Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Memahami pentingnya pendidikan karakter bagi anak bangsa, pemerintah mewajibkan adanya pendidikan karakter dalam setiap kurikulum pembelajaran.

Mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, semuanya dilengkapi dengan pendidikan karakter.

Tentu, setiap jenjang memiliki pendidikan karakter yang berbeda dan telah disesuaikan.

Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut soal pendidikan karakter.

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Pendidikan Karakter

Dalam membentuk sebuah bangsa maju, maka diperlukan pendidikan yang baik dan tepat agar Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada bisa dioptimalkan.

Salah satu cara dalam meningkatkan kualitas SDM adalah melalui pendidikan karakter.

Bukti pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah adanya peraturan yang menegaskan hal tersebut. Aturan tersebut diatur dalam Naskah Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter.

Peraturan tersebut mengharuskan seluruh kegiatan belajar-mengajar merujuk pada pelaksanaan pendidikan karakter.

Tak hanya itu, dalam peraturan yang sama dijelaskan bahwa pendidikan karakter menjadi unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan nasional.

Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Karakter Pada Anak Finansialku 3

[Baca Juga: Para Orangtua, Kenali Perbedaan Risiko Tabungan Pendidikan Anak dan Asuransi Pendidikan Anak]

 

Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai sebuah usaha dalam upaya pemberdayaan potensi peserta didik agar terciptanya karakter pribadi atau kelompok yang berguna bagi negara dan generasi berikutnya.

Pendidikan karakter mempunyai beragam cara dalam penerapannya. Mulai dari melalui pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan lokal hingga pengembangan diri.

Poin terakhir biasanya mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan seperti pengurus OSIS, pramuka, PMR, paskibra, olahraga hingga seni merupakan bentuk penyaluran minat dan bakat. Hal tersebut sekaligus menjadi perwujudan pendidikan karakter.

 

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter

Adanya pendidikan karakter ini diharapkan dapat membentuk bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Dengan terciptanya karakter yang kuat sejak dini, diharapkan akan tercipta bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan saling bergotong royong.

Semakin kuatnya akulturasi dengan budaya lain akibat penetrasi informasi yang makin luas ditakutkan dapat mengikis karakter asli bangsa Indonesia. Oleh sebab itu pendidikan karakter begitu ditekankan ke dalam kurikulum pendidikan.

Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Karakter Pada Anak Finansialku 2

[Baca Juga: Inilah Waktu yang Terbaik Memulai Tabungan Pendidikan Anak]

 

Selain itu, pendidikan karakter juga bertujuan untuk menciptakan individu yang suka membantu sesama, berpikiran yang berorientasi pada ilmu dan logika, serta beriman pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sejalan dengan tujuannya, pendidikan karakter juga berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar dari setiap anak. Pendidikan karakter bisa dibilang berhasil ketika seorang anak memiliki nilai-nilai karakter budaya Indonesia.

Berdasarkan Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas terdapat 18 nilai-nilai karakter budaya Indonesia, yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, dan lain sebagainya.

 

Pendidikan Karakter Tak Hanya di Sekolah

Sekolah memang tempat untuk menuntut ilmu dan membentuk karakter seseorang.

Namun, pendidikan tidak melulu formal dan dilakukan oleh institusi pendidikan. Anda bisa, bahkan sangat dianjurkan untuk melakukannya di rumah.

Bagaimanapun keluarga adalah tempat anak belajar pertama kali. Oleh karena itu berikut beberapa hal yang bisa Anda ajarkan untuk membentuk karakter anak Anda:

 

Pendidikan Karakter: Sekolah Dasar (SD)

Terdapat beberapa karakter penting yang harus Anda tanamkan sejak anak Anda masih berada di bangku SD:

 

#1 Bersyukur dan Berterima Kasih

Ajarkan anak Anda untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur sejak dini. Caranya cukup mudah.

Buatlah gambar pohon kecil, lalu setiap minggu anak Anda harus menuliskan sesuatu yang ia syukuri. Begitu seterusnya hingga anak Anda terbiasa mensyukuri setiap hal.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Empati

Buatlah anak Anda menyadari bahwa setiap orang merasakan hal yang berebeda satu sama lainnya. Lalu ajarkan bagaimana caranya untuk memahami perasaan orang lain.

Dengan begitu anak Anda tidak akan menjadi pribadi yang egois dan lebih berhati-hati karena memikirkan dan memahami perasaan orang lain.

 

#3 Mengatasi Konflik

Biasakan anak Anda sejak dini bahwa masalah ada untuk diselesaikan bukannya dihindari. Cara yang paling mudah adalah menuliskan ide-ide bagaimana masalah tersebut diselesaikan.

Melalui ide-ide tersebut kemudian si anak bisa mencobanya dalam mengatasi permasalahan yang ada. Dengan demikian anak Anda akan memiliki karakter untuk menyelesaikan masalah secepatnya sebelum menjadi lebih parah atau menghindari masalah yang bisa ditimbulkan.

 

Pendidikan Karakter: Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Memasuki jenjang SMP, terdapat beberapa karakter penting yang harus Anda tanamkan pada anak Anda. Berikut beberapa karakter penting tersebut:

 

#1 Berhati-hati dalam Berbicara

Pada masa-masa pubertas, emosi anak seringkali lebih meluap-meluap dan membuatnya mengucapkan kata-kata secara sembarangan. Tak jarang kata-kata tersebut dapat menyakiti perasaan orang lain.

Ajarkan bahwa kata-kata yang telah dikeluarkan tak bisa ditarik kembali. Cobalah untuk menyuruh anak Anda menuangkan kopi ke sebuah tisu lalu mengembalikan lagi kopi tersebut ke gelasnya.

Sulitnya hal tersebut merupakan perumpamaan sulitnya menarik kata-kata yang telah menyakiti perasaan seseorang.

 

#2 Optimisme

Memasuki masa SMP, anak akan sering menghadapi masalah. Sebagai orangtua, Anda harus menanamkan karakter optimisme. Bahwa setiap permasalahan hadir karena suatu sebab logis dan harus diselesaikan.

Jangan sampai anak Anda justru menganggap bahwa masalah adalah akibat dirinya dan tidak ada jalan untuk menyelesaikannya. Bila terus berpikir seperti itu, sangat mungkin anak Anda akan berakhir depresi dan terus menyalahkan dirinya sendiri.

 

#3 Menghargai Perbedaan

Jejaring pertemanan anak Anda akan semakin luas ketika SMP. Mereka akan semakin sering menemui perbedaan, mulai dari pendapat hingga budaya, etnis dan agama.

Oleh karena itu ajarkan bagaimana indahnya keberagaman dan bagaimana caranya menghargai perbedaan pendapat dan pandangan.

 

Pendidikan Karakter: Sekolah Menengah Atas (SMA)

#1 Pencarian Karakter

Pada masa ini, anak Anda sudah mulai mencari jati dirinya dan tertarik mencoba segala hal. Agar tidak jatuh pada pergaulan yang salah, Anda bisa membantu mencari jati dirinya dengan mengajaknya melakukan tes kepribadian.

Dengan demikian, akan terungkap apa kekuatan dan kelemahan anak Anda, sehingga lebih memudahkan Anda untuk mengarahkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Mandiri

Anak Anda sudah semakin dewasa, jadi sudah sebaiknya Anda memberi ia tanggung jawab lebih agar menjadi pribadi dengan karakter mandiri. Anda bisa memberinya uang jajan secara bulanan agar ia belajar mandiri mengatur keuangan.

Hal tersebut akan berguna ketika ia melanjutkan studi di perguruan tinggi yang menuntutnya untuk mandiri dan jauh dari orangtua.

 

#3 Komunikasi Langsung

Ini adalah aspek penting, tidak semua anak memiliki kemampuan berbicara di depan umum secara baik. Terlebih keberadaan smartphone membuat semuanya dilakukan secara tidak langsung.

Mulai ajarkan dan biasakan anak Anda untuk berbicara secara langsung bahkan di depan banyak orang. Agar ia tidak menjadi sosok yang memendam seluruh keinginannya hanya karena tidak tau cara mengungkapkannya.

 

Pendidikan Karakter Kunci Masa Depan

Sebuah kesuksesan pasti berasal dari usaha yang keras, namun kesuksesan juga berasal dari karakter individu tersebut. Setiap orang sukses pasti memiliki karakter yang mirip satu sama lain.

Pasti mereka memiliki karakter seperti optimis, kreatif, ambisius, berani ambil risiko hingga pantang menyerah. Tentu beragam keadaan telah dilalui orang-orang sukses tersebut hingga memiliki karakter tersebut.

Namun, salah satu alasan mengapa mereka memiliki karakter tersebut tentu karena mereka telah mendapatkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang baik pasti berasal dari sekolah yang baik pula.

Oleh karena itu, Anda bisa memulai memilih sekolah dengan kualitas yang baik bila ingin sang anak mendapatkan pendidikan karakter yang menggemblengnya menjadi individu sukses.

Namun, seperti yang Anda ketahui untuk menempuh pendidikan di sekolah yang baik memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Biaya yang tidak murah, harga sekolah yang terus naik tiap tahunnya, hingga jenjang yang panjang dan lama untuk setidaknya mendapat gelar sarjana.

Jawab Pertanyaan Seputar Dana Pendidikan Ini 02 Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Kenali Perbedaan Risiko Tabungan Pendidikan Anak dan Asuransi Pendidikan Anak]

 

Untuk itu, perlu disiapkan rencana pendidikan yang baik agar bisa memaksimalkan pendidikan anak.

Salah satunya mengikuti cara klien kami, Bu Muria, dalam menyiapkan dana pendidikan bahkan sejak anaknya baru dilahirkan.

Berkat perencanaan yang matang, anak Bu Muria bisa terjamin lulus sarjana sesuai waktunya dan tanpa terjerat utang.

Ingin tahu lebih lengkap soal biaya pendidikan dan strategi menyiapkan dananya? Tak perlu khawatir, Finansialku telah merangkum kisah Bu Muria dan orangtua lainnya dalam ebook berjudul Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang! Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Pastikan Anak Mendapat Pendidikan yang Terbaik

Pendidikan karakter sangat penting bagi pembentukan sikap individu seorang anak. Oleh karena itu pastikan dia mendapatkan sekolah yang terbaik agar memaksimalkan potensinya.

Sebagai orang tua, sudah jadi kewajiban kita untuk membiayai pendidikan mereka. Untuk itu, segera siapkan rencana dana pendidikan anak sedini mungkin, ingat tidak ada kata terlambat!

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi

  • Acep Lutvi. 01 November 2017. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter. Lyceum.id – https://goo.gl/9PTMeh

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan karakter 1 – https://goo.gl/rqY3nW
  • Pendidikan karakter 2 – https://goo.gl/v6Rxwn
  • Pendidikan karakter 3 -https://goo.gl/wBkhrs