Asuransi Pendidikan anak mulai mendapatkan perhatian masyarakat di era kini karena kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.

Pada artikel ini, Finansialku akan membahas beberapa manfaat yang dapat nasabah terima, jika mereka memiliki asuransi pendidikan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Pendidikan

Banyak produk asuransi yang beredar di Indonesia, salah satu yang cukup terkenal adalah asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan menjamin biaya pendidikan tertanggung (anak) hingga mereka menyelesaikan pendidikannya.

Untuk menerima perlindungan ini, nasabah (orang tua) harus membayar sejumlah premi sesuai dengan periode yang telah ditentukan di awal kesepakatan.

Asuransi Pendidikan 02 Pendidikan - Finansialku

[Baca Juga: Baca Informasi Ini Sebelum Beli Asuransi Pendidikan Anak]

 

Ketika akan memasuki jenjang pendidikan tertentu, nasabah dapat mencairkan sejumlah dana yang mana besarnya ditentukan oleh premi dan asuransi yang dipilih.

Selain itu, jika sewaktu-waktu terjadi musibah kepada nasabah, hingga mengalami cacat permanen atau meninggal dunia, nasabah tetap dapat menerima pencairan dana asuransi.

Untuk jenisnya, asuransi pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu:

 

#1 Asuransi pendidikan dwiguna/berjangka (endowment)

Asuransi ini sifatnya murni tanpa investasi, sehingga di akhir masa asuransi, jumlah dana pendidikan yang diterima adalah tetap dan sesuai dengan kesepakatan awal.

Asuransi ini terkenal di masa awal adanya asuransi pendidikan.

 

#2 Asuransi pendidikan unit link

Berbeda dengan asuransi pendidikan berjangka, asuransi pendidikan unit link memiliki manfaat investasi yang dapat diterima nasabah.

Premi yang dibayarkan nasabah akan dialokasikan sebagian untuk investasi dengan ekspektasi mendatangkan keuntungan. Namun, keuntungan tersebut sifatnya tidak tetap.

Jika Anda tertarik mengetahui bagaimana caranya menyiapkan dana pendidikan anak, silakan download ebook finansialku secara GRATIS. Akan dibahas mengenai bagaimana strategi dan investasi apa yang cocok untuk menyiapkan dana pendidikan anak dari sekolah dasar hingga sarjana tanpa berhutang. Klik Download Ebook Sekarang!

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Manfaat Asuransi Pendidikan

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari adanya asuransi pendidikan untuk anak Anda yang dapat Anda rasakan langsung.

 

#1 Menjamin Dana Pendidikan Untuk Anak

Salah satu perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan adalah keamanan dan kepastian pendidikan anak.

Di sini, apabila terjadi musibah yang menimpa orang tua, mereka tidak perlu khawatir akan biaya pendidikan anak.

Tidak hanya menjamin dana pendidikan anak dengan memberikan sejumlah uang, ketika terjadi musibah pada orang tua, ada beberapa produk asuransi pendidikan yang juga membantu membiayai pendidikan anak di masa depannya hingga pendidikan mereka selesai.

Dana pendidikan ini bukan berarti hanya dapat diperoleh jika musibah terjadi. Bahkan jika tidak terjadi musibah pun, dana pendidikan ini dapat diambil dan akan berguna.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika Anda hanya mengandalkan tabungan yang berbunga rendah Anda akan kesulitan membiayai pendidikan anak yang semakin tahun semakin meningkat.

Uang yang ditabung dapat habis termakan oleh inflasi, Apalagi jika dana tersebut disimpan untuk biaya pendidikan untuk 5 atau 10 tahun ke depan.

Dengan asuransi pendidikan, orang tua tidak perlu mencari dana tambahan bila masa pendidikan anak telah tiba karena akan dibiayai oleh asuransi pendidikan.

 

#2 Bentuk Perencanaan Pendidikan Anak

Jika Anda telah membeli produk asuransi pendidikan, ini berarti Anda telah turut serta dalam perencanaan pendidikan anak. Produk asuransi pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan nasabah.

Nasabah yang menentukan sampai jenjang apa pendidikan akan berlanjut, di mana pendidikan akan diambil serta biayanya.

Perencanaan ini yang nantinya akan menentukan besaran premi bulanan yang harus nasabah bayar.

Oleh karena itu, secara tidak langsung, Anda telah menyusun perencanaan pendidikan untuk anak dengan memiliki asuransi pendidikan.

Asuransi Pendidikan 03 Pendidikan Anak - Finansialku

[Baca Juga: 8 Risiko Asuransi Pendidikan yang Tidak Diketahui Oleh Pembeli]

 

#3 Memberikan Pengaturan Keuangan yang Lebih Baik

Tanpa disadari, dengan adanya asuransi, Anda dapat mengontrol keuangan dengan lebih baik.

Yang pertama adalah Anda akan lebih mudah menerapkan kebiasaan hidup berhemat dan kebiasaan menabung.

Yang kedua, Anda akan memiliki dana darurat, tabungan dan investasi yang disimpan dalam bentuk asuransi pendidikan

Yang terakhir adalah Anda dapat lebih bertanggung jawab terhadap keuangan Anda.

Karena biaya premi asuransi harus dibayar setiap periode yang telah ditentukan, Anda akan terbiasa untuk menyisihkan dana dari pendapatan Anda demi keperluan asuransi.

Kebiasaan keuangan yang baik ini akan membantu pengaturan keuangan Anda untuk lebih baik lagi.

#4 Tidak Hanya Pendidikan Tetapi Juga Lainnya

Produk asuransi pendidikan biasanya disertai dengan asuransi kesehatan di mana tertanggung (anak) akan mendapatkan biaya perawatan rumah sakit jika diperlukan.

Selain itu, jika anak mengalami musibah yang membuat anak sakit atau meninggal dunia, maka orang tua akan menerima uang santunan.

Tentu hal ini tidak dapat dirasakan jika Anda hanya menabung untuk uang pendidikan. Tabungan akan habis untuk uang perawatan anak, dan Anda harus mengulang kembali dari nol untuk menabung demi biaya pendidikan.

Asuransi Pendidikan 04 Tabungan- Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal?]

 

Di sini, asuransi tidak hanya berguna untuk pendidikan semata tetapi juga berguna sebagai asuransi jiwa, asuransi kesehatan.

Karena asuransi tambahan ini cukup berguna, sebelum Anda memutuskan pilihan, sebaiknya tanyakan kepada agen Anda apakah ada asuransi tambahan yang dapat diterima oleh tertanggung lengkap dengan ketentuan dan risikonya.

 

#5 Premi yang Fleksibel

Tidak seperti asuransi kesehatan yang bergantung pada kondisi kesehatan, premi asuransi pendidikan dapat dibilang fleksibel. Premi ini bergantung pada kebutuhan pendidikan yang Anda inginkan untuk anak Anda.

Jika kondisi finansial Anda mendukung, maka Anda dapat mengambil pendidikan yang lebih tinggi atau di tempat yang lebih mahal.

Sebaliknya, jika kondisi finansial Anda kurang mendukung, Anda dapat mengambil opsi yang lebih ekonomis. Pilihan ini akan menjadi tolak ukur premi yang harus Anda bayar.

Selain itu, pembayaran premi pun tidak harus dilakukan setiap bulan, Anda dapat membayar premi 3 bulan sekali atau setengah tahun sekali, tergantung dengan perjanjian awal.

Asuransi Pendidikan 05 Asuransi Pendidikan - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat!]

 

#6 Memberikan Rasa Tenang Untuk Orang Tua

Psikologis dan mental adalah hal yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan seseorang.

Jika mental Anda tertekan, tentu sulit untuk mendapatkan kesejahteraan jasmani, apalagi mental. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan adanya asuransi pendidikan.

Jika musibah tidak terjadi, adanya asuransi pendidikan akan memberikan perasaan aman karena Anda telah mengetahui bahwa pendidikan anak Anda sudah terjamin.

Jika musibah terjadi, Anda tidak perlu harus kesulitan mencari bantuan dana karena adanya dana dari asuransi pendidikan.

 

Asuransikan Sejak Dini

Selain manfaat di atas, sebenarnya banyak sekali manfaat lain yang sayang jika dilewatkan.

Oleh karena itu, asuransi pendidikan untuk anak sebenarnya sangat penting dan sangat berharga untuk anak. Pendidikan adalah modal yang sangat berharga yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak-anak mereka.

 

Artikel di atas telah memberikan Anda gambaran mengenai berbagai manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya asuransi pendidikan.

Untuk itu, bagi teman atau keluarga Anda yang membutuhkan informasi ini, silakan bagikan kepada mereka. Anda juga dapat memberikan pengalaman dan manfaat yang turut Anda rasakan jika Anda telah memiliki asuransi pendidikan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Manfaat Asuransi Pendidikan Anak. Manfaat.co.id – https://goo.gl/sY2Wmn
  • Rifzan. 3 Mei 2017. 9 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Pendidikan Anak. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/6VTZCq

 

Sumber Gambar:

  • Child Education Insurance – https://goo.gl/2DesbF
  • Pendidikan – https://goo.gl/RtdKzg
  • Pendidikan Anak – https://goo.gl/Zkwukn
  • Tabungan – https://goo.gl/WXjVhb
  • Asuransi Pendidikan – https://goo.gl/ib3Wuk
Summary
5+ Manfaat Asuransi Pendidikan Anak yang Menguntungkan Bagi Nasabah
Article Name
5+ Manfaat Asuransi Pendidikan Anak yang Menguntungkan Bagi Nasabah
Description
Asuransi Pendidikan anak mulai mendapatkan perhatian masyarakat di era kini karena kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo