Kredit Multiguna dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah dua dari sejumlah jenis kredit yang ditawarkan oleh bank. Sudah tahu perbedaan Kredit Multiguna dan KTA?

Di antara kedua jenis kredit tersebut, kira-kira mana yang cocok dengan kondisi keuangan Anda?

Kali ini Finansialku akan membahas perbedaan keduanya, selamat menyimak!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kredit Multiguna

Kredit Multiguna adalah salah satu jenis kredit, di mana peminjam harus menyertakan jaminan kepada bank.

Jaminannya bisa berupa aset, baik bangunan maupun kendaraan. Aset yang dijadikan jaminan ini akan menjadi milik bank jika peminjam tidak dapat memenuhi kewajibannya untuk membayar utang sampai lunas.

Kredit Multiguna dapat dimanfaatkan untuk membeli segala keperluan mulai kebutuhan dasar sampai kebutuhan tersier.

Dengan demikian, pemakaian atau pengajuan Kredit Multiguna harus dipertimbangkan secara detail dengan pemikiran yang matang. Mengapa demikian?

Hal ini berhubungan dengan kesanggupan membayar angsuran dan akibat yang ditimbulkan jika tidak mampu membayar.

Misalnya saja karena kebutuhan tersier yang sedang promo, seseorang bisa kehilangan asetnya karena salah memperhitungkan.

 

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah salah satu jenis kredit yang dikeluarkan oleh bank tanpa ada jaminan yang harus disertakan oleh peminjam uang.

Kredit tanpa jaminan ini bukan berarti bank tidak bisa mengambil aset kendaraan maupun bangunan jika peminjam uang tidak bisa membayar utang sampai lunas.

Pada saat peminjam uang tidak bisa memenuhi kewajibannya untuk membayar utang, maka bank bisa mengajukan ke pengadilan untuk mengambil aset peminjam sebagai pengganti utang yang tidak bisa dilunasinya.

 

Perbedaan Kredit Multiguna dan KTA

Perbedaan antara Kredit Multiguna dan KTA tidak hanya terletak pada ada atau tidaknya jaminan pada saat meminjam uang, tetapi juga ada sejumlah perbedaan lainnya.

Calon peminjam sebaiknya mengetahui apa saja perbedaan-perbedaan antara Kredit Multiguna dan KTA.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Perbedaan 1: Ada Tidaknya Jaminan

Seperti yang telah disebutkan di atas, perbedaan mendasar Kredit Multiguna dan KTA adalah pada segi jaminan.

Pada Kredit Multiguna, calon peminjam harus bersedia menjadikan aset yang ia miliki sebagai jaminan kepada pihak bank. Saat peminjam tidak bisa membayar lunas utangnya, maka secara otomatis aset yang dijadikan jaminan kepada pihak bank akan menjadi milik bank.

Apa Saja Perbedaan Kredit Multiguna dan KTA 2 Finansialku

Macam-macam aset yang bisa dijadikan agunan atau jaminan Kredit Multiguna

 

Untuk itulah, calon peminjam Kredit Multiguna biasanya akan berpikir lebih lama untuk menentukan aset yang dijadikan sebagai jaminan.

Sementara, pada KTA calon peminjam tidak perlu menyediakan aset yang dimilikinya sebagai jaminan pada pihak bank.

Peminjam hanya perlu memberikan slip gaji atau keterangan penghasilan untuk bisa mendapatkan pinjaman dari pihak bank.

 

Perbedaan 2: Waktu yang Dibutuhkan Untuk Pencairan Utang

Peminjam Kredit Multiguna akan membutuhkan waktu pencairan yang cukup lama jika dibandingkan dengan KTA. Hal ini dikarenakan bank memerlukan waktu untuk memverifikasi aset yang dijadikan jaminan oleh calon peminjam.

Beda lagi halnya dengan KTA. Bank tidak memerlukan waktu lama untuk mencairkan dana pinjaman bagi peminjam KTA.


Hal ini dikarenakan pihak bank cukup memverifikasi identitas dan penghasilan calon peminjam tanpa memverifikasi aset yang dijadikan jaminan. Kecepatan proses pencairan bahkan hanya berkisar beberapa jam saja.

Calon peminjam sebaiknya mengambil jenis kredit ini jika memerlukan uang dalam waktu yang mendesak seperti memperbaiki rumah yang rusak di waktu musim penghujan dan lain sebagainya.

 

Perbedaan 3: Bunga Bank

Bunga bank pada Kredit Multiguna tergolong rendah, yakni di bawah 1%. Bunga bank yang rendah ini menjadikan Kredit Multiguna merupakan kredit yang cocok untuk pengembangan usaha.

Pengusaha yang sedang mengembangkan usahanya akan tertolong oleh jenis pinjaman dengan bunga yang ringan ini.

Berbeda dengan Kredit Multiguna, KTA memiliki bunga bank yang lebih besar. Besaran bunga yang harus dibayar biasanya sekitar 1% sampai 1,8%.

Investasi-P2P-Lending-vs-Deposito-1-Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Besaran bunga ini berkaitan dengan sistem keamanan yang dimiliki masing-masing sistem kredit.

Karena Kredit Multiguna mempunyai suatu jaminan yang berharga, tentu risikonya tidak sebesar KTA yang diberikan tanpa jaminan aset.

Jadi, meskipun ada keuntungan KTA yang bebas jaminan, tetapi pelakunya harus menyadari bahwa jumlah tagihannya pun semakin besar.

 

Perbedaan 4: Limit Pinjaman

Kredit Multiguna memiliki limit pinjaman yang besar, limit pinjaman bisa mencapai ratusan juta rupiah atau bahkan miliaran, tergantung pada apa yang dijadikan sebagai jaminan pada pihak bank.

Besarnya pinjaman yang bisa diperoleh menjadikan pinjaman ini cocok bagi pengusaha yang sedang membutuhkan dana dalam jumlah banyak untuk mengembangkan usahanya.

Sementara itu, KTA hanya memiliki jumlah limit rendah yang biasanya di bawah 50 juta rupiah.

 

Perbedaan 5: Jangka Waktu Pelunasan Utang

Jangka waktu pada Kredit Multiguna cukup panjang, yakni mencapai 25 tahun.

Aset yang dapat dijadikan agunan atau jaminan contohnya kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, rumah, ruko atau properti lain, emas, mesin pabrik, surat-surat berharga, hewan ternak dalam jumlah dan skala tertentu, atau pesawat dan kapal serta kendaraan lain yang memungkinkan dan lolos survei.

Sedangkan pada KTA, jangka waktu pelunasan relatif lebih singkat yakni di bawah 5 tahun. Kredit ini cocok bagi peminjam yang ingin segera melunasi utangnya dalam waktu singkat.

Misalnya, untuk seorang freelancer yang ingin menuju ke suatu lokasi karena ada proyek. Dengan mengajukan KTA, maka biaya perjalanan bisa segera diperoleh dan pekerjaan bisa terlaksana.

Setelah pulang dari proyek tersebut, maka pemohon bisa segera melunasinya secara berkala.

 

Memilih Jenis Kredit yang Sesuai Kebutuhan

Calon peminjam hendaknya memilih kredit sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Cermat menentukan pilihan kredit yang tepat supaya Anda tidak telat bayar dan bunganya semakin membesar.

Untuk lebih jelas menentukan jenis kredit sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa bertanya langsung pada pakar keuangan melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Belum memiliki aplikasi Finansialku? Anda bisa mengunduhnya baik di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

playstore icon
appstore icon

 

Dapatkan free trial aplikasi Premium selama 30 hari bagi pengguna pertama! Untuk pelanggan setia Finansialku yang ingin upgrade Premium, dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk berlangganan lebih hemat.

Aplikasi Finansialku adalah satu-satunya aplikasi perencana keuangan di Indonesia yang telah terdaftar dan diawasi OJK, serta memperoleh sertifikasi ISO 27001 sehingga data Anda terjamin.

Yuk, konsultasikan kebutuhan keuangan Anda sedini mungkin agar pembelian properti Anda bisa terwujud!

 

Kredit mana yang cocok dengan keadaan Anda? Pilihlah kredit yang paling sesuai kebutuhan dan keadaan Anda! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 05 Oktober 2015. Ini Perbedaan dan Pengertian Kredit Multiguna dan KTA, Jangan Sampai Salah Pilih? Blog.duitpintar.com- https://goo.gl/Rai1j4
  • Redaksi Tribun News. 08 Maret 2016. Perbedaan dan Pengertian Kredit Multi Guna Dengan KTA. Tribunnews.com – https://goo.gl/wBmHsA
  • Admin. 16 Juni 2016. Pilih KTA atau KMG? Pelajari Dulu Perbedaannya. https://goo.gl/WFpeod

 

Sumber Gambar:

  • KTA dan KMG – https://goo.gl/WFpeod