Sudah tahu apa bedanya SMA, SMK, dan MA? Yuk mainkan quiz-nya disini!

Ternyata pendidikan bukan hanya dalam bentuk pendidikan formal saja loh, kini sudah banyak bentuk pendidikan lainnya. Apa sih bedanya?

Yuk kita mainkan quiz-nya untuk tahu seberapa dalam pengetahuan Anda soal SMA, SMK, dan MA:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

QUIZ: Apa Bedanya SMA, SMK, dan MA?

Pertama-tama yuk bermain quiz kecil dari Finansialku untuk melihat sedalam mana pengetahuan Anda soal SMA, SMK, dan MA.

Caranya, silahkan pilih jawaban (sekolah) yang menurut Anda paling sesuai dengan karakteristik pada soal quiz di bawah ini.

Semakin banyak jawaban benar, maka semakin tinggi juga skor Anda yang menunjukan dalamnya pengetahuan Anda soal pengetahuan Anda soal SMA, SMK, dan MA, ayo mainkan Quiz berikut:

 

Bagaimana hasil quiz Anda? Jika skornya masih rendah, jangan khawatir, yuk simak ulasan mengenai SMA, SMK, dan MA berikut ini: 

 

Memberi Pendidikan Terbaik

Banyak yang menilai bahwa pendidikan adalah hal yang penting bagi buah hati. Oleh karena itulah orang tua rela merogoh kocek dalam-dalam demi memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya.

Menurut Finansialku juga, tidak peduli apapun jenis pendidikannya sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Dengan demikian, jelas menegaskan pentingnya dana pendidikan.

Namun seperti yang telah Anda ketahui, kini biaya pendidikan menjadi hal yang mahal. Tak jarang orang tua berutang demi membiayai pendidikan anaknya.

Bahkan di Di Amerika, utang uang sekolah sudah menjadi utang konsumen tertinggi kedua setelah Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Utang ini sudah semakin besar pada tahun 2017 sehingga pantas dikategorikan sebagai suatu masalah serius yang semakin lama semakin buruk.

Tidak percaya? Simak pembahasannya dalam artikel berikut ini:

Ilustrasi Perhitungan Asuransi Pendidikan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Lalu bagaimana mengatasinya? Sangat jelas bahwa pendidikan tidak dapat dihindari karena merupakan sebuah kebutuhan yang cukup mendasar, namun masa sekolah aja harus ngutang?

Sesungguhnya Anda bisa mengakalinya dengan merencanakannya sejak dini. Bagaimana caranya?

Anda bisa melakukannya dengan mudah via aplikasi Finansialku karena beberapa benefit berikut:

  1. Anda bisa mengunduhnya secara GRATIS.
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan, termasuk fitur perencanaan dana pendidikan.
  3. Anda bisa menghitung dan merencanakan dana pendidikan dengan mudah disini sesuai dengan kondisi keuangan dan waktu yang Anda miliki.

 

Anda bisa download Aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Nah, setelah siap merencanakan dana pendidikannya mari kita lihat beberapa alternatif jalur pendidikan menengah atas yang dapat Anda berikan pada buah hati, mulai dari pendidikan SMA, SMK, atau MA:

 

Alternatif Jalur Pendidikan: SMA, SMK, MA

Sebagai orang tua tentunya Anda sudah tahu bahwa pendidikan adalah sebuah hal yang wajib bagi buah hati. Terlebih pendidikan menengah atas atau yang biasa kita kenal dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Namun, belum lama ini paman saya bercerita tentang kegalauannya menyekolahkan putrinya.

Dia bilang bingung ingin memasukkan sang buah hati ke Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Madrasah Aliyah (MA).

Lantas saya bertanya, “Apa bedanya, Paman?”

Ternyata, pendidikan menengah atas bukan hanya SMA saja ya? Setelah itu, paman saya bercerita panjang lebar soal perbedaan ketiganya. Apakah Anda penasaran juga apa bedanya?

Yuk simak ulasannya disini kalau Anda juga belum tahu:

 

#1 Sekolah Menengah Atas (SMA)

Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah sekolah umum yang ditempuh oleh para siswa lulusan SMP (dan sederajat), yang terdiri dari kelas X-XII, serta merupakan tingkatan wajib dalam program Wajib Belajar 12 Tahun.

SMA termasuk dalam pendidikan formal, yakni pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya.

Ketahui Biaya Pendidikan SMA Serta Persiapan Penting Masuk SMA 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Biaya Pendidikan SMA Serta Persiapan Penting Masuk SMA]

 

Jalur pendidikan ini adalah yang paling umum dan sering ditempuh di Indonesia, mengingat sifatnya yang formal dan lulusannya diakui secara nasional baik internasional.

Dalam jenjang ini, fokusnya adalah pembelajaran secara umum, yang terdiri atas berbagai bidang ilmu dengan cakupan yang luas.

Jadi, anak nantinya akan memilih lagi pengelompokan mata pelajaran berdasarkan minat serta kemampuan akademis.

Di kurikulum KTSP 2006, pengelompokan tersebut dinamakan penjurusan, dan dilakukan di kelas XI. Sedangkan di kurikulum 2013, pengelompokan tersebut dinamakan peminatan, dan sudah dimulai dari kelas X.

Melansir dari Zenius.net, penjurusan/peminatan di jenjang SMA terbagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

Penjurusan/peminatan ini lebih fokus kepada mata pelajaran ilmu alam. Yang spesifik diajarkan adalah Fisika, Kimia, dan Biologi. Matematika yang ada dalam penjurusan ini juga dirancang spesifik untuk lebih cocok dengan ilmu alam.

 

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

Penjurusan/peminatan ini terfokus kepada mata pelajaran ilmu sosial dan humaniora. Yang spesifik diajarkan adalah Ekonomi, Geografi, Sejarah, serta Sosiologi & Antropologi.

Matematika dalam penjurusan ini juga ada, tetapi dirancang untuk lebih sejalan dengan ilmu sosial & humaniora.

 

  1. Ilmu Bahasa

Penjurusan/peminatan ini terfokus kepada mata pelajaran bahasa & sastra, seperti Bahasa & Sastra Indonesia, Bahasa & Sastra Inggris, 1 bahasa asing wajib, 1-2 bahasa asing pilihan.

Untuk bahasa asing wajib dan pilihan, biasanya tergantung sekolah masing-masing, pilihannya bisa berupa Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol, dan lain-lain.

Meski di penjurusan dan peminatan lain ada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, di penjurusan ilmu bahasa ini kamu akan mendalami bahasa-bahasa tersebut secara lebih spesifik, dan mencakup ranah sastra juga.

 

#2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Apabila Sekolah Menengah Atas (SMA) bersifat umum, maka ada pendidikan sederajat yang disebut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang lebih terfokus.

Undang-undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) nomor 20 tahun 2003 mengenai tujuan pendidikan nasional pasal 3 dan pasal 15 menyebutkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja pada bidang tertentu.

Ini Dia Biaya Pendidikan SMK Dan Persiapan Penting Sebelum Masuk SMK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Biaya Pendidikan SMK Dan Persiapan Penting Sebelum Masuk SMK]

 

Jadi jika pada pendidikan SMA kita bisa memilih 3 jurusan yang ada yaitu sains, sosial dan bahasa, pada SMK terdapat lebih banyak jurusan yang bisa dipilih berdasarkan minat dan kemampuan siswa/i terkait.

Selain itu untuk pendidikan SMA, siswa lebih difokuskan untuk mempelajari teori. Sementara itu, di SMK siswa akan lebih berfokus pada penerapan teori atau ilmu yang sudah didapatkan. Jadi, di SMK ada lebih banyak praktik yang dilakukan.

Layaknya SMA, SMK juga memiliki penjurusan, tetapi jumlah penjurusannya jauh lebih banyak dan dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan peserta didiknya.

Melansir dari Zenius.net, beberapa contoh jurusannya yang favorit dan banyak diminati adalah sebagai berikut:

 

  1. Teknik Pemesinan

Jurusan ini akan mengajarkan kamu tentang segala hal yang berhubungan dengan komponen mesin. Mulai dari bahan dasarnya, cara memproduksinya, fungsi komponennya, dan lain-lain.

 

  1. Teknik Komputer & Jaringan (TKJ)

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik perakitan komputer, perawatan komputer, serta instalasi atau pemasangan jaringan.

 

  1. Tata Boga

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari seluk beluk kuliner. Teknik memasak, peralatan memasak, bisnis kuliner, dan sebagainya. Jurusan ini cocok banget nih, untuk kamu yang hobi mengeksplorasi dunia kuliner.

 

  1. Tata Busana

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari semua yang berhubungan dengan industri pakaian. Tidak hanya menjahit, kamu juga akan belajar tentang pola pakaian, desain, mode, serta usaha bidang sandang/pakaian.

 

  1. Akuntansi

Di jurusan yang super populer ini, kamu akan mempelajari tentang bagaimana pembukuan dan pencatatan sistem keuangan di sebuah perusahaan/badan usaha. Ini cocok banget buat kamu yang suka ngitung uang, hehe.

 

  1. Keperawatan

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai keahlian dasar untuk menjadi seorang perawat.

 

  1. Multimedia

Sesuai dengan namanya, multi (banyak) dan media (perantara), kamu akan mempelajari segala sesuatu yang menyangkut penyampaian informasi melalui berbagai perantara.

Misalnya, kalo kamu pengen bikin video di Youtube, kamu gak bisa sembarang bikin, kan? Harus ada teknik yang baik supaya informasi yang ingin disampaikan bisa tersalurkan dengan baik.

Nah, di jurusan multimedia inilah kamu bisa pelajari teknik-teknik tersebut.

Pada dasarnya, mereka yang memilih SMK untuk pendidikan buah hatinya ingin mereka lebih berkembang pada bidang tertentu sehingga bisa dimanfaatkan secara kompeten setelah lulus nanti.

 

#3 Madrasah Aliyah (MA)

Madrasah Aliyah (MA) merupakan jenis pendidikan yang tidak hanya menitikberatkan pada pengetahuan. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Meski sangat menyerupai Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya, dalam MA ada penambahan porsi untuk pendalaman pembelajaran agama Islam. Selain itu, pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama.

Quiz Kenali Perbedaan SMA, SMK, MA, Kamu Pilih Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Tipe Anak Sekolah Seperti Apakah Kamu? Jangan Lupa Tetap Belajar Ya]

 

Mata pelajaran yang spesifik dalam jenjang pendidikan ini adalah:

  • Alquran dan Hadits
  • Aqidah dan Akhlaq
  • Fiqih
  • Sejarah Kebudayaan Islam
  • Bahasa Arab.

 

Pada tahun kedua (yakni kelas 11), seperti halnya siswa SMA, maka siswa MA memilih salah satu dari 4 jurusan yang ada, yaitu Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa.

Serupa dengan SMA bukan? Bedanya hanya penambahan jurusan ilmu keagamaan Islam.

Selain Madrasah Aliyah (MA) yang menyerupai Sekolah Menengah Atas (SMA), ada juga Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang menyerupai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan lebih banyak jurusan.

 

Manakah yang Menjadi Pilihan Anda?

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pendidikan mana yang sesuai bagi buah hati Anda? Semuanya kembali pada kebutuhan si anak dan keputusan berada di tangan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan Anda.

Oh iya, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar Anda bisa merencanakan dana pendidikan dengan baik dan tentunya terhindar dari utang. Selamat membaca..

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai bedanya SMA, SMK, dan MA lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang kebingungan dalam memilih pendidikan bagi buah hatinya. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan 1 – http://bit.ly/2NY9XQO
  • Pendidikan 2 – http://bit.ly/2Y1Qbrr