Pentingnya Persiapan Mental Sebelum Pensiun, Praktikkan Cara Ini!

Ketika menghadapi masa pensiun hal penting yang harus dipersiapkan adalah aspek finansial. Padahal sebenarnya persiapan mental sebelum pensiun yang harus lebih dimatangkan karena bisa memberikan dampak yang buruk terlebih secara psikologis.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ternyata Ini Pentingnya Persiapan Mental Sebelum Pensiun!

Setiap orang yang menjalani masa pensiun ibarat mengawali babak baru sebuah kehidupan.

Bagaimana tidak, hari demi hari yang biasanya berlalu begitu saja karena menghabiskan waktu di tempat kerja, tapi setelah pensiun terkadang waktu berjalan begitu lama.

Pentingnya Persiapan Mental Sebelum Pensiun, Praktikkan Cara Ini! 02 Persiapan mental 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tujuan Dana Pensiun Mengapa Penting Untuk Dimiliki]

 

Meski demikian, banyak juga yang menilai bahwa masa pensiun menjadi momen tepat untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan karena selama ini terhalang padatnya aktivitas bekerja.

Satu per satu, ada yang menyalurkan hobinya, melakukan perjalanan ke berbagai tempat hingga luar negeri, berwirausaha, atau memilih mencari tempat tinggal yang menenangkan seperti wilayah pedesaan.

Setiap orang bebas memilih dan menentukan cara mereka menikmati masa pensiunnya.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tapi, perlu diingat bahwa menghadapi masa pensiun bukan hanya tentang membangun rencana finansial tapi bagaimana mental Anda mempersiapkan itu semua.

Seperti dilansir dari Hellosehat.com (Kamis, 31/1/2019), sejumlah studi telah membandingkan kesehatan mental golongan pensiunan dengan profesional paruh baya.

Hasilnya pun menunjukkan bahwa pensiunan (terutama laki-laki) cenderung memiliki tingkat keparahan depresi dan kecemasan yang lebih besar dari rekan-rekan kerja mereka.

Kewalahan lebih banyak dialami para pensiunan karena harus melakukan begitu banyak penyesuaian.

Fakta juga menyebutkan bahwa penuaan dapat menjadi pengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri.

Beberapa pensiunan mungkin tidak lagi mempercayai kemampuan mereka untuk membuat keputusan yang tepat karena ada begitu banyak yang dipertaruhkan.

Pekerjaan” seorang pensiunan, identik dengan menikmati hidup, bersantai, bahkan dilabeli sebagai “orang tua” yang berfisik lemah, penglihatan kabur, pemahaman lambat, dan sulit mendengar.

Ketika muncul label stereotip itu, seperti mendorong mereka untuk mengalami fase usia lanjut lebih cepat.

Tidak dipungkiri bahwa karier memiliki andil besar pada kehidupan banyak orang, sehingga para pensiunan pasti mengalami krisis perubahan gaya hidup ketika menghadapi masa ini.

Finansial memang salah salah satu elemen penting untuk direncanakan, tapi mental jauh lebih penting untuk dipersiapkan.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Siap Menuju Masa Pensiun? Praktikan Cara Ini sebagai Persiapan Mental

Memang tidak semua orang pensiunan mengalami perubahan drastis dalam hidupnya ketika memasuki masa pensiun. Tapi, mayoritas merasakannya.

Pentingnya Persiapan Mental Sebelum Pensiun, Praktikkan Cara Ini! 03 Persiapan Mental 3 - Finansialku

[Baca Juga: Menyiapkan Dana Pensiun Ala Generasi Milenial. Ini Penjelasannya]

 

Seorang pensiunan profesor psikologi konseling di University of Maryland, Nancy Schlossberg, yang juga seorang penulis buku Revitalizing Retirement: Reshaping Your Identity, Relationships, and Purpose dan Retire Smart, Retire Happy.

Nancy Schlossberg merekomendasikan para calon pensiunan untuk mempersiapkan diri secara mental melalui tiga bidang kehidupan yang harus Anda renungkan.

 

#1 Memahami Identitas Diri

Meninggalkan dunia pekerjaan secara tidak langsung juga meninggalkan identitas diri Anda. Salah satu contohnya adalah jabatan yang Anda duduki ketika di dunia kerja.

Biasanya Anda dengan mudah memperkenalkan diri sebagai “Direktur di Perusahaan A” dan setelah pensiun, Anda perlu meramu identitas baru “Saya adalah …”.

Meskipun sebagian besar orang sering menyebutkan bahwa dirinya adalah pensiunan dari sebuah perusahaan, tapi seiring berjalannya waktu mereka juga ingin memulai hidup yang baru.

Memulai hidup baru dengan tidak menghubungkan identitasnya saat ini dengan kariernya yang pernah dijalani.

Bahkan mereka akan lebih bahagia jika berusaha mendefinisikan identitas diri pasca-pensiun yang akan memberikan pondasi bagi keseharian mereka dan makna bagi kehidupan mereka.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Membangun Hubungan dengan Orang Lain

Perubahan yang dialami ketika memasuki masa pensiun, bukan hanya pada rutinitas sehari-hari tetap juga hubungan dengan orang-orang yang menjadi bagian dari rutinitas Anda.

Jangan hanya berdiam diri atau meratapi nasib, tapi lakukan perubahan untuk diri Anda sendiri.

Caranya, bisa dengan membuat pertemanan baru diluar pekerjaan dan terlibat dalam kegiatan yang Anda inginkan setelah pensiun. Misalnya, teman travelling, komunitas, dan sebagainya.

Pentingnya Persiapan Mental Sebelum Pensiun, Praktikkan Cara Ini! 04 Persiapan mental 4 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5+ Aset Yang Digunakan Sebagai Dana Pensiun]

 

Selain dengan teman, biasanya Anda juga akan mengalami hubungan yang berubah dengan pasangan atau keluarga karena akan lebih banyak menghabiskan waktu.

Bahagia dong pastinya, tapi jangan salah karena terlalu banyak waktu bersama bisa menyebabkan orang untuk lebih cepat bosan atau tersinggung untuk hal-hal kecil satu sama lain.

So, jangan tunggu sampai ada masalah ya. Anda bisa merencanakan dan mendiskusikan harapan-harapan yang diinginkan satu sama lain supaya tidak sering terjadi konflik.

 

#3 Fokus pada Tujuan Hidup

Poin ini sebenarnya berkaitan dengan poin pertama yaitu identitas diri.

Seperti dikatakan Schlossberg, Menemukan tujuan hidup baru dapat memakan beberapa waktu, dan Anda mungkin memiliki beberapa misi yang berbeda atau tujuan selama tahun emas Anda.

Karenanya, Anda dapat bertanya pada diri sendiri apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda.

Biasanya, orang-orang yang berada di posisi otoritas sebelum menjadi pensiunan mereka melakukan perjalanan jauh, penyesuaian ini mungkin terasa lebih menantang.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Selalu Berpikir Positif

Jangan pernah mempersepsikan bahwa menjadi pensiunan adalah akhir dari segalanya. Ubahlah menjadi pemikiran ‘awal dari segalanya’.

Seperti dilansir dari Direktoritraining.com (Kamis, 31/1/2019), Anda bisa mengambil sisi positif ketika menjadi pensiunan.

Waktu santai yang lebih banyak, merasakan kebersamaan dengan keluarga dan melakukan berbagai macam kegiatan yang selama ini belum terealisasikan.

Yakinkan diri bahwa masa pensiun adalah satu hal positif dan sikapi dengan optimis. Banyak juga yang menghabiskan hari demi hari sebagai pensiunan dengan melakukan kegiatan keagamaan dan menjadi pribadi yang lebih baik.

 

#5 Mental Stabil, Keuangan Stabil

Tidak dipungkiri bahwa stabilitas mental seseorang bisa dipengaruhi dengan kondisi finansial atau keuangannya. Salah satu caranya dengan melakukan perhitungan dana pensiun, menabung atau investasi.

Melakukan perhitungan dana pensiun, berarti Anda akan mengetahui seberapa besar dana pensiun yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui berapa dana pensiun yang Anda butuhkan, maka Anda bisa mulai mempersiapkan dari sekarang.

Salah satu cara yang dapat membantu Anda untuk merencanakan dana pensiun yaitu dengan mengunakan Aplikasi Finansialku.

Bagi Anda yang belum memiliki Aplikasi Finansialku maka Anda bisa download aplikasi ini sekarang juga melalui link di bawah ini atau melalui di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selanjutnya, pilih menu Rencanakan Keuangan, setelah itu pilih menu Dana Hari Tua.

Dari aplikasi itulah Anda bisa merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun dari sekarang, sehingga Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman ketika Anda sudah mendekati waktu masa pensiun nantinya.

 

Bersiap Diri Menyambut Masa Pensiun

Menghadapi masa pensiun bukan lagi menjadi momen yang menakutkan atau mengkhawatirkan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi diri sebagai calon pensiunan.

Praktikan cara yang sudah dibagikan di artikel ini, dan nikmati masa pensiun Anda dengan berbagai momen menyenangkan. Selamat mencoba ya…

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana merencanakan keuangan yang tepat Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tuliskan pertanyaan dan pendapat Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah. 

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui persiapan mental menghadapi masa pensiun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ajeng Quamila. Mempersiapkan Mental Menjelang Masa Pensiun. Hellosehat.com – https://goo.gl/RXrLJ2
  • Redaksi. Kunci Sukses Mempersiapkan Mental Untuk Pensiun. Direktoritraining.com – https://goo.gl/PVd46E

 

Sumber Gambar:

  • Persiapan Mental – https://goo.gl/j9k7Yr
  • Persiapan Mental 2 – https://goo.gl/dKwQ3C
  • Persiapan Mental 3 – https://goo.gl/NQpZzR
  • Persiapan Mental 4 – https://goo.gl/eFY3AQ
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment