Inilah Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat!

Bagaimana cara memilih asuransi pendidikan anak yang tepat? Anda mungkin sudah mengetahuinya, bahwa setiap keluarga yang memiliki anak pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak mereka. Asuransi pendidikan anak adalah salah satu instrumen yang dapat membantu Anda untuk dapat memberikan keamanan dana pendidikan anak. Bagaimana cara memilih asuransi pendidikan anak dengan tepat? Simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Pendidikan Anak

Seperti yang sudah kita ketahui, asuransi pendidikan anak adalah produk asuransi yang ditujukan khusus untuk melindungi dana pendidikan anak. Secara khusus, fungsinya adalah ketika terjadi risiko kepada pencari nafkah keluarga yang menyebabkan penghasilan keluarga tersebut berhenti, seperti sakit kritis dan meninggal dunia, maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk dana pendidikan anak. Karena walau bagaimanapun, sang anak harus tetap melanjutkan pendidikannya.

 

Beberapa Pilihan Asuransi Pendidikan Anak

Seiring berkembangnya industri asuransi, banyak produk yang beredar di masyarakat. Ada beberapa pilihan dalam mempersiapkan asuransi pendidikan anak yang biasanya disarankan oleh para perencana keuangan:

Inilah Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Bedanya Risiko Antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan]

 

#1 Asuransi Pendidikan Dwiguna

Asuransi pendidikan dwiguna adalah salah satu produk asuransi yang memiliki asuransi dan tabungan didalamnya. Tabungan yang ada di dalamnya dijamin. Asuransi pendidikan dwiguna dapat memberikan perlindungan untuk dana pendidikan anak jika terjadi risiko, serta tabungannya dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak jika tidak terjadi risiko.

Tetapi Anda harus tahu bahwa jumlah tabungan yang dijamin tidak memberikan hasil yang besar, sehingga Anda harus tetap menginvestasikan dana pendidikan anak Anda di instrumen investasi lainnya.

 

#2 Asuransi Unitlink

Asuransi unitlink adalah asuransi yang terdapat unsur asuransi dan unsur investasi di dalam satu produk asuransi. Investasi yang terdapat dalam unitlink tidak dijamin dan digunakan juga untuk membayar biaya asuransi yang ada.

Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Karena hasil investasi yang terdapat di dalam asuransi pendidikan unitlink tidak dijamin, maka ada kemungkinan investasi tersebut mengalami kerugian, apalagi dikurangi dengan biaya-biaya yang ada. Oleh karena itu, sering sekali nasabah yang menabung tidak mendapatkan nilai tunai yang diinginkan. Tetapi karena ini termasuk investasi, maka ada kemungkinan juga bahwa keuntungannya diatas rata-rata.

 

#3 Asuransi Berjangka (Term Life)

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui bahwa asuransi berjangka atau term life adalah asuransi tradisional dimana tidak ada unsur tabungan atau investasi sama sekali. Biasanya term life digunakan hanya dalam jangka waktu dimana orangtua sedang mempersiapkan dana pendidikan anak mereka.

Orangtua juga harus mempersiapkan seluruh dana pendidikannya dengan menggunakan instrumen investasi lainnya. Asuransi berjangka hanya untuk melindungi dana pendidikan anak apabila terjadi risiko meninggal dunia kepada si tertanggung, yang biasanya adalah si pencari nafkah.

Beberapa pilihan diatas bukan merupakan produk asuransi, tetapi lebih kepada perencanaan asuransi pendidikan anak. Di dalam setiap pilihan, masih terdapat berbagai macam produk asuransi yang dapat diambil.

Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal?]

 

Hal inilah yang membuat masyarakat menjadi bingung, bagaimana agar masyarakat dapat memiliki asuransi pendidikan anak yang tepat untuk keluarganya? Apakah Anda juga demikian? Kalau memang demikian, informasi berikut ini harus Anda ketahui.

Dibawah ini ada beberapa cara untuk memilih asuransi pendidikan anak dengan tepat, sehingga Anda dapat mengoptimalkan penghasilan Anda untuk mempersiapkan dana pendidikan anak Anda.

 

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Tepat

Untuk dapat memilih asuransi pendidikan anak, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

 

#1 Hitung Besar Dana Pendidikan Anak Yang Anda Butuhkan

Sudahkah Anda memikirkan setinggi apa jenjang pendidikan anak Anda nantinya? Dimanakah Anda akan menyekolahkan anak Anda? Dan berapa besar biaya pendidikan anak yang Anda butuhkan agar anak Anda mendapatkan pendidikan seperti yang ada dalam pemikiran Anda?

Jika Anda sudah memikirkan ketiga hal tersebut, ini adalah langkah awal untuk memilih asuransi pendidikan anak yang tepat. Karena untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa besar dana pendidikan anak yang Anda butuhkan, yang harus Anda asuransikan. Anda harus merencanakan pendidikan anak Anda dari sekarang.

Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA dengan Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA Beserta Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Perencanaan pendidikan anak adalah mulai dari melakukan riset tempat pendidikan anak Anda, riset akan besarnya biaya pendidikan di tempat tersebut, menghitung besar biaya total yang dibutuhkan dan berapa besar dana yang harus Anda tabung dari sekarang untuk menyiapkan dana tersebut di masa depan. Anda harus menuliskan semua hal tersebut.

Anda dapat merencanakan dana pendidikan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#2 Mengevaluasi Anggaran Keuangan Anda

Setelah Anda merencanakan dana pendidikan anak Anda, Anda juga harus mengevaluasi anggaran keuangan Anda pada saat ini. Dari perencanaan dana pendidikan anak Anda, Anda sudah mendapatkan jumlah yang seharusnya Anda tabung setiap bulan agar anak Anda mendapatkan pendidikan yang terbaik. Selain itu, jumlah dana pendidikan yang harus Anda kumpulkan juga harus dilindungi dengan asuransi pendidikan anak.

Besarnya uang pertanggungan asuransi pendidikan adalah sama dengan besarnya seluruh kebutuhan dana pendidikan anak Anda, sehingga ketika terjadi risiko, anak Anda tetap dapat melanjutkan pendidikannya. Dalam hal ini, Anda harus memprioritaskan 2 hal, yang pertama ada investasi untuk dana pendidikan dan yang kedua ada asuransi pendidikan anak Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengevaluasi anggaran keuangan Anda, sehingga Anda mendapatkan sejumlah dana yang dapat diprioritaskan untuk membeli asuransi pendidikan anak.

 

#3 Pilih Perencanaan Asuransi Pendidikan Anak Yang Sesuai

Pada tahap ini, Anda sudah mendapatkan sejumlah dana yang dapat digunakan untuk membeli asuransi pendidikan anak. Dana ini harus diprioritaskan karena dana ini akan terus digunakan untuk membayar premi asuransi pendidikan anak. Dana tersebut yang akan menjadi acuan Anda dalam menentukan pilihan asuransi pendidikan anak dan juga produk asuransi pendidikan anak yang sesuai.

Apakah Orang Tua Harus Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Orangtua Harus Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak?]

 

Jika memang dana Anda terbatas, Anda dapat membeli asuransi term life yang dapat memberikan Anda pertanggungan yang besar dengan premi yang relatif lebih murah. Jika Anda memiliki dana lebih, maka Anda dapat memilih asuransi dwiguna atau asuransi unitlink untuk program perlindungan jangka panjang.

Ada beberapa yang harus Anda perhatikan dalam membeli produk asuransi pendidikan anak, diantaranya:

  • Pastikan Anda mempertimbangkan fasilitas dan manfaat, serta kekurangan, dari setiap pilihan perusahaan asuransi Anda.
  • Pastikan bahwa premi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.
  • Pastikan bahwa Anda mengetahui isi proposal atau penawaran asuransi sebelum Anda menandatanginya.
  • Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan.
  • Jika Anda membeli asuransi unitlink, pastikan Anda mengetahui pilihan asuransi tambahan (rider) yang ada yang dapat digunakan untuk memberikan manfaat lebih bagi Anda.

 

Pilihlah Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda

Dalam memilih asuransi pendidikan anak, yang terpenting adalah asuransi pendidikan anak Anda sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda dan dengan kemampuan finansial Anda. Setiap produk asuransi pendidikan pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tidak ada satu produk pun yang sempurna. Tetapi produk itu akan menjadi sempurna ketika produk asuransi pendidikan tersebut dapat menjawab kebutuhan anak Anda dan melindungi dana pendidikan anak Anda dari risiko-risiko yang mungkin datang. Selamat memilih asuransi pendidikan untuk anak Anda.

 

Apakah artikel ini membantu menambah wawasan Anda untuk dapat memilih asuransi pendidikan anak dengan lebih baik? Apakah Anda merasa bahwa artikel ini juga dapat berguna untuk membantu orang lain atau teman Anda dalam memilih asuransi pendidikan anak mereka? Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain dengan share artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Made Ari Yuliati. 2017. 6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/P3tASd
  • Ajeng Quamila. 2017. Yang Harus Dipahami Sebelum Memilih Asuransi Pendidikan Anak. Hellosehat.com – https://goo.gl/bsM15E

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan Anak – https://goo.gl/WnGpkH
  • Memilih Asuransi Pendidikan Anak – https://goo.gl/VddnSd

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment