Memastikan anak meraih impian adalah cita-cita setiap orangtua. Oleh karena itu, memilih asuransi pendidikan terbaik adalah sebuah keharusan.

Artikel ini akan membahas cara untuk memilih asuransi pendidikan yang baik, bagus dan menguntungkan. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik 2020

Meningkatnya biaya pendidikan dari tahun ke tahun hanyalah satu dari banyaknya alasan Anda membutuhkan asuransi pendidikan untuk anak.

Selain berguna untuk mengantisipasi kenaikan biaya pendidikan, asuransi pendidikan juga merupakan tiket agar anak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas.

Checklist Dana Pendidikan_ Uangnya Udah Siap Belum_ 02

[Baca Juga: 6 Rekomendasi Asuransi Pendidikan yang Menguntungkan!]

 

Asuransi pendidikan merupakan sebuah komitmen Anda untuk menyediakan dana pendidikan untuk anak Anda kelak. Tentunya, tidak ada orang yang ingin berkomitmen sembarangan.

Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat.

 

#1 Menyesuaikan Pilihan Asuransi Dengan Kebutuhan Anak

Salah satu tujuan utama dari memiliki asuransi pendidikan adalah agar terkumpulnya dana pendidikan yang cukup untuk anak.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk Anda menyesuaikan kebutuhan anak dengan asuransi yang akan dipilih.

Jumlah dana yang dibutuhkan tentu bergantung dengan beberapa faktor. Hal pertama adalah memiliki bayangan kemana anak akan sekolah nantinya.

Sekolah swasta dan sekolah negeri, dalam dan luar negeri tentu membutuhkan biaya yang berbeda.

Yang kedua adalah mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pendidikan tersebut. Yang terakhir adalah dengan mengantisipasi kenaikan biaya. Kenaikan ini dapat dilihat dari kenaikan yang terdahulu.

Dengan ketiga cara ini, Anda akan lebih mudah mengetahui kebutuhan dana anak dan dapat menyesuaikan pilihan asuransi pendidikan dengan jumlah dana yang ditargetkan.

 

#2 Mengetahui Isi Polis Dengan Baik

Salah satu cara untuk memilih asuransi pendidikan dengan baik adalah dengan mengetahui apa manfaat dari asuransi pendidikan yang Anda pilih. Pertama adalah mengetahui apa risiko yang terlindungi.

Kedua adalah jumlah uang pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi ketika risiko terjadi. Ketiga adalah klausal dan kondisi yang dikecualikan oleh polis tersebut.

Selain ketiga hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan cara pengajuan klaim. Apakah klaim dapat dilakukan dengan mudah dan cepat? Anda dapat menanyakan hal ini dari klien lain atau keluarga dan teman.

 

#3 Memahami Risiko Asuransi Pendidikan

Setiap investasi pasti akan ada risikonya, begitu pula dengan sistem investasi pada asuransi pendidikan. Artinya, bisa saja target dana yang ‘dijanjikan’ tidak tercapai.

Untuk menentukan pada instrumen manakah dana akan diinvestasikan, biasanya Anda akan diberikan daftar perkiraan tingkat pertumbuhan investasi dan tingkat risiko.

Untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat, Anda harus menyesuaikan investasi dengan profil risiko Anda serta risk appetite atau kemampuan Anda menerima risiko.

 

#4 Memilih Agen Asuransi yang Tepat

Agen asuransi merupakan jembatan antara Anda dengan perusahaan asuransi. Keberadaan agen asuransi seharusnya menjadi penolong dan informan Anda.

Tetapi, walaupun begitu, banyak agen asuransi ‘nakal’ yang tujuannya hanya untuk mencari keuntungan sendiri.

Untuk itu, sebagai klien, Anda harus bersikap cermat. “Trust but verify” adalah sikap yang paling benar.

Info Beasiswa Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Ilustrasi Perhitungan Asuransi Pendidikan Ala Finansialku]

 

Seluruh info asuransi yang diberikan oleh agen dapat Anda cek kembali kebenarannya dengan mencari informasi sendiri atau dari agen lain.

Bersikap kritis dan skeptis terhadap agen asuransi adalah untuk keuntungan Anda sendiri. Selain itu, membaca polis juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghindari agen asuransi ‘misleading’.

 

#5 Mengenali Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Karena asuransi pendidikan adalah demi anak Anda, maka Anda tidak boleh sembarangan memilih perusahaan asuransi.

Anda perlu memperhatikan kesehatan keuangan perusahaan yang dilihat dari aset dan liabilitas serta kualitas tenaga kerja. Selain itu, pilih perusahaan asuransi dengan track record yang baik.

 

#6 Mengetahui Fasilitas Tambahan

Selain dana untuk pendidikan, banyak produk asuransi pendidikan yang memberikan fasilitas tambahan, seperti jaminan kesehatan. Fasilitas tambahan ini akan menguntungkan apabila tidak memotong biaya investasi pendidikan.

Periksa fasilitas tambahan yang dijanjikan oleh produk tersebut. Selain itu, hitung dengan cermat premi yang harus Anda keluarkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 

Modali Anak Anda dengan Asuransi Pendidikan yang Tepat

Asuransi pendidikan sebaiknya dimodali sejak anak berusia dini. Jangan sampai Anda terlambat dan menyesal nantinya. Selain itu, ingat untuk membeli asuransi yang sesuai dengan kemampuan Anda dan kebutuhan anak.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memutuskan asuransi pendidikan anak, Anda bisa menghubungi Perencana Keuangan Finansialku untuk konsultasi melalui fitur Konsultasi Keuangan dalam aplikasi Finansialku maupun menghubungi admin Finansialku via whatsapp di nomor +62 819-1151-6119.

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda lebih jelas dan mengerti cara untuk memilih asuransi pendidikan dengan tepat. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Rio. 16 Desember 2018. 5 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik 2019. Duwitmu.com – https://bit.ly/2GfeNCr

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik – http://bit.ly/2O6nbss