Ketika perjalanan di Jogja, penginapan murah adalah salah satu poin yang dipertimbangkan. Cek rekomendasi penginapan murah di Jogja yang cocok untuk backpacker.

Simak pembahasan Finansialku dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Peran Penginapan bagi Backpacker

Yogyakarta adalah salah satu tujuan utama wisata domestik. Bukan hal yang mengejutkan, pasalnya daerah ini memiliki segudang landmark yang terkenal hingga luar negeri.

Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Sri Gethuk, Prambanan, Malioboro, Alun-alun Kidul, dan sebagainya.

Bagi backpacker, Jogja juga memiliki tempat tersendiri, sebab memiliki harga makanan dan penginapan yang relatif murah.

Sebagai tujuan wisata favorit, dua poin ini menjadi pertimbangan utama bagi pelancong, khususnya mereka yang bergaya backpacker.

Backpacker adalah mereka yang melakukan perjalanan dengan fokus tama menekan budget dan ringkas. Umumnya, mereka cenderung memilih penginapan murah agar keuangan tidak membengkak.

 

Rekomendasi Penginapan Murah di Yogyakarta

Berikut ini rangkuman 10 penginapan murah di Yogyakarta yang cocok untuk backpacker:

 

#1 Deep Purple Homestay

Ketika sedang backpacker-an ke Yogyakarta, kamu bisa menginap di Deep Purple Homestay yang ada di Gedongkiwo MJ I/784 Yogyakarta.

Homestay dengan harga Rp50.000 ini bersih, nyaman, dan tenang. Pemilik homestay juga sangat ramah serta lancar berbahasa Inggris.

Penginapan ini berjarak 600 meter dari Halte Trans Jogja dan hanya 1,5 km dari Alun-alun Kidul.

10 Penginapan Murah di Jogja, Cocok Untuk Backpacker! 01 - Finansialku

[Baca juga: 10+ Penginapan Murah di Malang, Harga Di Bawah Rp100 Ribu]

 

#2 Pondok 71

Penginapan ini berada di Jalan MT Haryono, Pugeran MJ2 71, Yogyakarta. Dengan harga mulai dari Rp60.000 per malam, kamu akan mendapatkan fasilitas seperti kipas angin, TV, serta kamar mandi.

Lokasi tempat sangat mudah ditemukan, yakni berada tak jauh dari keraton, Halte Trans Jogja, dan Alun-alun Kidul.

 

#3 Selo Homestay

Selo Homestay beralamat di Jalan Suryodiningrat Gang Subarman No 721, Yogyakarta.  Harga sewa homestay ini adalah Rp50.000 per malam.

Tempat ini berada 16 km dari Candi Prambanan dan merupakan salah satu penginapan populer di kalangan backpacker.

 

#4 Puspa Jaya Backpacker

Puspa Jaya Backpacker terletak hanya 0,5 km dari Halte MT Haryono 1 atau hanya 10 menit dari Malioboro. Dengan Rp70.000 kamu bisa mendapatkan room dengan kapasitas empat orang.

Fasilitas yang tersedia adalah WiFi, kipas angin, dan TV. Sayangnya, kamu hanya mendapatkan akses kamar mandi bersama yang terletak di luar ruangan.

 

#5 Grand Zea

Grand Zea adalah salah satu opsi terbaik jika ingin memperoleh penginapan murah. Dengan Rp60.000, kamu akan mendapatkan kamar nyaman dengan fasilitas dasar serta bebas rokok.

Penginapan ini beralamat di Gang Pulanggeni UH No 5/421A, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Penginapan ini hanya berjarak 3 km dari Stasiun Lempuyangan.

10 Penginapan Murah di Jogja, Cocok Untuk Backpacker! 02 - Finansialku

[Baca juga: 10 Daftar Penginapan Murah di Bandung Dibawah Rp100 Ribu]

 

#6 Madumurti Homestay

Penginapan ini menyediakan kamar berkapasitas dua orang. Meski begitu, harganya sangat murah, yakni hanya Rp60.000 saja per malam.

Dengan harga yang dibayar, kamu akan mendapat fasilitas seperti TV, kipas angin, serta kamar mandi di ruangan atau di luar. Madumurti Homestay ada di Jalan Madumurti No 33, Wirobrajan, Yogyakarta.

 

#7 Edu Hostel Bintang 1

Jika kamu menginginkan penginapan murah yang dekat dengan bandara, maka tempat ini adalah jawabannya. Edu Hostel Bintang 1 dekat dengan Bandara Adi Sucipto, yakni hanya 8,41 km.

Selain itu, hostel ini juga dekat dengan Museum Senobudoyo, Museum Benteng Vredeburg, serta Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Jika menginap di sini, kamu akan mendapat fasilitas berupa WiFi, ruang keluarga, kolam renang outdoor, kolam renang anak, fasilitas meeting, dan masih banyak lagi.

Harga sewa Edu Hostel Bintang 1 sangat terjangkau, yakni Rp80.000 per malam. Dengan alamat Jalan Letjen Suprapto No 17, Nagmpilan, penginapan ini begitu mudah dijumpai.

 

#8 Mango Tree Dipudjo Homestay Bintang 1

Tempat ini adalah salah satu penginapan murah terbaik untuk backpacker. Dengan harga Rp93.000 semalam, kamu akan mendapatkan kamar full AC, meja tulis, WiFi, kipas angin, serta balkon.

Dengan kamar yang hanya berjumlah 4, penginapan ini menawarkan ketenangan sekaligus kenyamanan. Mango Tree Dipudjo Homestay Bintang 1 ada di Jalan Sidoluhur MG 1 No 447, Pujokusuman, Yogyakarta.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

#9 Hotel Parangtritis Bintang 1

Hotel Parangtritis Bintang 1 memiliki harga sewa yang relatif murah. Dengan Rp97.000 kamu bisa mendapatkan fasilitas hotel.

Hotel ini sesuai untuk backpacker karena menawarkan ketenangan dan harga yang terjangkau. Selain itu, lokasi yang tak jauh dari Parangtritis menjadikannya istimewa.

Penginapan ini berlokasi di Mancingan Parangtritis Kretek, Bantul, Yogyakarta. Sementara kamar yang tersedia adalah 12 unit.

10 Penginapan Murah di Jogja, Cocok Untuk Backpacker! 03 - Finansialku

[Baca juga: Perbedaan Losmen, Hostel, Motel, Hotel yang Sering Ditanyakan]

 

Menginap Nyaman dengan Harga Aman

Yogyakarta memberi banyak pilihan penginapan yang ramah kantong. Dengan harga mulai 50 ribu-an, kamu bisa tidur nyenyak. Pastikan untuk memilih penginapan sesuai budget agar traveling berjalan lancar.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk mencatat pengeluaran liburan kamu agar lebih mudah. Download aplikasi Finansialku dengan klik link di bawah ini. Selamat liburan!

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia referensi penginapan murah untuk para backpacker. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang akan liburan ke Yogyakarta.

Jangan lupa untuk share artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Adhie Sathya. 20 Februari 2019. Ini Dia Perbedaan Backpacker dan Flashpacker! Pegipegi.com – https://bit.ly/38dH5sz
  • Admin. 10 Penginapan Dan Hotel Paling Murah di Jogja 50-130 Ribu yang Bagus. Jenishotel.info – https://bit.ly/2woRvIz
  • Admin. 11 Penginapan Murah di Jogja di Bawah 100 Ribu/Kamar. Yogyes.com – https://bit.ly/3ckTBd7
  • Si Gundul. 28 Juli 2019. 20 Penginapan Murah di Jogja Dibawah 50 Ribu dan 100 Ribu. Jejakpiknik.com – https://bit.ly/2VwOWim

 

Sumber Gambar:

  • Penginapan Murah 1 – http://bit.ly/2PYKlBY
  • Penginapan Murah 2 – http://bit.ly/39zAIBv
  • Penginapan Murah 3 – http://bit.ly/2IrshMG