Masih lanjutkan rangkaian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), sejumlah bansos diperpanjang pemerintah. Bansos apa saja?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bansos Diperpanjang, Sudah Dapat Bagian?

Dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pemerintah akan melanjutkan lagi sejumlah bantuan sosial, guna menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bansos yang berlanjut mencakup bantuan uang tunai maupun bantuan sembako.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan, pemberian bansos diharapkan mampu memperbaiki daya beli masyarakat yang tertekan akibat pandemi virus corona.

“Program-program ini diharapkan masih menjaga daya beli masyarakat dalam situasi pandemi Covid,” katanya dikutip dari Ddtcnews, Selasa (08/09).

Seperti diketahui, program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif menyasar pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Penerima manfaat akan diberikan uang tunai senilai Rp 2,4 juta agar bisa bertahan di tengah pandemi.

Pada tahun ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 28,8 triliun untuk program tersebut. Dana itu diperkirakan mampu menjangkau sekitar 12 juta UMK.

Adapun syarat utama yang harus dipenuhi penerima banpres produktif adalah memiliki usaha mikro dan kecil.

Selain itu, pelaku usaha harus warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor induk kependudukan (NIK), tidak memiliki kredit di perbankan maupun lembaga keuangan lainnya, serta saldo di rekening tidak melebihi Rp 2 juta.

Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13 Nyaris Tak Akan Cair - Finansialku

[Baca Juga: Yes! Bakal Ada Subsidi Pulsa 150 Ribu Untuk Mahasiswa dan Masyarakat]

 

Selanjutnya, program subsidi gaji adalah bantuan tunai yang menyasar para karyawan dengan gaji kurang dari Rp 5 juta.

Program ini memberikan Rp 600.000/bulan selama 4 bulan dan akan ditransfer langsung ke rekening penerima per 2 bulan sekali.

Pekerja penerima subsidi merupakan pekerja swasta di luar PNS dan pegawai BUMN. Pekerja penerima subsidi juga harus pekerja yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Kementerian Keuangan telah menganggarkan dana sekitar Rp 33,1 triliun yang siap digelontorkan untuk subsidi tersebut.

Adapun, program Kartu Prakerja memberikan manfaat kepada masing-masing peserta sebesar Rp 3,55 juta. Peruntukan awal adalah untuk biaya pelatihan senilai Rp 1 juta. Sisanya adalah dana insentif sebesar Rp 2,55 juta.

Pertama, insentif pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Kedua, insentif pengisian per survei Rp 50.000 untuk 3 kali survei.

Sementara itu, PKH sembako untuk warga di luar Jabodetabek, pemerintah memberikan uang tunai senilai Rp 600.0000 per bulan per penerima manfaat selama April hingga Juni 2020.

Program ini dilanjutkan hingga Desember, tapi dengan mengurangi nilai bantuan menjadi Rp 300.000 per bulan per penerima manfaat.

 

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Untuk membantu warga yang terdampak pandemi, pemerintah juga memberikan bantuan sembako kepada 1,3 juta warga DKI Jakarta dan 600 ribu warga Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi.

Bagi para pekerja yang sudah menerima subsidi gaji dari pemerintah, ada baiknya untuk mengalihkan subsidi tersebut untuk anggaran darurat. Mengingat, kondisi ekonomi belum pulih.

Untuk mencatat keuangan antara pendapatan dan pengeluaran secara lebih terperinci dan efisien kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple Apps Store!

Hanya dengan menggunakan satu aplikasi kamu bisa mulai mencatat, mengatur, merencanakan keuangan secara lebih mudah, nggak ribet dan canggih, sebab tersedia fitur-fitur lengkap.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan para financial planner yang siap membantu memberi pencerahan tentang keuangan. Tapi untuk itu kamu mesti berlangganan premium.

Tenang, untuk kamu yang pertama kali install akan mendapatkan free trial premium selama 30 hari. Untuk yang ingin melanjutkan premium, kamu bisa gunakan kode CUAN50 untuk dapat potongan berlangganan Rp 50 ribu.

Buruan download aplikasi Finansialku!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku bansos dan subsidi dari Pemerintah itu? Kamu bisa berbagi pandanganmu lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Dian Kurniati. 07 September 2020. Selain Subsidi Gaji, Ini Daftar Bansos yang Berlanjut Hingga 2021. News.ddtc.co.id – https://bit.ly/3jTDI0f
  • Redaksi. 04 September 2020. Mensos Pastikan Bansos Corona 2021 Berbentuk Uang Tunai. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2GwHTAC
  • Muhammad Khadafi. 07 September 2020. Program Subsidi Gaji Hingga Bansos Tunai Berlanjut Sampai Awal 2021. Bisnis.com – https://bit.ly/3hfST2g
  • Muhammad Choirul Anwar. 07 September 2020. Asyik! Bansos Hingga Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Lanjut di 2021. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/338l0ep