Bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik di Indonesia? Seperti yang Anda ketahui, kendaraan bermotor adalah sebuah aset yang memiliki nilai yang terbilang cukup tinggi. Hal ini tentu menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk merawat dan bahkan melindunginya dengan sebaik-baiknya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Tingginya Tingkat Risiko terhadap Mobil

Hampir setiap keluarga di Indonesia mempunyai satu kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Belum lagi ditambah dengan banyaknya mobil angkutan dan truk-truk, menjadikan jalanan di Indonesia semakin ramai. Semakin ramainya jalanan di Indonesia ternyata menimbulkan masalah tersendiri, diantaranya adalah kecelakaan lalu lintas, yang banyak mengakibatkan kerugian materi dan jiwa. Selain itu, banyaknya mobil di Indonesia ternyata juga membuat tingginya tingkat risiko kehilangan mobil. Banyak juga orang di Indonesia yang kehilangan mobil mereka saat diparkir di tempat-tempat yang kurang pengawasan.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan dalam melindungi mobil tersebut adalah dengan cara membeli polis asuransi mobil yang akan menjamin berbagai risiko yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi pada mobil yang Anda miliki. Penggunaan asuransi mobil sudah bukan sebuah hal baru lagi saat ini, sebab sejak belasan tahun yang lalu layanan asuransi mobil sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat luas. Mari kita simak beberapa hal di bawah ini saat akan memilih asuransi mobil, sehingga Anda bisa menemukan asuransi mobil terbaik untuk Anda.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

5 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ada 5 hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih asuransi mobil mana yang paling baik. Berikut ulasannya:

 

#1 Sesuaikan Dengan Kebutuhan Dan Kondisi Mobil Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat dan mengetahui dengan jelas mengenai kondisi mobil Anda, hal ini biasanya meliputi: kondisi mesin, body, usia dan berbagai hal lainnya yang dianggap perlu menjadi pertimbangan. Dengan mengetahui kondisi mobil tersebut, maka Anda dengan mudah bisa memilih jenis asuransi mobil yang paling tepat bagi mobil Anda tersebut.

Terdapat 2 jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan, yakni:

Asuransi All Risk atau Comprehensive

Asuransi ini akan menjamin hampir semua risiko yang mungkin akan terjadi pada mobil Anda, seperti kecelakaan besar serta kecelakaan kecil. Namun meski begitu, akan selalu ada pengecualian dalam polis asuransi tersebut yang patut Anda cermati dan ketahui sejak awal, agar berbagai hal tersebut tidak akan menimbulkan sejumlah kerugian bagi Anda di masa yang akan datang.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi ini hanya akan menjamin kerusakan mobil yang terjadi di atas 75% saja, artinya berbagai kecelakaan atau kerusakan kecil tidak akan dijamin olehnya.

punya-mobil-baru-kenali-manfaatnya-asuransi-mobil-sebelum-membelinya-01-finansialku

[Baca Juga: Punya Mobil Baru? Kenali Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Membelinya]

 

#2 Pilih Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi mobil. Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini dalam memilih sebuah perusahaan asuransi terbaik:

  • Kredibilitas Perusahaan. Pastikan Anda menggunakan layanan asuransi dari perusahaan yang memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya. Pertimbangkan reputasi mereka di tengah-tengah masyarakat luas, di mana Anda bisa melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi yang akan Anda pilih nantinya.
  • Rasio Keluhan Pelanggan. Lihat dengan baik informasi mengenai rasio keluhan nasabah mereka, cari informasi ini secara online dengan melihat situs resmi mereka dan juga meneliti berbagai forum online mengenai asuransi yang bisa dipercaya. Perhatikan seberapa besar tingkat penyelesaian keluhan nasabah yang mereka lakukan, semakin tinggi tingkat penyelesaian tersebut maka akan semakin baik bagi Anda untuk memilih mereka.
  • Bengkel Rekanan Perusahaan. Bengkel rekanan perusahaan asuransi juga patut untuk menjadi bahan pertimbangan, pilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan yang bisa dipercaya dan akan mempermudah Anda dalam melakukan perbaikan terhadap mobil Anda jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan ataupun kecelakaan. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan bisa dipercaya dan jaraknya dekat dengan rumah atau kantor Anda, jadi Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya. Lihat dan pertimbangkan rekam jejak bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut dan pastikan mereka memiliki kemampuan yang baik dalam memperbaiki setiap kerusakan yang terjadi pada mobil klien mereka.
  • Fitur Layanan Perusahaan. Pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki berbagai fitur pendukung yang lengkap, ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang pada saat mengalami kecelakaan. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan call center 24 jam penuh dan cepat dalam menanggapi laporan kliennya, memiliki fasilitas ambulans dan mobil derek jika sewaktu-waktu dibutuhkan, memiliki fasilitas mobil pengganti ketika mobil Anda berada di bengkel dan dalam masa perbaikan. Semua fitur ini akan membuat Anda lebih nyaman dan juga tidak mengalami berbagai kesulitan dalam mengajukan perbaikan setelah adanya kecelakaan pada mobil Anda.

apa-saja-kriteria-produk-asuransi-mobil-terbaik-yang-perlu-anda-ketahui-finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Kriteria Produk Asuransi Mobil Terbaik yang Perlu Anda Ketahui?]

 

#3 Pertimbangkan Rekomendasi Pihak Dealer

Jika Anda tidak dapat memilih asuransi mobil sendiri, ada baiknya jika Anda datang ke dealer dimana Anda membeli mobil, lalu tanyakan kepada pihak dealer tentang asuransi mobil mana yang baik. Mintalah informasi kepada dealer terhadap suatu asuransi yang menurut dealer bisa dipercaya. Jika pihak dealer memberikan informasi positif dan menyarankan Anda terhadap suatu perusahaan, itu tandanya perusahaan tersebut dapat dipercaya. Namun rekomendasi dari dealer bukanlah harga mati yang harus Anda ikuti, Anda tetap bisa mencari dan menemukan sendiri perusahaan asuransi yang menurut Anda yang terbaik dan juga paling tepat untuk mobil Anda.

 

#4 Pilih Produk yang Paling Tepat Dan Lakukan Perbandingan

Jangan cepat-cepat mengambil keputusan, karena penting bagi Anda untuk menemukan produk asuransi terbaik dan paling tepat bagi mobil Anda. Beberapa asuransi mungkin akan terlihat sama, namun setelah mencari berbagai informasi secara detail maka Anda bisa menentukan pilihan dan menemukan satu produk yang paling tepat. Lakukan perbandingan terhadap produk yang sama yang berasal dari perusahaan asuransi yang berbeda, sehingga Anda mengetahui dengan jelas kira-kira layanan asuransi dari perusahaan mana yang paling tepat dan akan Anda jadikan sebagai pilihan. Perbandingan ini bisa dilakukan dengan cara mendatangi perusahaan asuransi atau dengan cara mendatangi situs resmi mereka lewat jaringan internet.

anda-pemilik-mobil-ketahui-cara-klaim-asuransi-mobil-korban-banjir-finansialku

[Baca Juga: Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

#5 Sesuaikan Nilai Premi Dengan Kemampuan Anda Membayar

Besaran premi tentu akan mempengaruhi manfaat dan juga perlindungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Anda tentu ingin menggunakan layanan asuransi terbaik, dengan premi terbaik dan juga perlindungan terbaik pula. Namun di luar semua keinginan tersebut, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kemampuan keuangan yang Anda miliki. Jangan memaksakan diri untuk mengambil sejumlah premi, yang terbilang besar, namun berada di luar jangkauan keuangan Anda. Hal seperti ini hanya akan membuat keuangan Anda terganggu dan menimbulkan sejumlah masalah dalam anggaran keuangan Anda.

 

Temukan Yang Paling Pas Untuk Anda

Asuransi mobil bukan lagi hal yang sulit untuk dapat Anda temukan sekarang ini. Ada banyak perusahaan asuransi yang dapat dijadikan pertimbangan, artinya banyak pula yang bisa Anda jadikan pilihan. Temukan dan pilihlah perusahaan asuransi mobil terbaik bagi mobil Anda. Pilihlah perusahaan yang membuat Anda nyaman dengan adanya perlindungan dari mereka. Namun jangan juga memaksakan diri membeli asuransi mobil yang berada di luar jangkauan keuangan Anda. Pilihlah yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam memilih asuransi mobil terbaik? Apa yang Anda lakukan untuk menemukan asuransi mobil tersebut? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 2013. 4 Tips Mudah Memilih Asuransi Mobil Terbaik. Modifikasi.co.id – https://goo.gl/zqzhbM
  • 2013. 9 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor. Akuratpost.com – https://goo.gl/O3aj3O
  • 23 Juni 2016. Cara Memilih Asuransi Kendaraan dengan Tepat. Cermati.com – https://goo.gl/sp82ah

 

Sumber Gambar:

  • Driving – https://goo.gl/L0lEuW dan https://goo.gl/dpbCcZ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang