Dengan masuknya Kookmin Bank, Bank Bukopin optimis dalam menargetkan kinerja dan pertumbuhan bisnisnya.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Diambilalih Kookmin Bank, Ini Target Bisnis Bank Bukopin

Bank tersebar asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank resmi menjadi pemegang saham terbesar Bank Bukopin.

KB menyerap sekitar 2,97 miliar lembar saham baru selama masa perdagangan dan pemesanan tambahan HMETD.

Dengan begitu, KB akan resmi menjadi pemegang saham pengendali perseroan setelah pengumuman Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain KB, Bosowa Corporindo yang juga melaksanakan porsi HMETD nya dengan menyerap 1,09 miliar lembar saham.

Secara keseluruhan, Bukopin menerbitkan saham baru sejumlah 4.660.763.499 saham baru kelas B, sesuai dengan persetujuan pemegang saham yang diperoleh pada RUPS Luar Biasa tanggal 24 Oktober 2019.

Untuk itu, Bank Bukopin menyiapkan sejumlah strategi guna mendorong pertumbuhan bisnis perbankan selanjutnya.

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A. Purwantono mengaku, dengan masuknya Kookmin Bank pihaknya bisa lebih optimistis dalam menargetkan kinerja dengan adanya tambahan modal tersebut.

“Kookmin tidak mau berhenti di situ. Kookmin ingin menjadi mayoritas dengan menambahkan minimal 51% kepemilikan saham lewat komitmen penambahan modal lagi,” katanya mengutip dari Tribunnews, Selasa (04/08).

Tok! Rivan Purwantono RESMI Jadi Direktur Utama Bank Bukopin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Bank Terbaik Di Indonesia Dengan Aset Terbesar]

 

Malahan, bila dapat terlaksana, Kookmin berniat untuk mengincar porsi kepemilikan saham sebesar-besarnya 67% di Bank Bukopin.

Menurut Rivan, bila hal tersebut terlaksana maka rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Bank Bukopin bisa meningkat menjadi 17%.

Tentu, dari segi operasional dan rencana bisnis ke depan, dengan tambahan modal tersebut Bukopin bisa lebih tenang dalam berekspansi.

Ada beberapa target optimis yang ingin dicapai perusahaan. Antara lain kredit paling rendah diharapkan tumbuh 3% dan maksimal sampai 5% di tengah situasi pandemi Covid-19.

Sementara untuk dana pihak ketiga (DPK) diramal bisa terkerek naik hingga ke level 15% di penghujung tahun 2020.

Lalu, dengan masuknya pemegang saham baru ekuitas Bank Bukopin diharapkan juga akan ikut terkerek naik hingga sebanyak 33% secara year on year (yoy).

“Harapan kami laba juga akan tumbuh mencapai 18%,” kata Rivan.

Menurut Rivan, fokus bisnis Kookmin Bank sejalan dengan Bank Bukopin yang memiliki portofolio kredit mayoritas atau sebesar 57 persen di segmen UMKM.

Perseroan juga memiliki jaringan Swamitra yang jumlahnya hampir 511 unit dan 30 ribu PPOB (payment point online Bank Bukopin).

Kookmin Bank, imbuhnya, melihat potensi pasar di Indonesia, khususnya Bank Bukopin, lebih besar dari 3 negara di Asia Tenggara yang saat ini menjadi fokus pengembangan tersebut.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sekedar informasi, Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Konsumer dan UKM serta didukung oleh segmen Komersial.

Bank Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 162 kantor kas, sembilan kantor fungsional, 25 payment point, dan 834 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 04 Agustus 2020. Kookmin Jadi Pengendali, Bos Bukopin Yakin Kredit Tumbuh 5 Persen. Tempo.co – https://bit.ly/31dtHTS
  • Rahajeng Kusumo Hastuti. 04 Agustus 2020. Pasca Kookmin Jadi Pengendali, Ini Arah Bisnis Bukopin. Cnbcindonesiab.¬†https://bit.ly/2XnujVQ
  • Admin. 03 Agustus 2020. KB Kookmin Bank Resmi Jadi Pemegang Saham Terbesar BankBukopin. Radarjember.id – https://bit.ly/30nLwk0
  • Admin. 04 Agustus 2020. Usai Diambilalih Kookmin Bank, Ini Target Bisnis Bukopin. Tribunnews.com – https://bit.ly/39Vi6g1
  • Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang. 03 Agustus. Bukopin: Status Kookmin sebagai pemegang saham pengendali tunggu pengumuman OJK. Kontan.co.id – https://bit.ly/30ql9dh

 

Sumber Gambar:

  • Kookmin Bukopin – https://bit.ly/2D9uzkF