Selain untuk mempertahankan keutuhannya, perawatan gigi juga membuatnya tetap terlihat indah.

Dalam artikel di bawah, kita akan membahas mengenai jenis-jenis perawatan untuk gigi yang patut kamu coba.

 

Summary:

  • Semakin majunya teknologi dan inovasi dunia kedokteran, kini kita bisa memperbaiki banyak bagian tubuh, termasuk gigi.
  • Biaya perawatan untuk gigi berbeda-beda tergantung pada jenis perawatannya.

 

Senyum Menawan dan Nafas Segar Berkat Gigi Sehat

Tiap hari kita selalu bertemu dengan orang-orang dalam beraktivitas. Baik ketika kuliah, bekerja, belanja, maupun membayar belanjaan. Semua interaksi itu menggunakan komunikasi verbal.

Faktanya, gigi sebagai bagian dari mulut selalu terlihat saat berbicara serta memegang peranan penting dalam mencerna makanan secara mekanis.

Jika tidak merawat gigi, maka sisa makanan dan bakteri di dalam mulut akan membuatnya kuning dalam mengalami karies.

Karena kerap terlihat saat berhadapan dengan orang lain, perawatan gigi dengan baik perlu kita lakukan. Selain untuk memastikan semua lapisannya tetap sehat, merawat gigi juga bisa membuatnya tetap terlihat indah.

Sikat gigi memang merupakan bentuk perawatan paling sederhana. Tetapi, ternyata tidak cukup. Kamu bisa melakukan tindakan lain agar gigi tetap dalam kondisi baik dan indah.

 

Jenis Perawatan Gigi

Perawatan gigi memang perlu kita lakukan untuk menjaga lapisannya tetap utuh atau membuatnya tampak sehat. Banyak tindakan medis yang bisa kamu lakukan untuk melakukan perawatan gigi.

Berikut adalah jenis-jenis perawatan gigi untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kamu coba:

 

#1 Fissure Sealant

Biaya: mulai dari Rp280 ribu per gigi.

Sealant merupakan perawatan dengan tujuan menghentikan laju kerusakan pada gigi. Sealant merupakan lapisan plastik tipis yang diaplikasikan ke permukaan gigi belakang, yang geraham dan premolar.

Tindakan ini akan meminimalisasi bertumpuknya sisa makanan serta bakteri di permukaan gigi.

Permukaan gigi geraham dan premolar memiliki semacam celah yang berpotensi menjadi tempat menumpuknya sisa makanan dan kuman.

Jika kamu biarkan, alhasil bakteri akan berkembang biak dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut.

Metode sealant cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Hal tersebut sesuai dengan studi berjudul “Penatalaksanaan Fissure Sealant Pada Gigi Anak (Laporan Kasus)” yang dilakukan dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

Pengaplikasian bahan fissure sealant pada gigi telah terbukti memiliki keefektifan tinggi dalam pencegahan karies yang didasarkan penutupan pit dan fissure sehingga mikroflora dalam pit dan fissure tidak dapat menjangkau nutrisi yang dibutuhkan.

Bahan sealant ini akan menutup fissure yang dalam sehingga tidak lagi menjadi tempat perlekatan plak dan sisa makanan dan gigi menjadi lebih mudah dibersihkan.

 

#2 Scaling Gigi

Biaya: mulai dari Rp150 ribu

Perawatan gigi dengan cara scaling adalah tindakan medis yang dokter gigi lakukan untuk membersihkan permukaan gigi dari kotoran. Jenis kotoran yang dibersihkan adalah sisa makanan, karang gigi, maupun plak.

Menggunakan alat bernama ultrasonic scaler untuk membersihkan plak dan karang gigi agar hasilnya maksimal dan tidak menyebabkan masalah di gusi.

Plak merupakan endapan lunak yang menempel di permukaan gigi. Jika kamu biarkan, plak akan mengeras membentuk karang gigi.

 

#3 Endodontik

Biaya: antara Rp100 ribu sampai Rp6 juta

Kemudian, jenis perawatan gigi berikutnya adalah endodontik. Tindakan ini adalah melakukan perawatan di bagian saluran akar gigi untuk mengganti pulpa yang rusak.

Kerusakan daerah pulpa bisa menyebabkan kerusakan gigi permanen. Perawatan endodontik tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, jika masalah ini dilewatkan, gigi akan mati.

 

#4 Filling/Tambal Gigi

Biaya: mulai dari Rp150 per gigi

Tambal gigi merupakan perawatan gigi yang sering masyarakat lakukan. Tambal gigi berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi menyebar ke bagian lain yang masih sehat.

Sebelum melakukan tambal gigi, gigi akan dibersihkan, dikeringkan, kemudian baru ditutup dengan lapisan tambalan. Bahan tambal gigi bisa bervariasi tergantung jenis kerusakan, kontur, dan ukuran gigi.

Tetapi, biaya ini bisa menjadi gratis jika kamu peserta BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan.

Kamu bisa mendapatkan pelayanan gratis ini di fasilitas kesehatan tingkat I, seperti puskesmas, praktik dokter mandiri, dan klinik.

Namun, jika kamu memiliki asuransi kesehatan swasta, tentu akan semakin baik. Asuransi kesehatan bisa mengkover beberapa penyakit yang suatu saat nanti kamu derita. 

Kamu bisa mengetahui pentingnya asuransi kesehatan untuk hidupmu dalam ebook gratis berikut ini. 

Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - HP
Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - PC

 

#5 Mencabut Gigi

Biaya: mulai dari Rp75 ribu

Perawatan gigi dengan mencabutnya merupakan tindakan final ketika sudah tidak dapat menyelamatkan gigi. Tindakan cabut gigi biasanya dilakukan terhadap gigi geraham bungsu maupun gigi yang rusak permanen.

 

#6 Implan Gigi

Biaya: mulai dari Rp5 juta per gigi

Perawatan gigi berikutnya adalah implan gigi. Tindakan ini untuk menopang gigi palsu. Implan gigi ditanam dengan sekrup titanium sebagai pengganti akar gigi yang rusak.

Tindakan medis ini tergolong aman. Kamu hanya perlu merawatnya sebagaimana gigi asli. Jika implan tidak kamu rawat, maka akan menyebabkan pendarahan, nyeri, atau infeksi gusi.

 

#7 Menggunakan Gigi Palsu

Biaya: mulai dari Rp250 ribu per rahang

Prosedur gigi palsu dapat kamu lakukan pada satu, sebagian, atau semua gigi. Gigi palsu harus kamu bersihkan secara rutin dan sebaiknya melepasnya saat tidur.

Gigi palsu akan membuat penggunanya lebih mudah mengunyah dan meningkatkan kepercayaan diri.

 

#8 Ortodontik/kawat Gigi

Biaya: mulai dari Rp1,5 juta

Di Indonesia, ortodontik terkenal dengan sebutan behel. Perawatan gigi ini dilakukan agar gigi lebih lurus dan tertata. Selama memakai ortodontik, barisan gigi akan bergerak dan akan berhenti di lokasi seharusnya.

Banyak anak muda melakukan tindakan ortodontik untuk membuat gigi terlihat lebih rapi. Selain itu, tindakan ini membuat perawatan gigi dasar, seperti sikat gigi, lebih mudah melakukannya.

Tindakan ortodontik harus dilakukan oleh ahli.

Dalam jurnal “The Dangers Of Using Incorrect Braces On The Occurrence Of Dental Caries In Glugur Darat I Village, Medan Timur Distric”, pemasangan behel yang tidak tepat dapat mengakibatkan gangguan sebagai berikut:

  1. Timbulnya rasa nyeri berkepanjangan
  1. Terjadinya resorpsi akar gigi. Kondisi ini bisa mengakibatkan gigi mati jika dibiarkan terlalu lama
  1. Gigi berlubang
  1. Perubahan pada warna gigi yang disebabkan oleh sulitnya menyikat daerah yang dipasangi kawat gigi
  1. Munculnya periodontal
  1. Gigi bisa kembali ke posisi awal
  1. Munculnya dekalsifikasi

 

#9 Crown Gigi

Biaya: mulai dari Rp2,5 juta per gigi

Perawatan gigi dengan cara crown gigi merupakan tindakan untuk menambah estetika. Tindakan ini yaitu dengan menutupi seluruh bagian gigi dengan bahan porselen, logam, atau kombinasi keduanya.

Perawatan ini bisa kamu terapkan jika gigi asli telah rusak, lemah, atau patah.

[Baca Juga: 5+ Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh Menyembuhkan Rasa Nyeri]

 

#10 Memutihkan Gigi

Biaya: mulai dari Rp300 ribu

Bleaching atau memutihkan gigi sering orang lakukan untuk mendapatkan tampilan gigi yang lebih cerah. Metode ini harus beberapa kali agar hasilnya maksimal.

Jika kamu menggunakan tindakan ini, kamu harus menggunakan pelindung mulut dengan gel pemutih di rumah.

 

#11 Bridge

Biaya: mulai dari Rp5 juta per gigi

Bridge memiliki fungsi untuk menyangga celah gigi yang lebar. Perawatan gigi ini berfungsi untuk mencegah masuknya sisa makanan dan bakteri di sela-sela gigi.

Kamu bisa melakukan bridge jika gigi yang lepas tidak banyak dan hanya di satu lokasi saja.

 

#12 Veneer

Biaya: mulai dari Rp650 ribu per gigi

Veneer merupakan jenis perawatan yang mirip dengan crown. Bedanya, veneer hanya dilakukan di bagian depan gigi. Sementara membiarkan bagian belakangnya dengan lapisan asli.

Veneer akan membuat bentuk, warna dan posisi lebih simetris dan indah.

Menariknya, jenis ini memberikan opsi warna porselen yang digunakan, mulai dari warna alami gigi sampai putih cemerlang.

 

#13 Bonus: Merawat Gigi di Rumah

Selain melakukan perawatan gigi melalui bantuan dokter, kamu bisa melakukannya di rumah. Banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan.

Berikut adalah cara melakukan perawatan gigi di rumah:

  1. Menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride.
  1. Menggunakan cairan kumur.
  1. Membatasi makanan dan minuman yang berpotensi merusak gigi.
  1. Memeriksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali dokter.
  1. Tidak berbagi peralatan sikat gigi dengan siapa pun.

 

Perhatikan Kesehatan Gigi

Itulah ulasan mengenai perawatan gigi melalui tindakan medis yang dapat kamu pilih. Dengan majunya teknologi dan inovasi dunia kedokteran, kini kita bisa memperbaiki banyak bagian tubuh, termasuk gigi.

Sebaiknya, kamu lakukan tindakan di atas jika kamu perlukan karena asuransi kesehatan tidak bisa mengkover semua perawatan gigi.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan biaya sendiri untuk memenuhi perawatan tersebut. Kamu bisa masukkan biaya perawatan ini ke dalam anggaranmu supaya ada pos tersendiri dan tidak mengambil dana dari  pos lain.

Yuk, buat anggaran keuangan kamu sekarang dengan mudah di aplikasi Finansialku. 

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Nah Sobat Finansialku, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu, ya. Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

Buku/jurnal:

  • Zulfan Muttaqin, Sartika, dan Junita. The Dangers Of Using Incorrect Braces On The Occurrence Of Dental Caries In Glugur Darat I Village, Medan Timur District. Medan: Universitas Prima Indonesia.
  • Zulfi Amalia Bachtiar. 2018. Penatalaksanaan Fissure Sealent Pada Gigi Anak (Laporan Kasus). Medan: Talenta Publisher.

 

Internet:

  • Admin. 29 Juni 2019. Perlu Tahu, Ini Jenis Perawatan untuk Kecantikan Gigi. Halodoc.com – https://bit.ly/3QddPsT
  • Admin. Perawatan Gigi dan Gusi yang Mudah Dilakukan di Rumah. tanyapepsodent.com – https://bit.ly/3Aa4GM0
  • Agina Naomi. 09 Desember 2021.  12 Jenis Perawatan Gigi Melalui Prosedur Medis. Hellosehat.com – https://bit.ly/3SCm3wj
  • Irene Radius Saretta. 07 November 2021. Ada 12, Ini Jenis Perawatan Gigi yang Penting untuk Dilakukan. Cermati.com – https://bit.ly/3SPVgga
  • Mochammad Ade Pamungkas. 18 September 2020. 8 Jenis Perawatan untuk Kerusakan Gigi, Implan Hingga Dental Braces. Tirto.id – https://bit.ly/3SPVNPc
  • Sienny Agustin. 21 November 2021. 5 Langkah Perawatan Gigi untuk Cegah Gigi Berlubang. Alodokter.com – https://bit.ly/3PbKQEr
  • Wiena Maggala Putri. 17 November 2021. Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan. Klikdokter.com – https://bit.ly/3pezZil