Pengertian Nilai Aktiva Bersih (NAB) & Cara Menghitungnya

Pengertian Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan Cara Menghitungnya akan dibahas oleh Perencana Keuangan Independen Finansialku dalam artikel kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Jika berbicara mengenai investasi reksa dana, kita tidak akan lepas dengan istilah Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Net Asset Value (NAV). Apa yang dimaksud dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB)?

Pengertian Nilai Aktiva Bersih (NAB) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Sebelumnya, jika Sobat Finansialku baru mengenal investasi reksa dana, tidak ada salahnya melihat slide presentasi berikut:

 

[/fusion_builder_column]

[slideshare id=50158462&doc=mengenalinvestasireksadanauntukpemula-150704102216-lva1-app6892]

Pada bagian kedua dibahas mengenai Nilai Aktiva Bersih (NAB) apa yang dimaksud dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB)?

Nilai Aktiva Bersih (NAB) adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih Reksa Dana setiap harinya.

Apa maksudnya total kekayaan bersih?Total aktiva bersih adalah

Nilai pasar setiap jenis aset investasi (saham, obligasi, surat berharga pasar uang, serta deposito) + dividen saham + kupon obligasi – biaya operasional reksa dana (biaya MI, biaya Bank Kustodian, dan biaya lain-lain).

 

 

Unit Penyertaan (UP)

Produk Reksadana dijual dalam satuan unit, sama seperti emas satuan yang diguanakan jika seseorang membeli emas adalah gram. Reksadana memungkinkan investor membeli dalam jumlah unit, maupun dalam Rupiah yang dikonversi dalam unit. Lihat contoh / simulasi perdagangan reksa dana di bawah.

 

NAB / UP

Definisi Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit penyertaan menurut Wikipedia:

NAB (Nilai Aktiva Bersih) per unit penyertaan adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut.

 

Nilai ini berubah-ubah setiap harinya (hari transaksi Senin – Jumat). Nilai ini dipengaruhi oleh transaksian pembelian dan penjualan Reksa Dana oleh para investor, harga pasar dari aset Reksa Dana dan perubahan dana kelolaan (Asset Under Management – AUM).

 

Contoh NAB, UP, dan NAB/UP

Berikut ini contoh NAB, UP dan NAB/UP sebuah produk reksa dana di pasar. Contoh ini tidak dimaksudkan untuk memberikan penilaian dan bukan untuk saran transaksi. Anda dapat mengecek pada fund fact sheet reksa dana.

Pengertian Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan Cara Menghitungnya 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Pada bagian Nilai Aktiva Bersih, dapat dilihat bahwa NAB dari TRIM Kapital Plus pada Bulan Januari adalah 420,90 Milliar naik menjadi Rp 445,87 Milliar pada Bulan Februari. Artinya total jumlah dana kelolaan yang mencakup kas dan instrumen investasi bertambah pada bulan Februari sebesar 24.97 milliar atau 5.93%.

Nilai Aktiva bersih per Unit (NAB/UP) pada bulan Januari 2.667,41 dan naik menjadi 2.840,83 pada bulan Februari. Artinya investor yang membeli TRIM Kapital Plus pada Bulan Januari dan menjualnya pada bulan Februari sudah mengalami keuntungan sebesar selisih 173,42 atau 6.50%.

Unit Penyertaan pada bulan Januari sebanyak 157.79 juta dan turun menjadi 156.95 juta pada bulan Februari. Pada bulan Februari, investor banyak yang menjual investasinya dibandingkan investor yang membeli investasi.

Pengertian Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan Cara Menghitungnya 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Pada saat Kita membaca berita di koran NAB/UP reksa dana Naik atau Turun, jangan panik. Kenaikan atau penurunan NAB/UP itu tidak berarti KITA untung atau rugi. NAB/UP menunjukkan kenaikan atau penurunan jumlah dana kelolaannya.

Nilai Aktiva Bersih (NAB) juga tidak menunjukkan murah atau mahalnya suatu reksa dana. Pada saat reksa dana dijual pertama kali nilai aktiva bersih (NAB) adalah Rp 1.000 per unit. Seiring kenaikan asset dan dana kelolaan, maka NAB akan mengalami kenaikan harga. Tingginya NAB suatu reksa dana disebabkan aset-aset reksa dana tersebut telah mengalami kenaikan nilai. Contoh sejak diluncurkan Trim Kapital Plus telah mengalami kenaikan dana kelolaan sebesar 184,08% (lihat tabel di atas). Harga perdana Rp 1.000, harga per 28 Februari 2.840,83.

 

 

Investasi Reksa Dana

Contoh Pertama (membeli berdasarkan Rupiah)

Pada tanggal 5 Febuari 2015, Pak Ronald membeli Reksadana XYZ sebesar Rp 5.000.000. NAB/unit Reksadana XYZ pada hari itu adalah Rp. 1.589,65. Maka unit penyertaan yang Pak Ronald miliki adalah Rp 5.000.000/1.589,65 = 3.145,346 unit penyertaan.

 

Contoh Kedua (membeli berdasarkan Unit)

Pak Ronald ingin membeli reksa dana XYZ sebanyak 3.000 unit. Maka uang yang harus diinvestasikan untuk membeli 3.000 unit reksa dana XYZ adalah Rp 1.589,65 x 3.000 = Rp 4.768.950.

 

Secara teoritis memang memungkinkan untuk dua cara di atas, tetapi secara praktenya lebih sering contoh pertama. Jika Anda membeli reksa dana sebelum jam 12 siang di hari Senin, nilai NAB/UP baru keluar di hari Selasa. Kalau Anda transaksi lebih dari jam 12 siang di hari Senin, nilai NAB/UP baru keluar di hari Rabu.

 

Kesimpulan

Harga NAB / UP tidak menunjukkan keuntungan atau kerugian investasi kita. NAB / UP juga bukan menunjukkan apakah investasi mahal atau murah. NAB / UP digunakan sebagai harga satuan reksa dana. Perhitungan keuntungan atau kerugian reksa dana dilakukan dengan mengurangkan hasil penjualan reksa dana dengan investasi awal.

 

Apakah Bapak/Ibu pernah merasa bingung dengan nilai aktiva bersih (NAB)?

 

Sumber:

  • Bareksa – Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan Cara Menghitungnya – http://goo.gl/Iq9F23
  • DanaReksa – Memahami Reksa Dana – http://goo.gl/BhCTL3
  • Fund Fact Sheet TRIM Kapital Plus February 2014 – http://goo.gl/xgVy2A
  • Investment Option – http://goo.gl/cS0G6H
  • Rudiyanto – Apakah NAB = Harga Reksa Dana? – http://goo.gl/JyU8LJ
  • Wikipedia – Reksa Dana – https://goo.gl/f97WU9

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By |2018-07-18T10:10:55+00:00July 7th, 2015|Categories: #IndonesianDreams|Tags: , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Reksadana 101 8 October 2017 at 16:26 - Reply

    Wah artikel yang bagus. Izin mengutip ya min^^

    • Finansialku
      Finansialku 10 October 2017 at 10:33 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment