Pernah dengar kata resesi dalam bidang ekonomi? Kalau belum baca artikel Finansialku yang akan membahas pengertian lengkap tentang resesi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Resesi Akibat Pandemi

Pandemi covid-19 yang sampai saat ini masih belum mereda membuat ekonomi berbagai macam negara sangat terganggu.

Berbagai macam kebijakan dibuat oleh pemerintah berbagai negara untuk terus menaklukkan pergerakan dari virus covid-19 yang persebarannya begitu cepat.

Salah satu dampak terbesar dari pandemi pada bidang ekonomi adalah adanya resesi ekonomi.

Jika dilihat dari bulan-bulan sebelumnya banyak negara yang menyatakan negara tersebut mengalami resesi, lalu apa resesi itu sebenarnya?

 

Pengertian Resesi

Dikutip dari Forbes (15/07/20) resesi adalah penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangung selama berbulan bulan bahkan bertahun-tahun.

Sementara itu Muhammad Edhie Purnawan seorang Senior Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) mengatakan bahwa resesi adalah istilah dalam bidang makroekonomi yang mengacu pada penurunan yang signifikan dalam kegiatan ekonomi.

Resesi ini bisa dianggap sebagai bagian tak terhindarkan dari siklus bisnis yang terjadi dalam perekonomian suatu negara.

Resesi mengakibatkan penurunan secara simultan pada setiap aktivitas di sektor ekonomi. Sebut saja lapangan kerja, investasi, dan juga keuntungan perusahaan.

Terjadinya resesi ekonomi menimbulkan efek domino pada masing-masing kegiatan ekonomi tersebut.

Ketika investasi mengalami penurunan, maka tingkat produksi atas produk atau komoditas juga akan menurun. Dampaknya akan terjadi banyak pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja.

Secara lebih lanjut, kondisi tersebut mengakibatkan daya beli masyarakat menurun yang berimbas pada turunnya keuntungan perusahaan.

 

Faktor Penyebab Resesi

Penyebab terjadinya resesi ini bisa berbagai macam hal, salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi yang negatif pada 2 kuartal.

Contoh nyatanya adalah pandemi covid-19. Saat seluruh dunia mengalaminya, utang yang berlebihan dan terlalu banyak inflasi.

Terlalu banyak deflasi juga menjadi salah satu penyebab resesi.

Deflasi sendiri adalah ketika harga turun dari waktu ke waktu yang menyebabkan upah berkontraksi, yang selanjutnya berdampak pada penekanan harga.

Terjadi ketidakseimbangan antara produksi dengan konsumsi jadi penyumbang adanya resesi dan juga Tingkat pengangguran tinggi adalah faktor yang juga menjadi penyebab resesi.

 

Dampak Resesi

Dampak dari resesi ini jika sampai terjadi akan membuat sebuah efek domino pada kegiatan ekonomi saat ini.

Salah satu dampaknya adalah hilangnya sejumlah lapangan kerja yang akibatnya  angka pengangguran akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) tentu berdampak pada produksi sebuah bisnis atau usaha dimana produksi barang dan jasa akan berkurang dan terus merosot yang mengakibatkan adanya penurunan PDB secara nasional.

Ancaman Resesi 2020! Sebenarnya Apa Itu Resesi 02

[Baca Juga: Strategi Mengatur Keuangan Keluarga Muda Di Tengah Resesi]

 

Jika tidak segera ditangani, maka efek domino ini akan menjalar ke berbagai macam sektor.

Adanya resesi juga akan mengakibatkan macetnya kredit perbankan hingga inflasi yang tentunya sulit di kendalikan dan sebaliknya akan terjadi deflasi.

Hal ini sangat berdampak pada cadangan devisa suatu negara jika terus terjadi.

Pada bentuknya nyatanya, akan banyak orang yang kehilangan rumah atau tempat tinggalnya, karena tak sanggup lagi membayar cicilan rumah.

Daya beli masyarakat juga menurun, dan berlanjut ke banyaknya pebisnis yang mulai bangkrut atau gulung tikar karena kurangnya minat belanja masyarakat.

Jika ditanya sebahaya apa resesi ? tentunya sangat berbahaya bagi suatu negara jika tidak segera di tangani.

 

Cara Mengurangi Dampak Resesi

Upaya pemerintah dalam mengurangi dampak dari resesi adalah di perlukan adanya terobosan yang kreatif dan inovatif di sektor ekonomi agar terhindar dari resesi.

Selain itu juga tentu diperlukan kebijakan yang membuka sebanyak mungkin potensi peluang agar bisa keluar dari ancaman krisis ekonomi.

Dalam hal ini pemerintah juga perlu untuk memperhatikan bidang-bidang atau sektor-sektor yang tentunya di masa pandemi ini pertumbuhannya masih bisa dibilang positif walaupun kecil.

Sektor-sektor tersebut bisa menjadi pemicu untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara nasional.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Bagikan informasi bermanfaat ini kepada rekan-rekan Anda yang belum memahami resesi.

 

 

Sumber Referensi:

  • Nur Fitriatus. 4 Agustus 2020. Mengenal Apa Itu Resesi Ekonomi, Dampak dan Penyebabnya. Kompas.com – https://bit.ly/3dvKNlH
  • Dandy Bayu. 7 Agustus 2020. Mengenal Apa Itu Resesi Ekonomi dan Bedanya dengan Depresi Ekonomi. Kompas.com – https://bit.ly/3iZlARD
  • Yantina Debora. 12 Agustus 2020. Apa itu Resesi Ekonomi dan Faktor Penyebabnya. Tirto.id – https://bit.ly/3j0Gvnr
  • Admin. Apa itu Resesi Ekonomi, Indikator Suatu Negara Memasuki Resesi. Simulasikredit.com – https://bit.ly/3k3VPBh