Pembangunan rumah murah dilakukan karena banyaknya minat masyarakat Indonesia dalam mencari hunian yang terjangkau. Begitu pun dengan pengusaha asal Indonesia, Tommy Soeharto.

Kali ini Finansialku akan membahas berita mengenai rumah yang dibangun Tommy Soeharto, agar lebih jelas mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bangun 500.000 Unit Rumah Murah

Hutomo Mandala Putra Soeharto atau yang kerap disapa Tommy Soeharto merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Dirinya memiliki bisnis properti, otomotif hingga bisnis ritel.

Tommy digadang-gadang akan membangun rumah murah. Proyek terbarunya ini dikerjakan sendiri oleh perusahaannya.

PT Berkarya Makmur Sejahtera yang bekerjasama dengan Bin Zayed Group yang merupakan badan usaha yang berasal dari Dubai Uni Emirat Arab. Tommy tidak tanggung-tanggung langsung melakukan kerjasama dengan orang luar.

Perusahaan konglomerasi asal Dubai ini siap mengalirkan dana untuk pembiayaan proyek properti dan energi di seluruh wilayah Indonesia. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan di Jakarta (11/4/2019).

Group Managing Director Bin Zayed Group Midhat Kidwai mengatakan, kelompok bisnisnya masuk ke Indonesia karena Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam proyek perumahan, real estate dan energi.

Bin Zayed Group ini akan menyuntikan dana investasi sekitar US$ 3 miliar hingga US$5 miliar atau setara dengan Rp42 triliun (asumsi kurs Rp14.000). Dimana dana itu nantinya akan digunakan untuk membangun rumah murah.

Pengusaha Tommy Soeharto Bangun Rumah Murah Sebanyak 500.000 Unit 02 Perumahan - Finansialku

[Baca Juga: Punya Rumah Sendiri Jadi Kenyataan! Ini Strategi Kredit Rumah Murah]

 

Selain rumah murah, ada investasi lainnya seperti pembangkit listrik dari energi terbarukan. Namun Tommy mengatakan bahwa nilai investasi tersebut belum dirinci porsinya.

Berdasarkan hasil pembahasannya, dana tersebut jika dihitung secara keseluruhan, tidak menutup kemungkinan jika itu bisa ditambah jumlahnya karena mereka siap untuk mengalokasikan dana yang lebih besar.

Selanjutnya Tommy mengungkapkan jika rumah yang akan di bangun itu sekitar 500.000 unit. Tommy mengatakan:

“Kalau US$5 miliar itu kita konversikan tadi proyek rumah, satu rumah rumahnya US$10 ribu, Rp145 juta, berarti akan membuat kurang lebih 500 ribu, memang akan diupayakan ke arah ke sana.”

 

Tapi jangan beranggapan jika 500.000 unit itu akan dibangun secara bersamaan ya. Karena Tommy akan melihat dari segi feasible dan kesiapan dari pada tanah yang tersedia dan berapa jaraknya.

Milasari Kusumo Anggraini selaku Direktur Utama Berkarya Makmur Sejahtera mengatakan untuk melakukan kerjasama tersebut, detailnya bisa dilihat dalam 3 bulan mendatang.

Dengan harga 500 ribu-1 juta itu per tahun, cukup sangat didambakan masyarakat Indonesia. Dari pihak Bin Zayed dengan 500 ribu-1 juta (unit) per tahun target investment US$ 3-5 miliar. Dari situ akan dilihat bisnis-bisnis lainnya.

Milasari mengatakan dengan menggandeng perusahaan asing ini merupakan langkah positif yang bisa memasukan investasi dari luar negeri ke dalam negeri.

Rumah murah ini diharapkan dapat mengatasi masalah masyarakat, khususnya terkait masalah hunian. Tommy mengatakan:

“Mengapa proyek perdana kami adalah rumah murah, karena masih banyak rakyat Indonesia yang belum memiliki papan (rumah). Kami ingin membantu memenuhi kebutuhan rumah, sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan rakyat.”

 

Tommy memastikan, rumah murah ini akan dibangun oleh kontraktor lokal, dengan kandungan material yang seluruhnya juga lokal. Mulai dari pasokan batu bata, pasir, semen, furnitur, dan lain-lain.

Selain membangun rumah murah, Proyek lainnya, renewable energy atau energi terbarukan dijajaki juga, geothermal, solar panel, wind turbin, hydropower atau PLTA itu juga dijajaki untuk invest lebih banyak lagi.

Dengan begitu Indonesia tidak tergantung kepada energi fosil atau energi BBM.

 

Sukses Menurut Tommy Soeharto

Dalam berbagai kesempatan Tommy memberikan wejangan pada generasi muda untuk selalu bersemangat dalam berkarya. Karena pada dasarnya berkarya itu bukan hanya bekerja, berkarya itu berarti yang bisa menghasilkan nilai tambah.

Segala bisnis yang dikerjakan harus dijalani dengan optimis. Sebab, itu merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan.

Selain itu, Tommy pun menitikberatkan dalam masalah kejujuran dalam berbisnis. Menurutnya kejujuran merupakan kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Mengenai masalah modal, lanjut Tommy, itu bukan merupakan sebuah rintangan yang berarti bagi pebisnis. Sebab, jika ada kemauan, pasti bisa mendapatkan pinjaman modal.

Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk menghitung dan merencanakan modal Bisnis Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda juga bisa membaca ebook Pentingnya mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca berita diatas? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afriyadi. 11 April 2019. Modal Rp 70 T, Tommy dan Pengusaha Dubai Bangun 500.000 Rumah Murah. Finance.detik.com – http://bit.ly/2Uf0fre
  • Akhdi Martin Pratama. 11 April 2019. Ini Rahasia Tommy Soeharto Untuk Bisa Jadi Pengusaha Sukses. Money.kompas.com – http://bit.ly/2GcBjLT

 

Sumber Gambar:

  • Tommy Soeharto – http://bit.ly/2XcD5mZ
  • Perumahan – http://bit.ly/2Iy7rw