Ternyata, investasi merupakan salah satu hal penting dalam mengelola keuangan mahasiswa.

Sebetulnya, apa sih hubungan antara investasi dan mengelola keuangan sampai-sampai pengaruhnya sangat penting? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini!

 

Mahasiswa Berinvestasi? Siapa Takut!

Jurusan kuliah sih ekonomi. Tapi, ketika diajak investasi, banyak sekali alasan untuk menghindarinya. Padahal, seharusnya mahasiswa ekonomi lebih melek investasi.

Pasalnya, selama kuliah, kamu pasti belajar tentang seluk beluk investasi dibandingkan mahasiswa dari jurusan lain.

Mahasiswa zaman sekarang dinilai semakin kreatif. Apalagi, di zaman Industri 4.0 seperti sekarang ini. Dengan kemudahan yang disajikan internet, semuanya bisa mudah.

Sayang sekali kalau hal tersebut kamu gunakan untuk masa kini saja. Misalnya, uang yang kamu miliki digunakan untuk membeli barang-barang konsumtif saja, tapi tak ada pertumbuhan.

Sebetulnya, kamu bisa kok berinvestasi dari apa yang kamu miliki. Misalnya, kamu dapat uang bulanan dari orang tua. Jangan lupa sisihkan uang untuk investasi dari uang tersebut.

Atau, mahasiswa bisa mendapat uang dari hasil kerja freelance, jasa desain, online shop, dsb.

Pentingnya Investasi dalam Mengelola Keuangan Mahasiswa Ekonomi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa Jadi Freelancer, Bisa Kok! Yuk, Atur Keuangan dengan Baik]

 

Mengapa Investasi Penting dalam Pengelolaan Keuangan?

Investasi tidak terlepas dari pengelolaan keuangan. Pasalnya, pengelolaan keuangan merupakan langkah awal bagi seseorang supaya bisa mendapatkan kebebasan finansial di masa depan. Kamu dapat berinvestasi jika pengelolaan keuanganmu tepat.

Buat kamu yang bingung bagaimana cara mengelola keuangan, cobalah menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini memiliki fitur anggaran. Dengan fitur tersebut, kamu dapat melakukan budgeting atau membuat anggaran.

Dengan membuat anggaran, uang yang kamu terima, baik itu dari orang tuamu atau dari pekerjaan freelance-mu, akan jelas digunakan untuk apa. Kamu pun bisa membuat anggaran untuk investasi.

Penasaran dengan aplikasi Finansialku? Yuk, segera unduh aplikasinya di Google Playstore atau App Store. Untuk mempermudah, kamu pun dapat meng-klik tautan berikut ini.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Salah satu hal yang paling penting dalam perencanaan keuangan adalah investasi. Ini adalah cara untuk melipatgandakan kekayaan atau aset.

Masalahnya, tak sedikit mahasiswa ekonomi yang justru tak paham mengapa mahasiswa harus investasi. Itulah sebabnya mahasiswa jadi urung untuk berinvestasi.

Nah, Finansialku akan memberikan beberapa alasan mengapa investasi penting, terutama dalam pengelolaan keuangan mahasiswa. Berikut ini beberapa alasannya.

 

#1 Hidup Tidak Hanya untuk Masa Kini

Hidup kita tidak hanya untuk masa kini. Ada masa depan yang tentunya perlu kita pikirkan. Semakin bertambah umur kita, semakin banyak hal yang perlu dibiayai.

Selain itu, situasi saat ini pasti berbeda dengan situasi di masa depan nanti, baik itu dari segi kesehatan kita maupun ekonomi.

Sebagai mahasiswa, penting untuk memiliki mindset ‘hidup tidak untuk masa kini saja’. Dengan mindset tersebut, kamu akan lebih siap jika sesuatu hal terjadi.

Karena itu, penting untuk mengalokasikan uang yang kamu punya untuk masa depan. Ini supaya nilainya bisa bertumbuh.

Supaya nilai uangmu bisa bertumbuh, kamu perlu memasukkannya ke produk investasi. Dengan investasi, secara tidak langsung, kamu menyelamatkan masa depanmu.

Keuntungan dari investasi tidak instan. Ada proses yang perlu dilalui dari segi waktu. Semakin dini kamu berinvestasi, semakin besar keuntungan yang kamu dapatkan di masa depan nanti.

Pentingnya Investasi dalam Mengelola Keuangan Mahasiswa Ekonomi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Penghasilan Tambahan Bagi Mahasiswa Kedokteran]

 

Sebagai permulaan, pilihlah produk investasi yang sesuai dengan kondisi keuanganmu saat ini. Ada produk investasi yang imbalannya rendah, menengah, atau tinggi.

High risk, high return. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi juga imbalan yang kamu dapatkan.

Mahasiswa memang memiliki uang terbatas dan mungkin masih bergantung pada orangtua. Jadi, jangan memaksakan diri.

Berinvestasilah sesuai kemampuanmu. Di sini, kamu dituntut untuk bisa mengelola keuangan yang kamu terima dengan lebih cermat.

 

#2 Menghargai Kerja Kerasmu

Sebagai mahasiswa ekonomi, pasti kamu tahu dong istilah inflasi. Inflasi merupakan kenaikan harga secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya, dulu uang Rp 50 ribu cukup untuk membeli bermacam-macam barang kebutuhan. Akan tetapi, sekarang Rp 50 ribu hanya bisa cukup membeli satu barang saja.

Pastinya, ada pengaruh inflasi terhadap uang yang kamu miliki. Kenaikan harga barang atau jasa yang kamu beli itu semakin besar, sedangkan uang yang kamu dapat tidak berubah alias segitu-segitu saja.

Hal ini berarti jika kamu tidak menginvestasikan uangmu, nilai uangmu akan tergerus inflasi.

Selain itu, investasi merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi dirimu sendiri. Kamu menghargai kerja kerasmu. Dengan kata lain, kamu sudah bekerja keras untuk belajar ekonomi di perguruan tinggi.

Ilmu yang kamu dapatkan tidak sia-sia jika kamu mempraktikkannya.

Kamu pun bekerja keras untuk menyisihkan uang dan mengelola keuangan dengan baik untuk berinvestasi demi masa depanmu. Kerja kerasmu itu harus dihargai dengan keamanan finansial di masa depan, kan?

 

#3 Uang Juga Bertumbuh

Uang dapat bertumbuh, lho! Caranya, dengan investasi. Akan tetapi, kamu harus berinvestasi pada produk atau instrumen investasi yang kamu pahami. Pelajari instrumen investasi tersebut, pahami untung dan ruginya.

Jika kamu sudah memahami cara mengelola risikonya, kamu akan memperoleh untung. Artinya, uang Anda bertumbuh. Jumlahnya tumbuh dibandingkan jumlah uang yang kamu investasikan di awal.

Dengan investasi, kamu bukan hanya mempertahankan uang yang kamu miliki, tetapi juga membuat uangnya bertumbuh juga.

 

Jangan Tunda Berinvestasi!

Seringkali, mahasiswa menunda-nunda untuk investasi. Alasannya bermacam-macam, mulai dari belum cukup uangnya sampai berpikir hidup masih panjang dan masih banyak waktu.

Padahal, sebagai mahasiswa, apalagi mahasiswa jurusan ekonomi, wajib mengetahui pentingnya investasi dalam mengelola keuangan. Justru, mumpung masih muda.

Investasi seharusnya dimulai sedini mungkin. Pasalnya, manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. Dijamin, kamu tidak akan menyesal sudah memulai sedini mungkin.

Buat kamu yang masih sulit menyisihkan uang untuk investasi, kamu harus memperbaiki cara kamu mengelola keuangan.

Yuk, dengarkan audiobook dari Finansialku berjudul Keuangan Mahasiswa! Audiobook ini berisi cara terbaik untuk mahasiswa dalam merencanakan keuangannya.

Lewat audiobook ini, kamu akan belajar bagaimana cara merencanakan keuangan yang benar untuk mahasiswa? Penasaran, kan? Yuk, segera dengarkan lewat link di bawah ini.

banner -keuangan mahasiswa

 

Nah, itu dia alasan mengapa investasi menjadi hal penting dalam mengelola keuangan bagi mahasiswa. Kini, kamu sudah memahami pentingnya berinvestasi sejak muda.

Jangan sia-siakan waktumu. Yuk, sebarkan artikel ini di media sosialmu supaya teman-temanmu pun melek investasi.

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3ccBUhL
  • https://bit.ly/2QVbRUf