Lama tak terdengar, ternyata proses pemindahan ibu kota baru ditunda untuk fokuskan penyelesaian masalah pandemi.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pemindahan Ibu Kota Baru Ditunda!

Lama tak mendengar progresnya, pemerintah memutuskan untuk menunda program pemindahan ibu kota negara ke provinsi Kalimantan Timur.

Keputusan tersebut menyusul tujuan pemerintah yang akan memprioritaskan penyelesaian masalah pandemi Covid-19.

“Mengenai ibu kota negara, terutama untuk komunikasi pada tim rumusan koordinasi. Sampai hari ini ibu kota negara programnya masih di-hold,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa seperti dikutip dari Cnnindonesia, Rabu (09/09).

Meski terjadi penundaan pembangunan, kata Suharso, pemerintah tetap melanjutkan segala persiapan terkait pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

“Kami tetap melanjutkan masterplan, dan pembangunan infrastruktur dasar di kota penyangga, seperti Samarinda dan Balikpapan,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah berencana memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Total lahan termasuk cadangan untuk ibu kota baru seluas 256 ribu hektare, dan untuk kawasan inti ibu kota hanya 56 ribu hektare. Dari kawasan itu, yang dipakai untuk pemerintahan hanya 5.600 hektare.

Adapun biaya pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur, diperkirakan mencapai Rp 466 triliun. Anggaran tersebut berasal dari APBN sebesar 19,2 persen atau Rp 89,4 triliun.

Mayoritas dana akan dipenuhi menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yakni 54 persen atau mencapai Rp 265,2 triliun.

Kemudian dana khusus dari swasta sebesar 26,2 persen dari total kebutuhan dana atau sebesar Rp 127,3 triliun.

Pemerintah hanya akan mengalokasikan dana sebesar Rp 93,5 triliun atau 19,2 persen dari jumlah dana yang dibutuhkan.

Yuk, Intip Kondisi Perekonomian Indonesia Saat Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yes! Bansos Diperpanjang Sampai Awal 2021, yang Mana Saja?]

 

Sementara itu, dalam fase penyusunan masterplan, pemerintah menyiapkan desain kota, desain gedung, dasar aturan hingga penyediaan lahan. Sampai akhirnya, fase pembangunan infrastruktur dilakukan mulai akhir 2020.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerangkan pembangunan infrastruktur dilakukan dengan tiga klaster.

Pertama, mendesain kawasan sendiri dan menentukan tata ruang yang akan rampung pada 2020. Kedua, prasarana dasar seperti jalan dan air, termasuk pembangunan bendungan.

“Kami sudah dapat beberapa lokasi bendungan dan disiapkan untuk melayani ibu kota negara ini,” sebut Basuki masih dari laman yang sama.

Kemudian yang ketiga membangun gedung pemerintahan sendiri dengan memenuhi kebutuhan struktural.

“Konstruksinya kira-kira memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk selesaikan jalan, waduk, air, sanitasi, dan gedung-gedung. Target misalnya 2023-2024 akan mulai ada pergerakan ke sana. Insyaallah dengan jadwal ini mudah-mudahan masih bisa kami tangani,” pungkasnya.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 09 September 2020. Covid-19, Pemerintah Tunda Pembangunan Ibu Kota Baru. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3bEhNHv
  • Redaksi. 09 September 2020. Virus Corona Ganjal Mega Proyek Ibu Kota Baru Rp468 T Jokowi. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2GM9IoZ
  • Siti Nur Azzura. 09 September 2020. 5 Fakta Penundaan Proyek Pemindahan Ibu Kota Akibat Pandemi Corona. Merdeka.com – https://bit.ly/339oxcB
  • Hendra Kusuma. 09 September 2020. Gegara Corona Pindah Ibu Kota Jadi Ditunda. Finance.detik.com – https://bit.ly/3bMI5aI
  • Redaksi. 08 September 2020. Pemerintah Tunda Bangun Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, Pagu Anggaran Diusulkan Naik Rp 1,7 T. Tribunnews.com – https://bit.ly/2DGm0Og