Apakah asuransi mobil yang Anda miliki saat ini memiliki banyak celah? Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk Anda pindah asuransi mobil!

Ada banyak penyebab seseorang ganti asuransi mobil, di bawah ini adalah beberapa alasan utama yang seringkali mendorong orang untuk pindah.

Mungkin Anda juga merasakan permasalahan di bawah ini? Mari kita simak bersama!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Mobil, Wajib Punya?

Kendaraan khususnya mobil bukanlah barang murah yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Untuk itu, aset ini perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar awet untuk waktu yang lama.

Salah satu upaya untuk menjaga mobil Anda adalah dengan memiliki asuransi mobil. Sama seperti produk asuransi pada umumnya, asuransi mobil bertujuan untuk melindungi Anda dari risiko kerugian finansial yang mungkin menimpa mobil Anda di kemudian hari.

Tidak ada yang bisa meramalkan musibah yang mungkin menimpa kita, apalagi jika kita menggunakan mobil pribadi setiap hari.

Oleh karena itu, sebagian besar orang menganggap asuransi mobil sebagai suatu hal yang penting untuk dimiliki.

Ada banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dari asuransi mobil, tetapi intinya lebih kepada pengalihan risiko finansial yang mungkin dapat terjadi pada mobil Anda, kepada perusahaan asuransi.

Pindah Asuransi Mobil 02 Asuransi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Memilih Asuransi Mobil dan Cara Klaim]

 

Apakah Saya Perlu Pindah Asuransi Mobil?

Tingginya peminat asuransi mobil membuat produk-produk asuransi mobil saat ini semakin menjamur di pasaran. Dapat dikatakan, asuransi mobil merupakan industri yang sangat kompetitif.

Banyaknya produk asuransi di pasaran tak jarang membuat nasabah salah dalam memilih, hingga akhirnya menyesal.

Apabila Anda juga merasa tidak nyaman dan kurang puas dengan kinerja asuransi yang Anda miliki sekarang, Anda boleh kok ganti asuransi!

Ingin tahu alasan orang ganti asuransi mobil? Mari kita simak di pembahasan berikut ini!

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Ini Dia Alasan Orang Ganti Asuransi Mobil

Memang, ganti asuransi mobil itu memerlukan waktu, tenaga, dan mungkin biaya ekstra.

Namun, apabila memang diperlukan, Anda bisa mengganti asuransi mobil. Berikut ini alasan-alasan yang membuat nasabah mengganti asuransi mobil.

 

#1 Perlindungan yang Ditawarkan Sedikit

Apakah Anda merasa asuransi yang Anda miliki sekarang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda? Misalnya, Anda tidak mendapat proteksi yang menurut Anda penting dan tidak serinci yang Anda pikirkan.

Bila itu yang menjadi unek-unek Anda terhadap perusahaan asuransi Anda saat ini, tak ada salahnya untuk pindah layanan asuransi.

 

#2 Kebutuhan Perlindungan Berubah

Alasan kedua untuk ganti asuransi adalah apabila kebutuhan perlindungan Anda berubah, namun perusahaan asuransi yang dimiliki saat ini tidak memiliki jenis pertanggungan terbaik untuk kebutuhan spesifik yang Anda inginkan.

Memang, Anda bisa saja memperluas perlindungan dengan membeli rider yang ditawarkan perusahaan Anda. Tapi, dengan menambah rider, besaran premi akan naik.

Pindah Asuransi Mobil 03 Asuransi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia?]

 

Atas alasan ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk ganti penyedia layanan asuransi mobil.

Apalagi jika Anda sudah melakukan riset dan mendapat perusahaan asuransi lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, di mana Anda akan mendapat produk yang lebih menguntungkan dan premi yang relatif ekonomis.

 

#3 Pengalaman Klaim Buruk: Sulit, Lama, Ditolak

Apabila Anda merasa kurang puas dengan pelayanan klaim asuransi mobil Anda saat ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk ganti asuransi.

Proses klaim berbelit-belit, birokrasi dan prosedur lambat, serta membuat Anda kewalahan sendiri, tentunya bukanlah sesuatu yang kita harapkan sebagai nasabah.

Jika semua itu terjadi pada asuransi yang Anda miliki saat ini, tidak usah berpikir panjang lagi, inilah saatnya Anda berpindah atau mencari layanan asuransi lain!

Cobalah untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan produk asuransi lain.

Anda bisa menanyakan hal itu di forum asuransi online atau pada orang terdekat, misalnya teman, keluarga, dan sahabat.

Lebih baik pilih asuransi mobil dengan fasilitas klaim yang sudah terbukti cepat dan praktis.

 

#4 Customer Service Tidak Memuaskan

Dalam bidang bisnis dan jasa, customer service memang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Apalagi kalau bicara tentang penyedia jasa asuransi yang menuntut Anda untuk banyak berinteraksi dengan customer service.

Jika customer service sulit untuk dihubungi melalui telepon atau email, atau Anda tidak dilayani dengan professional walau sudah menjadi pelanggan setia selama sekian tahun, mungkin ini waktu yang tepat untuk Anda pindah ke lain hati!

Pindah Asuransi Mobil 04 Asuransi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Mobil Baru? Kenali Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Membelinya]

 

Customer service yang kurang maksimal memang kerap menjadi salah satu alasan utama yang membuat para nasabah kabur.

Jika Anda ingin beralih ke penyedia asuransi lain yang memiliki pelayanan customer service yang lebih baik, jangan lupa untuk meminta saran dan referensi kepada rekan dan kerabat yang sudah pernah memiliki pengalaman baik terhadap customer service asuransi mobil.

 

#5 Pilihan Bengkel Rekanan Sedikit dan Layanannya Kurang Memuaskan

Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil. Tentunya setiap perusahaan asuransi mobil selalu memiliki hubungan kerja dengan sejumlah bengkel.

Untuk itulah, salah satu indikator yang menentukan kualitas layanan dari asuransi mobil adalah kualitas dan kuantitas bengkel rekanan.

Dari segi kualitas, Anda bisa nilai dari hasil kerja dan layanan yang diberikan oleh bengkel terkait.

 

Bila Anda selalu mendapatkan layanan yang kurang memuaskan dari bengkel rekanan penyedia asuransi Anda saat ini, Anda bisa pindah dan mencari perusahaan penyedia asuransi mobil lain yang bekerja sama dengan bengkel-bengkel ternama.

Sedangkan dari segi kuantitas, Anda bisa menilai dari berapa banyak bengkel di kota Anda yang bekerja sama dengan penyedia asuransi mobil Anda. Semakin banyak dan semakin luas jangkauannya, tentu semakin baik.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Pindah Asuransi Mobil?

Anda sebenarnya dapat berpindah perusahaan asuransi setiap saat. Tapi, sebaiknya Anda menunggu sampai periode premi Anda berakhir.

Pasalnya, jika Anda berhenti di tengah-tengah periode, Anda akan direpotkan untuk mengurus pengembalian dana premi Anda yang tidak terpakai. 

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini sampai habis. Apakah informasi ini menambah pemahaman Anda dalam memilih perusahaan asuransi mobil?

Jika Anda pernah pindah asuransi mobil, Anda bisa membagikan pengalaman Anda dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini!

Jika kerabat atau rekan kerja Anda juga membutuhkan informasi tentang asuransi mobil, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada mereka, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • JTO. 30 Januari 2015. 4 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah Penyedia Asuransi Mobil. Cekaja.com – https://goo.gl/PGva7W
  • Agustina Melani. 22 Mei 2016. Alasan Anda Harus Ganti Asuransi Mobil. Liputan6.com – https://goo.gl/Ntdx9m

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://goo.gl/oBXhfL
  • Asuransi 2 – https://goo.gl/cx7Wnm
  • Asuransi 3 – https://goo.gl/xcKwzn
  • Asuransi 4 – https://goo.gl/PZdZFF
Summary
Waktu Yang Tepat dan Alasan Pindah Asuransi Mobil
Article Name
Waktu Yang Tepat dan Alasan Pindah Asuransi Mobil
Description
Apakah asuransi mobil yang Anda miliki saat ini memiliki banyak celah? Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk Anda pindah asuransi mobil!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo