dari Rp100 ribu atau US$10 per bulan.
  • Boleh menambahkan dana.
  • Jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Gratis asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan.

 

Penarikan dananya bisa anda tarik setelah lewat 1 tahun maksimal sebesar 30 persen. Bisa saja jika anda ingin menarik dananya lebih dari 30 persen. Tetapi, nanti anda akan dianggap tidak melanjutkan program tabungan rencana.

 

Untuk Persyaratan buka Tabungan Rencana Mandiri cukup mudah. Anda cukup mempersiapkan persyaratan sebagai berikut.

  • Rekening tabungan Bank Mandiri.
  • Usia dari 18 hingga 70 tahun
  • Mengisi formulir aplikasi, pernyataan kesehatan, dan surat kuasa pendebetan otomatis.

 

Pilihlah Tabungan yang Tepat

Itu dia pilihan produk tabungan dana pendidikan yang bisa Anda pilih untuk mempersiapkan dana pendidikan buah hati Anda di masa mendatang. Untuk pengingat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih tabungan pendidikan untuk buah hati Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat membuka tabungan pendidikan. Hal tersebut adalah bunga tabungan, apa manfaat asuransinya, mekanisme penarikan dananya, dan jumlah setoran yang perlu anda setorkan per bulannya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut,anda bisa memilih bank dan tabungan yang tepat. Selamat merencanakan tabungan pendidikan untuk buah hati anda!

Jika Anda masih bingung memilih tabungan mana yang cocok untuk Anda, Finansialku mempunyai solusinya. Aplikasi Finansialku mempunyai fitur konsultasi dimana Anda bisa berkonsultasi seputar masalah keuangan dengan Certified Financial Planner terpercaya.

Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda bisa mempertimbangkan tabungan mana yang sebaiknya Anda pilih untuk pendidikan anak Anda.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada teman-teman Anda supaya mereka juga paham. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:  

  • Boby. 6 Agustus 2018. Rencanakan Masa Depan Anak? Ini 4 Rekomendasi Tabungan Pendidikan Terbaik. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2Vhqod7