Membahas masalah keuangan bersama pasangan merupakan hal yang penting. Sudah pernah mencobanya?

Keuangan menjadi salah satu hal yang penting dalam berbagai hal. Termasuk dalam kehidupan bersama pasangan. Simak pembahasan berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Terbuka Mengenai Kondisi Keuangan

Dalam banyak hal, keuangan bisa dibilang adalah hal yang krusial. Termasuk saat Anda ingin melanjutkan hubungan yang serius bersama pasangan.

Namun, bagi banyak orang, membicarakan masalah keuangan ini bukan hal yang mudah, bahkan cukup tabu.

Pembicaraan tentang keuangan ini jadi cukup sulit karena beberapa alasan, mulai dari karena risih, tidak enak hati, canggung, tidak nyaman, hingga karena khawatir memicu perdebatan.

Berbagai alasan ini membuat banyak pasangan yang akan menikah masih tidak mengetahui bagaimana kondisi keuangan pasangan. Seperti aset yang dimiliki, besaran gaji, atau utang yang ia miliki.

Padahal, mengetahui hal-hal tersebut adalah hal yang penting sebelum Anda dan pasangan memulai pernikahan.

Ada banyak alasan mengapa mengetahui kondisi keuangan pasangan dan terbuka mengenai kondisi keuangan Anda kepada pasangan menjadi hal yang penting.

 

Pentingnya Membahas Masalah Keuangan dengan Pasangan

Sebelum memulai ke jenjang yang lebih serius, pembicaraan keuangan adalah salah satu hal yang perlu Anda ungkapkan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu membahas masalah keuangan dengan pasangan:

 

#1 Berpotensi Memantik Ketegangan Jika Tidak Dibicarakan

Banyak pasangan menikah yang akhirnya bersitegang karena masalah keuangan yang tidak dibicarakan sejak awal.

3 Cara yang Benar Mengatur Keuangan Sehari-Hari Tanpa Repot 02 Pasangan - Finansialku

[Baca Juga: Pasangan Baru, Ini Jenis Investasi Paling Mudah Dilakukan dan Menguntungkan]

 

Saat Anda tidak mengetahui bagaimana kondisi keuangan pasangan dan juga kondisi keuangan Anda pada pasangan, maka potensi untuk curiga juga akan semakin besar.

Selain itu, jika tidak dibicarakan, maka akan menjadi lebih sulit bagi Anda dan pasangan untuk mengatur pengelolaan uang. Sehingga potensi ketegangan dalam rumah tangga bisa timbul dan bahkan semakin berkembang.

 

#2 Mengetahui Kesanggupan dalam Menopang Keuangan

Dengan membicarakan kondisi keuangan dan juga penghasilan masing-masing, Anda dan pasangan akan lebih mudah mengetahui kesanggupan dalam menopang keuangan keluarga.

Dengan begitu, akan lebih mudah juga membuat pengaturan keuangan ke depannya.

Selain itu, bicarakan juga hobi yang Anda dan pasangan miliki. Khususnya jika hobi tersebut melibatkan uang. Karena hal ini tentu saja akan mempengaruhi pemasukan dan pengeluaran keluarga Anda nantinya.

 

#3 Menyamakan Pemahaman Soal Uang

Salah satu hal yang bisa memicu perselisihan dengan pasangan adalah pemahaman soal uang yang berbeda.

Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri 03 Keuangan Pasangan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Sukses Menempuh Hidup Baru, Begini Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru]

 

Dengan membicarakan masalah keuangan dengan pasangan, maka Anda bisa mencari jalan tengah dan menyamakan masalah keuangan ini dengan pasangan.

Cobalah untuk menjadi realistis, jujur, dan terbuka soal keuangan. Sampaikan dan tanyakan juga bagaimana pandangan soal finansial dari sudut pandang pasangan Anda.

Jika Anda memiliki pandangan yang berbeda, jelaskan secara detail bagaimana sudut pandang Anda. Dengan begitu, kemungkinan terjadi salah paham di kemudian hari bisa lebih diminimalisir.

 

Bagaimana Membahas Masalah Keuangan dengan Pasangan?

Memulai pembahasan keuangan dengan pasangan tentu saja bukan hal yang mudah. Apalagi jika Anda dan pasangan belum pernah membicarakan hal ini sebelumnya.

Namun, membahas keuangan dengan pasangan adalah hal yang perlu Anda lakukan. Jika bingung bagaimana untuk melakukan pembahasan mengenai keuangan dengan pasangan, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

 

#1 Menyediakan Waktu

Membicarakan masalah uang memang bukan hal yang ringan dan mudah diungkapkan.

Biasanya, masalah keuangan yang dibicarakan oleh pasangan adalah hal-hal yang berkaitan dengan pembelian suatu barang, sekolah anak, berbagai tagihan, atau saat tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu.

Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Hemat yang Suka Dilupakan Oleh Banyak Pasangan Muda]

 

Untuk bisa membicarakan masalah keuangan dengan pasangan, menyediakan waktu yang cukup dan tepat adalah hal pertama yang perlu dilakukan.

Cobalah untuk membuat waktu untuk saling berbicara soal masalah keuangan bersama dengan pasangan. Lalu bicarakan bagaimana pengaturan keuangan Anda dan pasangan nantinya di masa depan.

Perlu diperhatikan bahwa yang akan Anda lakukan adalah membicarakan masalah keuangan dan mencari jalan keluar untuk kondisi keuangan yang lebih baik ke depannya.

Jangan sampai diskusi ini malah berubah menjadi perdebatan yang membuat hubungan Anda dan pasangan jadi renggang.

 

#2 Mendengarkan

Jika Anda dan pasangan sudah bersama dalam waktu yang lama, perasaan tidak adil bisa saja timbul.

Misalnya Anda merasa bahwa Anda sudah berusaha berhemat untuk kebutuhan rumah, tapi pasangan Anda malah seenaknya membeli sesuatu yang ia sukai.

Cara Mengatur Keuangan Pasangan Muda Digabung vs Dipisah, Kamu Pilih Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri]

 

Perasaan tidak adil yang menumpuk bisa saja keluar saat Anda membicarakan masalah keuangan dengan pasangan dan bukan mustahil hal ini akan menimbulkan perdebatan bahkan pertengkaran yang tidak perlu.

Karena itu, untuk meminimalisir pertengkaran, cobalah untuk mulai membuat poin-poin pembahasan yang ingin disampaikan pada pasangan sebelum mulai berbicara.

Lalu duduk saling berhadapan tanpa ada pembatas atau benda apapun di antara Anda dan pasangan. Kemudian bicaralah secara bergantian. Saat pasangan Anda bicara, pastikan Anda mendengarkannya dengan baik.

Perlu diperhatikan juga untuk tidak menggunakan kata-kata yang menghakimi atau terkesan menyalahkan pasangan Anda. Untuk meminimalisir risiko pertengkaran, Anda bisa mulai dengan kata “saya” daripada “kamu”.

Selain itu, ungkapkan sesuatu dengan fokus pada perasaan Anda, bukan penilaian Anda terhadap tindakan pasangan.

Dengan begitu, pasangan Anda tidak akan merasa diserang dan pembicaraan bisa dilakukan dengan lebih tenang.

Pastikan juga Anda dan pasangan berbicara secara bergantian. Jika Anda berada dalam posisi pendengar, tahan diri Anda untuk tidak berkomentar atau membela diri.

Dan jika pembicaraan mulai memanas, mengambil jeda sekitar 20 menit dan mencobanya lagi tidak akan menjadi masalah.

 

#3 Membentuk Tim

Setelah saling bicara mengenai kekhawatiran masing-masing, maka Anda dan pasangan bisa mulai membuat rencana. Pembuatan rencana ini dilakukan agar kondisi keuangan Anda dan pasangan bisa semakin baik ke depannya.

Cobalah untuk mulai dengan membuat gol tunggal dari apa yang Anda dan pasangan sama-sama inginkan. Misalnya membeli rumah, dana pensiun, atau hal-hal lainnya.

Gol tunggal ini bisa jadi bukan prioritas utama Anda atau pasangan. Tapi yang terpenting, dengan adanya gol tunggal ini, Anda dan pasangan bisa bekerja sama sebagai sebuah tim yang sama.

Selain itu, jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, Anda bisa membuat kesepakatan tentang siapa yang membayar apa. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengatur kondisi keuangan Anda.

 

Temukan Jalan Keluar yang Tepat untuk Kedepannya

Itulah beberapa hal terkait pentingnya membahas masalah keuangan bersama pasangan.

Perlu diingat bahwa membicarakan masalah keuangan dengan pasangan ditujukan agar Anda dan pasangan bisa menemukan jalan keluar yang tepat untuk Anda berdua ke depannya.

Jangan sampai masalah keuangan malah menjadi penentu hubungan yang sudah terjalin dengan pasangan.

Anda bisa merencanakan keuangan Anda dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Bagaimana pengalaman Anda membicarakan masalah keuangan dengan pasangan? Dan bagaimana cara Anda mengatasi saat pembicaraan mulai memanas?

Bagikan pengalaman Anda dengan pembaca lainnya dengan menuliskannya di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Stanley Christian. 3 Februari 2017. Terbuka Soal Keuangan dengan Pasangan. Finance.detik.com – http://bit.ly/2WhLR2t
  • Admin. 8 Mei 2018. Alasan Utama Kamu Harus Bahas Masalah Keuangan dengan Pasangan. Fimela.com – http://bit.ly/2QV6pMR
  • Admin. 12 Desember 2012. Pentingnya Terbuka Soal Keuangan dengan Suami. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/31gJccL
  • Admin. 22 Desember 2018. Pentingnya Pasangan Menikah Terbuka Soal Keuangan. Gaya.tempo.co – http://bit.ly/2Mx8ZKH

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan Pasangan – http://bit.ly/2WPXwda