Tips mengelola keuangan untuk wanita karir langsung dari ahli keuangan ini mungkin belum diketahui orang banyak.

Dalam artikel kali ini, Finansialku bersama saya, Rista Zwestika S.Sos. CFP, kita akan membahas tips mengelola keuangan untuk wanita karir. Baca dan praktikkan langsung, ya!

 

Mengelola Keuangan Untuk Wanita Karir

Di kehidupan sosial, perempuan biasanya tidak bisa memilih akan menjadi apa nanti ketika sudah dewasa, karena seolah sudah diatur untuk menjadi Ibu Rumah Tangga dan bendahara keuangan keluarga.

Tapi kini tidak, seiring dengan perkembangan zaman, perempuan akhirnya bisa memilih mau di bawa ke mana hidupnya setelah dewasa.

Tidak sedikit perempuan-perempuan hebat yang memilih untuk menjadi Ibu Rumah Tangga, tapi tidak sedikit pula dari mereka yang memilih untuk fokus menjadi seorang wanita karir, baik buat perempuan menikah atau tidak menikah.

Ini kemudian menjadi tantangan besar buat mereka yang menikah, karena harus menyesuaikan dua macam pola pengaturan keuangan secara bersamaan, yaitu kebutuhan pribadi yang menunjang karirnya, juga kebutuhan keluarga.

Salah-salah mengontrol keuangan, ini bisa berdampak pada keuangan keluarga dan pribadi, yang akhirnya membuat masa depan tidak tentu arahnya.

Perlu Tahu, Ini Tips Mengelola Keuangan Untuk Wanita Karir 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menjadi Wanita Karir, Kenapa Ngga? Yuk Simak Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses]

 

Saya punya beberapa tips mengelola keuangan untuk wanita karir, baik yang menikah atau pun yang tidak menikah, yang bisa diaplikasikan, seperti:

 

#1 Lakukan Financial Check Up

Apa pun tujuan keuangannya, tips mengelola keuangan untuk wanita karir yang pertama dan wajib dilakukan adalah financial check up.

Ini untuk mengetahui apakah dengan harta dan aset yang dimiliki saat ini, kondisi keuangan kita sudah sehat atau belum.

Financial Check Up ini harus dilakukan sedini mungkin, karena kita bisa segera memperbaiki lubang-lubang dalam keuangan kita, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Sibuk bukan lagi alasan valid untuk menghindari melakukan Financial Check Up ini, karena Anda bisa melakukannya dengan cepat dan efektif lewat aplikasi Finansialku.

Anda hanya perlu meluangkan waktu 10 menit saja untuk bisa mengetahui kondisi keuangan Anda secara merinci lewat aplikasi ini. Download aplikasi Finansialku di Play Store dan App Store.

 

#2 Buat Daftar Seluruh Sumber Pendapatan dan Pengeluaran

Biasakanlah untuk mengetahui sumber pendapatan dan pengeluaran harian hingga bulanan, baik itu aktif, pasif, investasi, hingga bisnis.

Setelah itu, buatlah daftarnya secara merinci. Mulai dari pendapatan dan pengeluaran bulanan, baik itu pribadi maupun keluarga.

Dari sini, kita bisa tahu mana pengeluaran yang produktif dan konsumtif, sehingga bisa lebih leluasa untuk mengeliminasi pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu diperlukan.

 

#3 Buat Anggaran

Tips mengelola keuangan untuk wanita karir berikutnya, cobalah membuat anggaran pengeluaran bulanan berdasarkan skala prioritas kewajiban hingga keinginan.

Jadi, Anda akan secara otomatis mengutamakan hal-hal yang wajib dibayarkan, seperti pajak, sedekah, investasi, asuransi, dan biaya-biaya bulanan rutin lainnya.

Untuk yang sudah menikah, pastikan untuk membuat anggaran bersama dengan pasangan agar ada rasa percaya dan saling terbuka, juga membangun kedekatan antar pasangan.

 

#4 Disiplin Mencatat dan Review

Setelah membuat anggaran, pastikan Anda disiplin mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, kemudian lakukan review secara berkala untuk memastikan kalau anggaran tersebut masih sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Anda bisa melakukan semua ini di Aplikasi Finansialku, sehingga tidak perlu khawatir ini akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

 

#5 Bersyukur

Tips mengelola keuangan untuk wanita karir  yang terakhir adalah tetap bersyukur dan tunjukan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang diberikan dengan mengelolanya keuangan kita sebaik mungkin.

 

Minta Bantuan

Kalau Anda tidak sanggup untuk melakukannya sendiri, jangan sungkan untuk melibatkan orang ketiga, yaitu perencana keuangan untuk membantu Anda mengatur keuangan.

Anda bisa menghubungi saya dan teman-teman perencana keuangan lainnya lewat fitur ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku.

Kami siap membantu merancang anggaran keuangan yang tepat, hingga memberikan solusi untuk permasalahan keuangan Anda.

 

Apakah Anda punya pertanyaan terkait hal ini? Silakan tuliskan di kolom komentar.

Pastikan juga kalau teman-teman atau keluarga terdekat Anda tahu tentang tips ini dengan membagikan artikel dari Finansialku lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Sumber Gambar:

  • Karir 01 – https://bit.ly/2PTnw5e