Perkawinan dan Hidup Berkeluarga harus disiapkan dengan matang, tidak hanya sekedar pesta tetapi pondasi dalam perkawinan dan hidup berkeluarga. Finansialku.com sebagai perencana keuangan akan membahas persiapan dari faktor biaya perkawinan dan perencanaan keuangan untuk keluarga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Perkawinan dan Hidup Berkeluarga Harus ada Persiapan Matang

Ada seseorang bernama Niecy Nash, yang mengatakan bahwa jatuh cinta itu relative lebih mudah jika dibandingkan dengan perkawinan dan hidup berkeluarga.

 

English

Falling in love was the easy part; planning a wedding – yikes!

Niecy Nash

 

 Perkawinan dan Hidup Berkeluarga Harus Disiapkan dengan Matang

 

Indonesia

Jatuh cinta adalah bagian yang paling mudah, merencanakan perkawinan – Astaga!

Niecy Nash

 

Menurut Finansialku.com, dalam sebuah perkawinan dan hidup berkeluarga diperlukan sebuah komitmen. Tantangan pertama adalah merencanakan dana pernikahan. Anda dapat melihat siapa pasangan Anda, bagaimana orang tua Anda, bagaimana calon mertua Anda saat berbicara mengenai pernikahan.

Ada yang maunya mengadakan pesta mewah, ada yang ingin mengadakan pesta sederhana dan ada juga yang tidak ingin mengadakan pesta. Sebenarnya pesta perkawinan bukan merupakan syarat sah sebuah perkawinan.

 

 [Baca Juga: Syarat Pernikahan yang Sah di Indonesia]

 

Tantangan selanjutnya dalam perkawinan dan hidup berkeluarga adalah membina keluarga. Banyak sekali tantangan yang akan dihadapi saat sepasang kekasih memutuskan bersatu dalam perkawinan dan hidup berkeluarga. Termasuk di dalamnya adalah tantangan dalam keuangan. Bagaimana membeli rumah pertama setelah menikah, menyiapkan dana untuk mewujudkan tujuan keuangan bersama, bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga bersama dan lain sebagainya.

 

[Baca Juga: Rumah Pertama Setelah Menikah]

 

Banyak kasus perceraian yang berawal dari masalah kesalah pahaman, jika ditelusuri lebih dalam lagi, ujung-ujungnya berasal dari masalah keuangan. Walaupun tidak semua kasus perceraian karena masalah keuangan, tetapi masalah keuangan menjadi penyebab yang terpopuler.

Solusinya adalah ketika Anda ingin memulai sebuah perkawinan dan hidup berkeluarga, lakukan sebuah komunikasi dengan pasangan. Jangan malu untuk membicarakan apa yang harus dilakukan ke depannya. Jangan malu untuk berdiskusi dengan perencana keuangan untuk membahas rencana keuangan untuk keluarga yang baru.

 

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan untuk Keluarga]

 

Kesimpulan

Seperti yang dikatakan Nash, ternyata jatuh cinta itu baru bagian awal dan lebih mudah dibandingkan perkawinan dan hidup berkeluarga. Diperlukan sebuah perencanaan keuangan yang matang dan kekompakan pasangan untuk menjalaninya.

 

Jangan lupa bagikan juga cara menghemat biaya pernikahan versi Anda dan pasangan, terima kasih.

 

Image Credit:

  • Wedding – http://goo.gl/cmlQUj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang