Anda masih bingung mau pakai asuransi mobil yang mana? Tenang, baca pengalaman cari asuransi mobil ini untuk referensi Anda!

Selengkapnya dapat Anda baca di artikel Finansialku di bawah ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Fitur Polis Asuransi Mobil

Hal penting bagi Anda yang harus beraktivitas ke tempat yang jauh dari rumah adalah alat transportasi, terutama bagi anda yang hidup di kota-kota besar.

Memiliki kendaraan pribadi adalah sesuatu yang juga dibutuhkan untuk kemudahan dalam beraktivitas.

Ketika Anda memiliki sebuah kendaraan, pasti Anda akan menjaga kondisi kendaraan Anda agar selalu baik dan layak pakai. Salah satu bentuk penjagaan yang dapat Anda lakukan adalah melalui asuransi kendaraan bermotor.

Apakah asuransi ini penting? Asuransi kendaraan memberikan proteksi penggantian jika terjadi resiko kecelakaan atau kehilangan kendaraan bermotor yang memberikan kenyamanan untuk pengguna.

Bingung Cari yang Tepat? Baca Yuk "Pengalaman Cari Asuransi Mobil"

[Baca Juga: Jangan Salah! Kenali Dulu Serba Serbi Asuransi Mobil Mewah]

 

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan soal asuransi kendaraan bermotor, di antaranya adalah:

  1. Jangan fokus hanya ke premi atau harga asuransi mobil, tetapi bandingkan juga premi dengan manfaat asuransi mobil.
  2. Perhatikan biaya sendiri yang harus Anda bayar saat klaim asuransi mobil. Ada beberapa orang yang seringkali tidak sadar soal biaya ini dan asal klaim, sehingga saat melakukan klaim, biaya yang harus dibayar cukup besar.
  3. Saat mendaftar asuransi, perhatikan kondisi mobil Anda, karena kondisi tersebut yang dijadikan basis buat perusahaan asuransi mobil saat menerima klaim. Kondisi kerusakan yang sudah ada sebelumnya tidak akan bisa diklaim ke asuransi mobil
  4. Masa perusahaan asuransi mobil jor-joran memberikan promo sudah berakhir, sekarang perusahaan lebih berhati-hati dan tidak perang harga premi. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kendaraan karena jika sering klaim, maka tahun depan premi sudah pasti akan naik akibat klaim resiko yang tinggi.
  5. Premi ditentukan berdasarkan persentase dari harga mobil, oleh karena itu pastikan bahwa harga mobil yang digunakan reasonable. Cek harga pasaran untuk tahun, dan jenis kendaraan yang sama.

 

Selain 5 hal di atas yang harus diperhatikan, Anda juga harus mengetahui fitur-fitur polis asuransi kendaraan bermotor, di antaranya adalah:

 

#1 Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan asuransi mobil dengan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75 persen. 

Pihak asuransi nantinya akan mengganti seluruh biaya perbaikan kendaraan hingga kembali seperti semula. Selain menanggung biaya ganti rugi kerusakan, asuransi mobil TLO juga menanggung kehilangan kendaraan akibat pencurian. 

Tapi, ini yang perlu dipahami, jika tingkat kerusakan di bawah 75 persen, klaim asuransi pasti ditolak. Kabar baiknya, premi asuransi TLO mobil adalah yang paling murah, dengan nilai premi 1 persen dari harga kendaraan.

 

#2 Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang menanggung ganti rugi atau biaya perbaikan jika kendaraan mengalami kehilangan atau kerusakan sebagian maupun total akibat risiko-risiko yang dijamin dalam polis. 

Sesuai dengan namanya, asuransi all risk mobil, maka resiko tabrakan, tergores, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kecelakaan lalu lintas, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, atau kebakaran, semua ditanggung oleh jenis asuransi mobil ini.

 

#3 Personal Accident

Personal accident adalah asuransi tambahan, atau perluasan, dari asuransi mobil, yang memproteksi pengendara saat kendaraan mengalami kecelakaan.

Saat pengendara mengalami kecelakaan pada waktu menyetir, bukan hanya mobil yang, tetapi juga nasib pengendaranya.

 

Perbandingan Asuransi

Setelah mengetahui pilihan fitur yang tersedia untuk asuransi kendaraan bermotor, kali ini mari kita sama-sama kelebihan dan keuntungan dari tiga perusahaan asuransi mobil di Indonesia, AZ, AX, MC!

 

#1 Asuransi All Risk

Ketiga asuransi ini menawarkan asuransi all risk.

 

#2 Bengkel

Perusahaan AZ, AX, dan MC, ketiganya menawarkan fitur bengkel authorized. Untuk memastikan kualitas dan kuantitas bengkel dari ketiga asuransi ini, maka kita lakukan perbandingan berdasarkan informasi yang didapatkan di bawah ini:

  1. AZ: Mempunyai total 172 bengkel di seluruh Indonesia. Terdapat 78 bengkel authorized yang bisa digunakan klaim asuransi kendaraan AZ.
  2. AX: Mempunyai total 108 bengkel di seluruh Indonesia, dengan 41 bengkel authorized yang bisa digunakan untuk klaim asuransi kendaraan AX.
  3. MC: Mempunyai total 69 bengkel di seluruh Indonesia, dengan 22 bengkel authorized yang bisa digunakan untuk klaim asuransi kendaraan MC.

 

#3 Risiko Sendiri

Ketiga perusahaan asuransi menerapkan cara penentuan risiko sendiri yang sama, yaitu: 

  1. Setiap jenis klaim memiliki perbedaan risiko sendiri
  2. Besaran risiko sendiri bisa berbentuk persentase dari klaim atau fixed
  3. Jenis klaim yang menerapkan perhitungan risiko sendiri dari persentase nilai klaim membuat nilai  yang harus ditanggung oleh pemegang polis cukup besar dan signifikan.

Melihat besarnya risiko sendiri yang harus dibayar pemegang polis, setiap klaim perlu dipertimbangkan dengan baik. Oleh karena itu, jangan asal klaim karena pemegang polis perlu mengeluarkan uang juga untuk membayar resiko sendiri, lho!

Ketiga perusahaan asuransi mobil ini juga sama-sama menerapkan biaya sendiri yang sama untuk setiap jenis klaim.

 

#4 Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Antara AX, AZ, dan MC, ketiganya sama-sama menawarkan perlindungan untuk tanggung jawab pihak ketiga. Nilai perlindungan yang diberikan sama dan relatif besar.

 

#5 Personal Accident

Perlindungan kecelakaan (Personal Accident – PA) untuk sopir dan penumpang disediakan sebagai klausal asuransi tambahan.

Ketiga perusahaan (AX, AZ, MC) menawarkan nilai perlindungan PA yang sama untuk masing-masing penumpang dan supir.

 

#6 Medical Reimbursement

Ada satu jenis proteksi yang hanya tersedia di asuransi AZ dan tidak ada di dua asuransi lainnya, yaitu penggantian biaya pengobatan yang diberikan saat terjadi kecelakaan.

 

Perbandingan Premi

Premi adalah premi tahunan. Setiap tahun saat masa asuransi habis, premi akan selalu diperbaharui. Lalu, berapa premi yang ditawarkan masing masing asuransi mobil? Asuransi mobil mana yang lebih murah dan bagus?

Berikut perbandingannya!

  1. MC: Rp5.288.300/tahun
  2. AX: Rp5.301.300/tahun
  3. AZ: Rp5.285.805/tahun

Apakah Ada Sebuah Produk Asuransi Penyakit Kritis Dengan Premi Murah 2 Finansialku

[Baca Juga: Waktu Yang Tepat dan Alasan Pindah Asuransi Mobil]

 

Dari sini, Anda bisa lihat bahwa mahal murahnya premi bukan satu-satunya pertimbangan dalam memilih asuransi mobil terbaik.

Premi memang penting, biaya asuransi mobil krusial, tetapi coverage, jangkauan bengkel dan proses klaim tidak kalah penting dalam menentukan pemilihan asuransi kendaraan mobil terbaik.

 

Dalam pemilihan asuransi untuk kendaraan bermotor Anda, jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan kemampuan dan urgensi dari finansial Anda, ya!

Anda bisa lakukan perhitungan secara presisi mengenai anggaran untuk asuransi mobil Anda melalui aplikasi Finansialku yang bisa Anda unduh di Google Play Store dan App Store!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Juli 2019. Pengalaman Cari Asuransi Mobil Terbaik 2019 (Premi, Coverage dan Bengkel). Duwitmu.com – http://bit.ly/2SNTJsE

 

Sumber Gambar:

  • Pic 01 – http://bit.ly/2P1KQKX