Gelar Konser di Jakarta, Begini Perjalanan Karier John Mayer

Penasaran dengan perjalanan karier John Mayer selama ini? Penyanyi asal Amerika ini akan mengadakan konser di Indonesia pada tanggal 5 April 2019.

Agar bisa banyak menginspirasi, kali ini Finansialku akan mengulas tentang perjalanan karier John Mayer sebagai seniman profesional.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Konser John Mayer April 2019

Siapa sih yang tidak kenal dengan John Mayer? Kali ini, penyanyi asal negeri Paman Sam ini akan menggelar konser tepatnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Gelar Konser di Jakarta, Begini Perjalanan Karier John Mayer 02 John Mayer 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Nonton Konser John Mayer & Konser Ed Sheeran? Baca 5+ Tips ini!]

 

Konser ini diadakan dalam rangka tur “Australia & Asia Tour 2019” dan mempromosikan album Mayer The Search for Everything yang rilis pada April 2017 lalu.

Konser Mayer kali ini pasti sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para fansnya. Bahkan antusiasme fans terbukti dari ludesnya tiket konser beberapa kategori tanpa pre-sale loh guys!

Mendengar nama John Mayer sendiri tentu tidaklah asing dalam permusikan internasional, karena lagu-lagunya sering masuk jajaran top chart.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Sekilas Perjalanan Karier John Mayer

Dalam catatan kariernya, setidaknya ada tujuh album yang telah Mayer luncurkan, yaitu:

  • Room for Square yang diterbitkan pada awal debutnya tahun 2001
  • Heavier Things tahun 2003
  • Continuum tahun 2006
  • Battle Studies tahun 2009
  • Born and Raised tahun 2012
  • Paradise Valley tahun 2013
  • The Search for Everything yang rilis tahun 2017 lalu.

Nah, kamu yang mengaku fans John Mayer sudah punya berapa album nih?

Untuk melambungkan nama dipermusikan internasional pasti banyak lika-liku yang telah dilewati oleh Mayer. Yuk, intip perjalanan karier dan fakta menarik tentang profesionalisme John Mayer sebagai seniman.

 

#1 Gitar Adalah Perantara Cintanya Pada Musik

Banyak dari para musisi kelas atas mencintai musik berawal dari kecintaannya pada salah satu alat musik. Hal ini juga dialami oleh Mayer. Kecintaan Mayer terhadap musik berawal dari bakatnya dalam memainkan alat musik gitar.

Gelar Konser di Jakarta, Begini Perjalanan Karier John Mayer 03 John Mayer 3 - Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan Sekarang Juga Tips Menabung untuk Beli Tiket Konser]

 

#2 Mengawali Penulisan Lagu Sejak 17 Tahun

Pada umurnya yang ke-17 tahun, penyakit cardiac arrhtymia menyerang Mayer yang membuatnya dirawat beberapa hari di rumah sakit. Ketika dirawat itulah Mayer menuliskan lagu pertamanya.

 

#3 Menggeluti Bidang Seni di Kampus

Kemudian pada usianya yang ke-19 tahun ia masuk dalam pendidikan seni musik di Berklee College of Music di Boston, Massachusetts, namun ia mengundurkan diri dan tidak menyelesaikan pendidikannya tersebut.

Setelah itu, Mayer pindah bersama sahabatnya, Clay Cook ke Atlanta. Mereka berdua kemudian membuat LoFi Masters, yang merupakan sebuah band akustik yang mulai tampil kedai kopi lokal di Atlanta.

Band garapan dua orang sahabat ini selain tampil di kedai kopi juga sering tampil di beberapa klub, salah satunya Eddie’s Attic.

Namun, sayangnya karena perbedaan musik antara kedua anggota band, band akustik tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya dinyatakan bubar.

 

#4 Memulai Karier Solo

Setelah itu, Mayer memulai karier solonya dan bekerja sama meluncurkan album Extended Play (EP) dengan label musik Columbia Record dan memberi judul pada albumnya Inside Wants Out.

Dari situlah awal mula catatan karirnya. Banyak lagu-lagu John Mayer yang populer dan booming, sebut saja lagu yang berjudul Your Body Is Wonderland, Who You Love, Bigger Thannd My Body, XO, New Light, Gravity dan masih banyak lainnya.

 

#5 Meraih Banyak Penghargaan

Kepopuleran lagu Mayer terbukti ada tahun 2002, ia memenangkan penghargaan musik bergengsi dalam kategori Best Male Pop Vocal Performance yang tak lain dan tak bukan adalah Grammy Award, lewat salah satu lagunya yang berjudul Your Body Is Wonder Land.

Penghargaan tersebut menjadi Grammy pertama setelah debutnya. Setelah memenangkan penghargaan musik tersebut, Mayer tak lantas berhenti mengarungi dunia permusikan.

Ia malah membentangkan sayapnya dengan meluncurkan album keduanya yang bertajuk Heaver Things dan mendapat sambutan positif banyak majalah seperti Allmusic, Blender dan Rolling Ston.

Dalam catatan kariernya hingga saat ini Mayer telah mengantongi 7 penghargaan Grammy Award dalam beberapa kategori.

Selain itu, album Heavier Things juga sukses di US Billboard 200 Chart menduduki posisi pertama dan salah satu lagunya berjudul Daughters memenangkan Song of The Year pada tahun 2003. Keren!

 

#6 Pernah Membentuk Trio

Pernah mendengar tentang John Mayer Trio? Kalau iya, fiks! Kamu fans sejatinya John Mayer.

Tidak banyak yang tahu mungkin, bahwa John Mayer pernah membuat trio pada tahun 2005 yang beranggotakan John Mayer, Steve Jordan dan Pino Palladino.

John Mayer Trio tersebut membuat album yang diberi judul TRY!, album ini memuat lagu-lagu yang dibuat secara live oleh mereka.

Pembetukan trio ini membuat Mayer berpindah haluan dari genre musik pertamanya yaitu blues menjadi blues and rock dan John Mayer Trio ini masuk dalam nominasi Grammy Album Rock Terbaik.  

 

#7 Termasuk dalam Orang Paling Berpengaruh

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa Mayer telah banyak mendapatkan penghargaan dalam blantika permusikan internasional.

Pada tahun 2007 saja, Mayer masuk dalam lima nominasi Grammy Award, salah satunya yaitu nominasi Album of The Year. Meskipun ia tidak memenangkan kategori tersebut,

Mayer menyabet penghargaan Best Pop Song with Vocal dan Best Pop Album.

Selain mendapat banyak penghargaan di bidang musik, Mayer pun termasuk dalam 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time pada tahun 2007 atas dedikasi dan popularitasnya dalam dunia permusikan internasional.

 

#8 Penyakit yang Menunda Merilis Albumnya

Pada tahun 2011, Mayer menjalani perawatan untuk menyembuhkan Granuloma pada pita suaranya. Hal ini berdampak pada jadwalnya dalam merilis album dan menunda sampai tahun 2012.

Album tersebut bertajuk Born and Raised yang rilis pada tahun 2012, setelah kesehatan Mayer pulih kembali ia kemudian merekam dan mengadakan tur dan pada tahun berikutnya merilis album yang diinspirasi oleh Paradise Valley.

 

#9 Kehidupan Percintaan

Selain yang telah disebutkan di atas, salah satu hal lain yang menghiasi kisah perjalanan karier John Mayer adalah percintaan.

Ya, menjadi public figure dunia tentunya selalu mendapat sorotan dalam tiap lini kehidupan, termasuk juga percintaan.

John Mayer adalah seorang musisi yang memiliki wajah tampan dan kemahiran bermain musiknya sudah tidak diragukan lagi.

Beberapa artis dan penyanyi pernah dikabarkan menjalin asmara dengannya, seperti Taylor Swift, Katy Perry, Vanessa Carlton, Jessica Simpson dan Jennifer Anston.

Kehidupan percintaan memang terkadang tidak berjalan lurus dengan kehidupan karier Mayer, yang bisa dikatakan sebagai musisi kelas atas.

Namun, dibandingkan memilih untuk mengeluhkan kehidupan percintaannya, Mayer sering menciptakan lagu yang terinspirasi dari kisah cintanya yang berliku, contohnya lagu yang berjudul Who You Love kolaborasi dengan Katy Perry dan Paper Doll ketika ia putus dengan Taylor Swift.

 

Perjalanan Karier John Mayers yang Fenomenal

Begitulah, secuil perjalanan dari musisi luar biasa John Mayer dari awal debut hingga menjadi musisi papan atas saat ini.

Dari catatan perjalanan tersebut kita bisa mengambil pelajaran bahwa untuk mendapatkan hasil yang besar kita perlu berkorban lebih besar dari pada orang lain, seperti waktu, pikiran dan tenaga.

Membeli tiket konser terkadang memerlukan biaya yang tak murah, terutama konser John Mayer ini. Tentunya biaya yang tidak kecil mengharuskan kita untuk dapat merencanakan keuangan dengan baik.

Apakah kamu sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? kamu dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan kamu dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

kamu juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana perjalanan karier sang maestro musik internasional, keren bukan? Sudah tidak sabar yah menanti kedatangan sang idola bertandang ke Indonesia. Be patient, guys! And happy waiting for April.

Nah, untuk kamu yang akan menonton konser John Mayer april mendatang, kabarnya Mayer memboyong serta John Mayer Trio loh. Asyik kan?

Ayo bagikan pendapatmu pada kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu juga ya! Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. John Mayer. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/zCGtn5

 

Sumber Gambar:

  • John Mayer 1 – https://goo.gl/jZH6k3
  • John Mayer 2 – https://goo.gl/Evddxp
  • John Mayer 3 – https://goo.gl/j9CQ5k

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment