Anak yang memiliki karakter baik akan menjadi orang dewasa yang mampu membuat keputusan dengan baik dan tepat. Lantas seperti apa pendidikan karakter yang perlu diberikan pada anak di kehidupan sehari-hari?

Agar lebih jelas, Mari simak ulasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pendidikan Karakter Anak

Selama ini kita mengetahui jika pendidikan karakter pada anak itu telah di berikan di sekolah.

Seperti yang sudah tertera dalam UU No.20 tahun 2003 menyebutkan bahwa pendidikan di Indonesia berupaya untuk menciptakan manusia Indonesia yang berakhlak mulia, beriman, bertaqwa, terampil, kreatif, dan sebagainya.

Namun pendidikan karakter ini tidak selamanya harus diberikan di sekolah, dalam kehidupan sehari-hari pun setiap orang tua harus menanamkan pendidikan karakter anak sejak usia dini.

Memiliki anak yang berkarakter adalah hal yang membahagiakan. Oleh karena itu, janganlah melewatkan kesempatan yang tidak datang dua kali ini.

Buat lingkungan keluarga yang positif, berikan teladan dan jadilah teman yang baik bagi anak.

Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai sebuah usaha dalam upaya pemberdayaan potensi peserta didik agar terciptanya karakter pribadi atau kelompok yang berguna bagi negara dan generasi berikutnya.

Pendidikan karakter di sekolah mulai dari bangku Sekolah Dasar hingga bangku sekolah menengah atas tentu akan selalu memberikan pendidikan karakter.

Jika di Sekolah Dasar (SD) beberapa pendidikan karakter yang diajarkan yaitu mengenai empati terhadap teman-teman.

Kemampuan mengatasi konflik, melalui ide-ide tersebut kemudian si anak bisa mencobanya untuk mengatasi permasalahan yang ada dan tidak lupa mengajarkan caranya bersyukur dan berterimakasih.

Memasuki jenjang SMP, terdapat beberapa karakter penting yang harus Anda tanamkan pada anak, seperti berhati-hati dalam berbicara, ajarkan sikap optimisme, dan menghargai perbedaan.

Pada saat telah memasuki jenjang SMA, pada masa ini anak sudah mulai mencari jati dirinya dan tertarik mencoba segala hal, maka dari itu perlu menyalurkan bakat dan minat yang tepat.

Pada jenjang ini pun anak harus diajarkan untuk mandiri tidak tergantung pada orang tua sepenuhnya, dan ajarkan anak untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan orang tua dan menjadi pribadi yang lebih terbuka.

 

Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak

Implementasi pendidikan karakter tidak semata mata hanya dilaksanakan di Sekolah. Pendidikan karakter juga dapat dilaksanakan di kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa cara yang bisa para orang tua terapkan kepada anak:

 

#1 Mengajarkan Sholat 5 Waktu (Beribadah)

Bagaimana Dampak Beri Iming-iming Hadiah ke Anak 05 Hadiah Anak 5 - Finansialku

[Baca Juga: Pendidikan Karakter untuk Anak SD,SMP dan SMA]

 

Untuk menumbuhkan karakter religius tidak selamanya harus dilakukan di sekolah. Di rumah pun bisa dilakukan, yang terpenting adanya pengawasan dari orang tua.

Karena pada dasarnya sebelum anak-anak menginjak bangku sekolah pun, peran orang tua dalam mendidik anak adalah yang paling dibutuhkan.

Orang tua yang bersedia untuk memberikan waktunya bersama sama menjalankan sholat bersama keluarga.

Akan memberikan contoh yang bagus kepada anak. Mereka akan nyaman dan dengan sendirinya akan meniru setiap nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan sholat berjamaah tersebut.

 

#2 Jalin Komunikasi Sebaik Mungkin

Bagaimana Dampak Beri Iming-iming Hadiah ke Anak 02 Hadiah Anak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Yakin Mengabaikan Pentingnya Pendidikan Anak Anda?]

 

Tidak bisa dipungkiri, seseorang bisa saja melakukan tindakan berbohong mau itu anak-anak ataupun orang dewasa. Berbohong rupanya bisa menjadi sebuah kebiasaan jika tidak mendapatkan pemahaman sejak dini.

Seorang anak dapat berbohong dimulai dari hal-hal kecil, seperti karena mereka merasa takut. Mereka takut untuk berkata yang sebenarnya dengan alasan takut kena marah dan lain sebagainya.

Kebiasaan ini lah yang menjadi pemicu awal sang anak dapat berbohong dalam jangka waktu yang panjang bahkan hingga sang anak menginjak dewasa.

Untuk itu orang tua dapat melakukan komunikasi yang menyenangkan dengan anak. Komunikasi yang menyenangkan adalah komunikasi yang tidak membuat anak tertekan dan takut.

Biasakan anak untuk berkata jujur, sekalipun mereka membuat salah, mereka akan menyampaikan bahwa mereka salah.

 

#3 Bersosialisasi dengan Banyak Orang

Anak Masuk SD 02 - Finansialku

[Baca Juga: Anti Galau! Pahami Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak]

 

Seperti yang kita semua ketahui, Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, budaya dan agama. Perbedaan ini adalah alat untuk pemersatu bangsa, jangan jadikan perbedaan sebagai alat perpecahan.

Dalam kehidupan sehari-hari, ajarkanlah anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya yang beranekaragam individu dalam latar belakang yang berbeda.

Jangan sampai anak membeda-bedakan latar belakang seseorang dalam menjalin pertemanan. Dengan menanamkan nilai ini, ini dapat menumbuhkan nilai toleransi pada diri anak.

 

#4 Mengajarkan untuk Bertanggungjawab

Bagaimana Dampak Beri Iming-iming Hadiah ke Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini]

 

Setiap anak pasti memiliki tugasnya masing-masing, seperti tugas sekolah, tugas rumah seperti membersihkan tempat tidur, mencuci sepatu, makan sendiri dan lainnya.

Mengajarkan anak untuk bertanggungjawab atas setiap tugas secara mandiri ini dapat menumbuhkan karakter disiplin pada anak. Tak hanya itu, anak jadi terbiasa untuk bertanggungjawab pada setiap tugas-tugasnya.

Maka dari itu penting dalam kehidupan sehari-hari seorang anak mengerjakan setiap tugasnya secara mandiri. Sehingga kedisiplinan dia akan terbentuk sejak dini.

 

#5 Sering-Sering Berdiskusi dengan Anak

Anak Boros Ketahui 10 Trik dan Cara Agar Anak Tidak Boros 04 Anak Tidak Boros 4 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Manfaat Asuransi Pendidikan Anak yang Menguntungkan Bagi Nasabah]

 

Untuk menumbuhkan nilai nilai demokrasi dalam kehidupan sehari hari, orang tua bisa memulainya dengan cara yang sederhana.

Seperti sering melakukan diskusi baik itu terkait pelajaran di sekolah atau terkait pemilihan lokasi liburan. Libatkan sang anak untuk mengeluarkan pendapatnya dan pilihannya.

Bahwa segala hal di kehidupan kita dapat di bicarakan untuk menemukan jalan keluar yang disepakati oleh semua pihak.

 

#6 Ajarkan Mencintai Kebersihan dan Lingkungan

Beginilah Caranya Mengajarkan Bisnis Pada Anak 1 Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua Butuh Tahu Cara Menghitung Dana Pendidikan Anak, Simak Caranya Berikut Ini]

 

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika anak dalam kondisi sehat dan jiwa yang kuat maka anak dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik.

Biasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, mencuci piring atau gelas yang telah dipakainya.

Penanaman rasa cinta kebersihan terhadap lingkungan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan di rumah mulai dari kamar, halaman agar terbebas dari debu dan sampah.

Dengan menanamkan nilai ini anak bisa menjadi anak yang mencintai kebersihan dan peduli akan lingkungan di sekitarnya.

 

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Anak

Dalam pendidikan karakter seorang anak akan diberikan kemampuan untuk bersosialisasi dengan lingkungan. Pendidikan karakter akan dijadikan sebagai landasan dalam upaya pembentukan kualitas karakter bangsa Indonesia. 

Nilai positif dalam pendidikan karakter dapat membentuk remaja yang unggul.

Remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya yang berkembang baik.

Pendidikan karakter itu sangat diperlukan bagi kemajuan suatu bangsa khususnya bangsa Indonesia. Atas alasan itu, maka marilah mulai sekarang khusus bagi orang tua untuk menanamkan nilai karakter kepada anak.

Agar dia bisa menjadi manusia berkualitas, yang mampu bertindak sesuai nilai dan norma yang ada di masyarakat dengan karakter yang dimilikinya itu, lebih jauhnya lagi ia bisa menjadi anak yang mampu memajukan bangsa Indonesia.

Oh iya, jangan sampai lupa merencanakan dana pendidikan untuk Anak Anda dengan matang ya!

Tidak mau kan terlilit utang untuk dana pendidikan? Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini untuk antisipasi hal tersebut. Selamat membaca..

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Contoh Pendidikan Karakter dalam Kehidupan Sehari-Hari. Karyatulisku.com – http://bit.ly/31S2uWr
  • Tiffany. 10 Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Dosenpsikologi.com – http://bit.ly/2X7Xr5l
  • Admin. 12 Juli 2018. 12 Pengaruh Pendidikan karakter Terhadap Jiwa Anak. Dosenpsikologi.com – http://bit.ly/2RAr5dr

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan Karakter Anak – http://bit.ly/2J3UKrH