Setelah lulus kuliah ada beban baru yang menghadang, yaitu jadi pengangguran.  Agar terbebas dari pengangguran, seseorang harus hasilkan uang.

Jika belum diterima kerja, lakukan 8 kegiatan prospektif ala Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Lulus Kuliah, Masih Jadi Pengangguran?

Setelah kuliah, yang harus dihadapi para mantan mahasiswa adalah mencari pekerjaan. Melamar ke sana kemari dengan penuh semangat dan berharap besar akan diterima pada salah satu perusahaan yang dilamar.

Namun beberapa perusahaan tersebut belum memberikan jawaban. Jangan bersedih atau patah semangat, karena semua butuh proses dan proses tidak akan mengkhianati hasil.

 

Lakukan 7 Cara Ini untuk Dapat Uang Selama Menganggur

Untuk mengisi waktu Anda menunggu kesempatan di sebuah perusahaan tersebut, ada baiknya Anda mencoba mendulang rupiah dulu dengan cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa lulusan baru yang masih belum berpengalaman di perusahaan mana pun.

Ya, bisa jadi proses ‘mendulang rupiah’ ini membuka peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman Anda karena tambahan relasi.

Berikut adalah 8 kegiatan beruang bagi mahasiswa fresh graduate yang belum diterima kerja di tempat mana pun.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#1 Jual Foto Anda

Untuk Anda pengangguran yang suka selfie. Selfie sangat identik dengan kebiasaan saat Anda menjadi mahasiswa, bukan? Jual saja foto Anda pada situs yang biasa mencari hasil foto digital.

Semakin bagus foto digital Anda maka semakin banyak rupiah yang Anda dapatkan.

7 Kegiatan Hasilkan Uang Banyak Bagi Pengangguran Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun? Ketahui Rahasianya!]

 

#2 Menjadi Seorang Blogger dan Publisher

Hobi buat artikel bermanfaat untuk orang lain, maka bisa jadi menjadi blogger adalah cocok buat Anda. Kemampuan menulis saat mahasiswa akan sangat berguna di sini.

Jadi blogger sama juga Anda menjadi publisher bagi penyedia iklan yang akan muncul pada blog Anda.

Artinya, jika blog Anda menarik dan banyak dikunjungi maka pihak iklan, contohnya Google Adsense akan memberi uang kepada Anda dari sejumlah klik dari iklan yang tampil di blog Anda.

 

#3 Mengundang Traveler di Seluruh Dunia

Kegiatan ini berhubungan dengan jasa yang akan Anda tawarkan kepada traveler dengan menghubungkan mereka langsung dengan memperkenalkan kuliner lokal daerah tersebut.

EatWith.com akan membayar Anda dengan baik, terlebih jika Anda memiliki hobi memasak.

 

#4 Jasa Promosi Sewa Ruang

Kebetulan di rumah Anda ada ruang di bagian depan yang tidak terpakai dan rumah Anda letaknya strategis di antara beberapa fasilitas umum sekitar?

Daftarkan ruangan tersebut pada Airbnb.com, iklan secara global akan memudahkan promosi sewa ruang Anda diketahui orang dan cepat laku untuk disewa.

7 Kegiatan Hasilkan Uang Banyak Bagi Pengangguran Fresh Graduate 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

#5 Mengajar Online di Udemy.com

Apakah Anda memiliki kemampuan Photoshop atau pemrograman komputer? Gabung dengan Udemy.com dan dapatkan cash yang cukup menggiurkan dari sana.

 

#6 Menjadi Guru Bahasa Online atau Memberikan Layanan Menjaga Anak

Pengangguran yang menyukai bahasa diuntungkan di sini. Italki.com bisa menjadi fasilitator Anda untuk berbagi ilmu bahasa Anda dan mendapatkan uang dengan mudah.

Anda sangat menyukai dunia anak dan sayang kepada anak kecil adalah modal awal bagi Anda untuk mendirikan kegiatan beruang dalam hal layanan menjaga anak.

Hitungan per jam ratusan ribu akan cepat membuat Anda yang notabene mahasiswa baru tanpa pengalaman kaya secara mutlak. Asalkan pelayanan Anda memuaskan para pelanggan lama atau baru Anda.

 

#7 Menjadi Mistery Shopper

Kegiatan ini adalah menyamar untuk menjadi pembeli pada sebuah merek tertentu dan memberikan laporan pengalaman Anda terhadap merek tersebut.

Anda dibayar dengan cara makan dan belanja gratis di merek favorit Anda. Menarik, bukan?

7 Kegiatan Hasilkan Uang Banyak Bagi Pengangguran Fresh Graduate 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

 

Ambil Kesempatan Dapat Uang Untuk Mandiri Finansial Segera

Jangan sia-siakan setiap kesempatan yang masih bisa Anda lakukan, terlebih jika hak tersebut bisa mengurangi beban orang tua untuk menghidupi Anda saat Anda belum bekerja sesuai dengan pekerjaan idaman Anda.

Bisa jadi kenyamanan Anda pada salah satu kegiatan beruang di atas dapat menjadikan Anda seorang wirausahawan atau wirausahawati dan berkontribusi membuka banyak lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. Who knows?

Sebagai rekomendasi untuk Anda fresh graduates yang ingin tetap menabung, simak tipsnya dalam video di bawah ini.

 

Setelah membaca artikel di atas, jenis pekerjaan apa yang Anda pikirkan? Yuk bagikan artikel ini pada sebanyak-banyaknya teman sesama fresh graduate, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pengangguran 1 – https://bit.ly/2yqcDPQ
  • Pengangguran 2 – https://bit.ly/2VHQ6pD
  • Pengangguran 3 – https://bit.ly/2XPb7Bx