Membeli properti bukan cuma tentang pilih desain atau lokasi yang cocok saja, lho, mengatur keuangan juga harus diperhatikan!

Selengkapnya, bisa diketahui di artikel Finansialku satu ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cobalah Mengatur Keuangan dengan Cara ini Sebelum Memutuskan Beli Properti

Dalam konsep mengatur keuangan ada yang namanya goals. Hal ini berhubungan dengan apa yang ingin didapatkan setelah anggaran terkumpul. Biasanya membeli properti menjadi salah satu pilihannya.

Dana yang diperlukan untuk membeli properti lebih besar dibandingkan dengan investasi lain. Namun kenaikan gaji secara umum lebih kecil dari kenaikan harga properti.

Banyaknya kebutuhan lain yang juga penting dan gaya hidup yang mendorong ke arah konsumtif mengakibatkan kebutuhan untuk membeli tempat tinggal (properti) sering kali terabaikan.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

13 Ebook Rumah Pertama

 

Untuk itu perlu strategi mengatur keuangan yang tepat dan terancang. Strategi pembelian properti bisa tidak hanya beli secara cash namun juga bisa dicicil dalam jangka panjang.

Hal itu juga erat kaitannya dengan pembelian aset lainnya yang tidak bisa sepanjang pembelian properti.

Karena itu dengan cara cash atau cicil, penting mengatur keuangan agar tujuan keuangan beli properti dan tujuan keuangan lainnya bisa tercapai.

 

Apa sih Keuntungan Punya Properti?

Selain strategi mengatur keuangan, hal lainnya yang juga patut diperhatikan untuk punya properti yang mengutungkan di antaranya:

  1. Lokasi yang strategis (akses jalan, fasilitas, lingkungan yang nyaman, keamanan, bebas banjir dan macet)
  2. Jika akan disewakan atau dijadikan kos-kosan, maka perlu sesuaikan dengan kebutuhan penyewa.

Misalnya dekat kampus, dekat perkantoran, luas dan design rumah atau kamarnya sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka.

  1. Jika ingin dijadikan investasi, coba cek master plan pembangunan kota tersebut.

Misalnya: rencana pemerintah daerah untuk menjadikan daerah tersebut daerah pendidikan, atau daerah perindustrian, atau sub-urban utk perumahan.

 

Besaran Anggaran untuk Properti dan Pentingnya Menabung juga Mengatur Keuangan

Bagi Sobat Finansialku yang ingin beli properti untuk pertama kalinya, bisa mengajukan batasan minimal DP 5% – 10% untuk tipe rumah tertentu. Namun jika persentase DP rendah maka pokok pinjaman KPR akan besar.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan simulasi kredit terlebih dahulu dengan bunga flat maupun bunga floating. Adapun Besarnya angsuran bulanan maksimal 30% dari gaji bulanan.

Supaya tidak kejer setelah mengajukan KPR, tiba-tiba 30% gajinya tidak bisa dipakai untuk kebutuhan bulanan, maka sebaiknya dari semenjak mempersiapkan DP, pola pikir dan kebiasaan keuangannya sudah mulai perlu diatur.

Nah, jika saat ini Kamu belum bisa menabung, maka coba latih dan ‘paksakan’ di awal gajian untuk menyisihkan minimal 20% demi mempersiapkan DP.

Lalu jika sudah nyaman dengan persentase tersebut naikkan menjadi 25%, 35% dan seterusnya.

Dengan begitu jika cicilan KPR sudah berjalan dan penghasilan bulanan bertambah maka gaya hidup masih bisa teratasi, meskipun ada cicilan. Tetapi investasi tetap berjalan dan kebutuhan hidup dapat tetap terpenuhi.

Kalau Sobat Finansialku ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara untuk membeli properti dengan strategis bisa melakukan konsultasi bersama saya lewat aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store maupun Apps Store.

Melalui aplikasi Finansialku, Sobat Finansialku bisa melakukan konsultasi GRATIS bersama saya secara fleksibel, kapan pun dan di mana pun tanpa harus mengantre.

Sobat Finansialku hanya perlu berlangganan akun premium seharga Rp 350 ribu untuk setahun penuh!

Selain murah, tentunya, juga banyak manfaat lain karena Sobat Finansialku juga bisa melakukan pencatatan keuangan, membuat anggaran, merencanakan keuangan, hingga mendapatkan literasi keuangan secara GRATIS tanpa syarat tambahan.

O iya, untuk Sobat Finansialku yang berlangganan sekarang juga bisa menikmati potongan harga Rp 50 ribu hanya dengan memasukkan kode CUAN50. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan segera!

 

Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan terkait investasi properti dan cara mengatur keuangan? Kalau ada, silakan tuliskan pertanyaannya di kolom komentar, ya!

Jangan lupa juga untuk bagikan informasi bermanfaat ini agar yang lain juga tahu apa yang Kamu ketahui. Terimakasih.