Apa perencanaan keuangan jangka pendek Anda? Ayo persiapkan keuangannya dari sekarang dan jangan ditunda-tunda agar tidak ngutang sana-sini!

 

Wujudkan Tujuan Keuangan Dengan Rencana Keuangan Jangka Pendek

Setiap orang tentu memiliki tujuan keuangan, misalnya seorang mahasiswa membutuhkan sebuah kendaraan bermotor sebagai alat transportasinya.

Selain untuk menghemat biaya transportasi, mahasiswa yang bersangkutan juga dapat mengefektifkan waktunya saat di perjalanan.

Apa tujuan keuangan Anda tahun ini? Misalnya Anda sedang membutuhkan laptop baru, atau jam tangan baru atau ingin berlibur ke Labuan Bajo di akhir tahun ini.

Setiap tujuan keinginan tersebut bisa diklasifikasikan dalam rencana keuangan jangka pendek (biasanya kurang dari 2 tahun).

Untuk mencapai setiap tujuan keuangan tersebut, tentu Anda membutuhkan dana, bukan?

Dana tersebut harus direncanakan, itulah sebabnya penting sekali menyusun rencana keuangan jangka pendek.

Dalam menyusun rencana keuangan jangka pendek, kita perlu strategi finansial agar target yang kita inginkan dapat tercapai di samping stabilnya kondisi keuangan sehari-hari.

Ada kalanya kita bisa mencapai tujuan keuangan tersebut tapi kondisi keuangan harian jadi tidak stabil. Misalnya Anda memaksakan diri untuk membeli laptop baru padahal dana untuk membayar biaya cicilan bulanannya tidak mencukupi.

Untuk menghindari kasus tersebut, perencanaan keuangan jangka pendek perlu disusun secara cermat.

 

Tips Menyusun Rencana Keuangan Jangka Pendek

Berikut ini beberapa tips untuk menyusun rencana keuangan jangka pendek agar tujuan keuangan tercapai tanpa mengusik kestabilan keuangan harian Anda.

 

#1 Tentukan Tujuan Finansial

Tips pertama untuk mencapai tujuan keuangan Anda tanpa mengusik kondisi keuangan harian adalah dengan menentukan tujuan keuangan Anda secara spesifik.

Apa tujuan keuangan jangka pendek Anda? Misalnya, membeli motor baru, laptop baru, tas atau baju baru.

Jangan lupa untuk memprioritaskan kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Dengan kejelasan dari tujuan keuangan Anda, maka perkiraan biaya yang harus dipersiapkan setiap bulannya dapat ditentukan dengan lebih spesifik.

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

Misalnya, Anda perlu menabung sebesar Rp500 ribu setiap bulannya untuk membeli sebuah laptop seharga Rp6 juta  sesuai spesifikasi yang Anda butuhkan hingga akhir tahun 2020.

Selain itu, Anda akan dapat mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan untuk merealisasikan tujuan keuangan tersebut.

Ketahui rencana keuangan Anda sesuai usia dengan mengunduh E-Book dan Podcast Perencanaan Keuangan dari Finansialku berikut ini:

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

Wujudkan tujuan keuangan Anda dengan bantuan Aplikasi Finansialku yang memberikan kemudahan dalam pencatatan keuangan harian.

Anda juga dapat mencatat berbagai kebutuhan finansial seperti pencatatan arus keuangan harian, pencatatan hasil investasi dan mengecek kondisi kesehatan finansial Anda.

Selain itu, Anda dapat dengan leluasa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku dengan menjadi MEMBER PREMIUM.

 

#2 Lakukan Pencatatan Aset & Arus Keuangan Harian

Untuk mewujudkan rencana keuangan jangka pendek, Anda juga perlu mengetahui mengenai jumlah aset dan melakukan pencatatan arus keuangan harian.

Berapakah jumlah harta yang Anda miliki (aset) dan pengeluaran Anda, termasuk berbagai tagihan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya seperti tagihan asuransi, cicilan rumah, kendaraan dan juga kartu kredit.

Catat juga setiap aset yang Anda miliki, misalnya kendaraan, mobil, barang-barang elektronik dan berbagai kekayaan yang Anda miliki.

 

#3 Susun, Diskusikan & Komunikasikan Dengan Anggota Keluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, menyusun anggaran bersama keluarga sangatlah dianjurkan. Anda dapat bertukar pikiran untuk setiap anggaran yang harus diprioritaskan setiap bulannya.

Susun bersama pasangan Anda dan dengan anak-anak Anda yang sudah bisa diajak berkomunikasi dan menyusun anggaran keluarga.

Tanyakan pada mereka, kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi untuk bulan berikutnya.

Misalnya, istri Anda perlu membeli wajan baru di bulan depan, anak Anda membutuhkan sepatu baru dan lain sebagainya. 

Cari solusi terbaik jika perbincangan Anda menuju pada jalan buntu. Ingatlah bahwa akan selalu ada jalan keluar dan solusi terbaik untuk masalah keuangan keluarga Anda.

 

#4 Hemat Pangkal Kaya

Masih ingat dengan nasihat orangtua kita: “Hemat Pangkal Kaya”?

Untuk mewujudkan target finansial, melakukan penghematan merupakan sebuah nasihat yang tetap relevan hingga masa milenial ini.

Apa saja pengeluaran yang bisa Anda hemat? Misalnya dengan mengganti motor berbahan bakar bensin dengan motor listrik atau mengurangi intensitas pergi ke mall yang membuat Anda ingin selalu jajan.

Beberapa ide penghematan lain misalnya dengan memangkas pengeluaran TV cable, mengurangi jumlah cangkir kopi harian Anda di kedai kopi atau menghentikan kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi tubuh seperti merokok.

Setiap hasil penghematan tersebut dapat menambah jumlah tabungan Anda yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang lebih mendesak. Selain itu, Anda juga bisa memulai investasi.

Belum tahu investasi apa yang sesuai untuk Anda dan bagaimana memulainya?

Unduh E-Book Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini: Perpustakaan Ebook.

 

#5 Mulailah Berinvestasi

Cara lain yang juga efektif untuk mencapai tujuan keuangan Anda adalah dengan mulai berinvestasi. Pilihlah investasi yang sesuai dengan kebutuhan kemampuan finansial Anda.

Ketahui prinsip berinvestasi bahwa semakin tinggi keuntungan, semakin tinggi juga risiko, meski Anda juga dapat mempelajari tentang manajemen risiko investasi yang dapat memperbesar keuntungan investasi Anda.

Mulailah dengan investasi yang memiliki risiko kecil dan pelajari bagaimana membuat keuntungan Anda lebih maksimal.

Dapatkan tips berinvestasi secara efektif melalui komunitas Finansialku yang dipandu secara langsung oleh Perencana Keuangan Finansialku.

 

Masih ada masalah keuangan yang belum bisa diatasi? Perencana Keuangan Finansialku siap membantu! Langsung konsultasikan keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah bersertifikat.

Hubungi kami melalui Menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui link berikut ini Konsultasi Keuangan.

Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi melalui WhatsApp.

 

Apa rencana keuangan jangka pendek Anda?  Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Tips Melakukan Rencana Keuangan Jangka Pendek yang Perlu Anda Perhatikan. Prudential.co.id – https://bit.ly/2ueC44U